Sukses

Kreator Konten Dapat Gratis Tiket Masuk Candi Borobudur Seumur Hidup, Kok Bisa?

Selain memberikan gratis tiket masuk seumur hidup, Borobudur Park juga mengundang kreator konten gim Baww untuk mencoba "Dagi Abhinaya Picnic Breakfast secara gratis."

Liputan6.com, Jakarta - Lifestime pass alias gratis tiket masuk Candi Borobudur seumur hidup ternyata eksis. Setidaknya itu menurut kreator konten gim yang dikenal secara online sebagai Baww.

Merujuk unggahan media sosialnya, Rabu, 12 Desember 2023, ia menulis, "Baru buka email dapet lifetime pass ke borobudur coyy😭." Di sana tampak tangkapan layar isi surel yang katanya dikirimkan "Borobudur Park" selaku pengelola candi berlokasi di Magelang, Jawa Tengah itu.

Dijelaskan bahwa lifetime pass ini diberikan untuk mengapresiasi pembuatan Candi Borobudur dan Prambanan dalam gim Minecraft dalam 100 jam. "Kami ingin mendengar lebih banyak lagi cerita di balik pembuatannya dengan mengundang Baww berkunjung ke Candi Borobudur," kata mereka.

Selain memberikan gratis tiket masuk seumur hidup, pihaknya juga mengundang YouTuber itu untuk mencoba "Dagi Abhinaya Picnic Breakfast secara gratis." Melalui layanan itu, pelanggan dijanjikan menyaksikan panorama matahari terbit dari Bukit Dagi sekaligus sarapan dengan menu khas Borobudur.

Tim Lifestyle sudah meminta komentar, baik Baww maupun pihak PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, namun belum mendapat respons sampai artikel ini terbit.

Di dunia maya, warganet mengungkap kekaguman atas perolehan gratis tiket seumur hidup itu. "Gokil banget," "Super keren," dan "Let's go," jadi beberapa komentar yang dibubuhkan pengguna X, dulunya Twitter. Beberapa juga menganggap Baww pantas mendapatkan apresiasi tersebut. "Very deserved," sebut seorang warganet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sudah Lebih Dulu Viral

Bulan lalu, repika Candi Borobudur dalam gim Minecraft Hardcore kreasi Baww memang sudah lebih dulu jadi sorotan online. Video itu viral di media sosial dan salah satunya dibagikan akun X, dulunya Twitter, @sosmedkeras.

"Membuat Candi Borobudur di dalam game Minecraft. Seorang Youtuber dengan nama channel Baww meng-grinding sekitar 200 ribu block dengan menghabiskan waktu lebih dari 100 jam," tulis akun itu dikutip 26 November 2023.

Ia memilih Minecraft Survival karena bisa memberi ruang kreativitas tanpa batas. Ide membangun replika Candi Borobudur ini berawal dari tanya jawab dengan warganet. "Siapa juga orang yang cukup gila untuk membuat Candi Borobudur di Minecraft Hardcore?" sebut dia.

Baww mendedikasikan pembangunan replika Candi Borobudur untuk memperihati HUT ke-77 RI. Proses grinding dilakukan di dupper farm yang bisa menghasilkan 36 ribu blok dalam satu jam. Untuk proses pembuatan outline luar saja, Baww menghabiskan waktu sampai lima jam.

Sementara, proses membangun seluruh outline sampai stupa puncak menghabiskan waktu 10 jam. Di bangunan asli, Candi Borobudur memiliki 10 tingkat yang jadi simbol dari tingkatan Bodhisattva.

 

3 dari 4 halaman

Disamakan dengan Kisah Bandung Bondowoso

Setiap tahapan pembuatan replika Candi Borobudur itu tidak semudah yang dibayangkan. Butuh ketelitian tinggi karena membangun sangat rumit, apalagi dilakukan di gim Minecraft Hardcore. Tidak heran jika banyak warganet yang mengapresiasi kreasi tersebut.

Pasalnya, Baww benar-benar membangun Candi Borobudur di Minecraft dengan detail yang sama. Banyak juga warganet membayangkan bagaimana awalnya Candi Borobudur dibangun. Ada juga yang menyebutkan kisah Bandung Bondowoso yang membangun 1.000 candi dalam satu malam, dan kini terjadi di dunia gim.

Legenda ini merujuk pada kisah Roro Jonggrang yang memberikan syarat membangun 1.000 candi dalam satu malam jika Bandung Bondowoso ingin mempersunting dirinya. "Gila itu masih game loh, bayangin kalo bangun aslinya berapa tahun?" tulis seorang warganet.

"Seniat itu, kelihatan bikinnya pakai kerja keras dan rasa bosan yang nyiksa banget, respek buat masnya," komentar warganet yang lain. "Dia bikin candi Prambanan juga di depannya, bikin monas, macem-macem. Cek aja di YT Baww," timpal pengguna berbeda.

4 dari 4 halaman

Tidak Hanya Candi Borobudur

Menurut sederet unggahan kanal YouTube Baww, pria bernama asli Bagas Wirawansa itu memang sering membuat replika bangunan-bangunan ikonis di dunia nyata ke dalam di Minecraft Hardcore. Selain Candi Borobudur, Baww juga membangun Candi Prambanan.

Proses pengerjaan Candi Prambanan disebut lebih sulit dari Candi Borobudur. Pasalnya, Baww melakukannya secara manual tanpa bantuan fitur-fitur di Minecraft.

Minecraft merupakan video gim terlaris sepanjang masa. Mengutip The Verge, 17 Oktober 2023, kepala Mojang Studios Helen Chiang mengungkap, "Menjelang ulang tahun ke-15, Minecraft tetap jadi salah satu gim terlaris sepanjang masa."

"Dengan lebih dari 300 juta kopi terjual, sebuah tonggak sejarah yang tidak dapat diimpikan siapa pun ketika kami semua membuat blok pertama kami," imbuhnya.

Kabar itu diumumkan pada Minecraft Live 2023, acara streaming Minecraft yang membagikan berita, pembaruan komunitas, dan acara pemungutan suara di mana pemain dapat memilih makhluk baru yang harus ditambahkan ke dalam gim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.