Sukses

Gaya Ganjar-Mahfud Pakai Sepatu Lokal Daur Ulang di Debat Capres 2024, Berapa Harganya?

Sepatu lokal daur ulang yang dipakai pasangan Ganjar-Mahfud di debat capres 2024 edisi perdana ini dipadukan dengan kemeja putih bertulisan cukup mencolok.

Liputan6.com, Jakarta - Ragam topik seputar debat capres 2024 edisi pertama yang berlangsung Selasa malam, 12 Desember 2023, masih terus jadi topik hangat perbincangan di dunia maya. Ada ragam bahasan yang bisa diulik dari acara semalam, termasuk penampilan para calon presiden (capres) yang datang didampingi para calon wakil presiden (cawapres).

Pasangan Ganjar-Mahfud, misalnya, memilih tampilan monokrom, namun tetap cukup mencolok dengan pilihan kata tidak biasa di busana mereka. Tidak ketinggalan, keduanya juga menambahkan sentuhan lokal lewat sepatu yang dipakai. Serasi dengan warna potongan mode yang dipilih, alas kaki ini merupakan rilisan jenama asal Bandung, Jawa Barat: Pijak Bumi.

Merujuk situs webnya, dikutip Rabu (13/12/2023), capres dan cawapres nomor urut tiga ini memakai item seri "Saki Skeleton." Dijelaskan bahwa rangkaian sepatu lokal ini dibuat dengan "menghindari pemakaian bahan katun murni dan mengganti bagian atas sepatu dengan 70 persen katun daur ulang yang berasal dari limbah tekstil pabrik."

Pihaknya juga menulis, "Tidak ada limbah, yang ada adalah sumber daya berharga yang berada di tempat yang salah. Oleh karena itu, penerapan praktik daur ulang merupakan salah satu pilar penting untuk membantu menghemat sumber daya dari waktu ke waktu."

Lebih lanjut dijabarkan bahwa sepatu yang dipakai pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD itu diklaim memakai karet alam sebagai sol dan poliester daur ulang untuk tali sepatu. Sepasang sepatu, yang sebenarnya terdiri dari beberapa pilihan warna, ini dibanderol seharga Rp519 ribu dan tersedia dalam ukuran 36--44.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kemeja Mencolok

Menekan produksi bahan baru dan menerapkan daur ulang memang telah didorong untuk menekan angka limbah fesyen di Indonesia yang makin mengkhawatirkan. Limbah tekstil industri fesyen di Indonesia sudah mencapai 2,3 juta ton atau setara dengan 12 persen dari limbah rumah tangga pada 2021, lapor Antara.

Sedangkan, dari jumlah itu, hanya 0,3 juta ton limbah tekstil yang bisa didaur ulang. Secara global, The Sustainable Fashion Forum mengungkap bahwa konsumsi pakaian dunia diperkirakan akan terus meningkat hingga 63 persen pada 2030, dari 62 juta ton jadi 102 juta ton, mengakibatkan limbah teksil diperkirakan mencapai 300 juta ton pada 2050.

Bersama sepatu lokal berbahan daur ulang, Ganjar Pranowo memakai kemeja putih bertuliskan "Sat Set" di sisi kanan, sementara "Tas Tes" tertulis di kemeja Mahfud MD. Tim Citizen6 Liputan6.com merangkum per 12 Desember 2023 bahwa kata "Sat Set" merupakan ungkapan yang diambil dari bahasa Jawa.

"Sat set sat set" dalam bahasa Jawa dapat diartikan sebagai "cepat," "segera," atau "lekas." Kata ini kerap digunakan untuk menyegerakan suatu urusan yang sedang dilakukan.

3 dari 4 halaman

Peran Alam di Balik Tampilan Ganjar-Mahfud

Muhammad Zinedine Alam Ganjar, putra calon presiden Ganjar Pranowo, terlibat aktif dalam persiapan debat pasangan nomor urut tiga. Alam mengaku membantu menyiapkan materi hingga busana yang dipakai Ganjar. "Enggak sia-sia saya melatih ayah tadi malam," kata Alam, Selasa malam, lapor Tim Surabaya Liputan6.com.

Ia mengatakan memberi banyak masukan pada ayahnya untuk persiapan debat edisi perdana. "Saya ikut bantu ayah nyiapin penampilan malam ini. Nyiapin sepatu, baju, makanya bagus kan hari ini," ujar Alam.

Tidak hanya itu, ia juga memberi masukan dari sisi materi debat Ganjar. Pengalaman dan informasi yang ia dapat selama berkeliling ke sejumlah wilayah di Indonesia disampaikan pada ayahnya.

"Kalau materi ya dikit-dikit memberikan masukan, kan saya kemarin jalan-jalan ke Sulawesi, Bandung, Jakarta, dan lainnya. Itu dapat aspirasi (dari publik) yang aku sampaikan ke ayah," katanya.

Sementara itu, pasangan capres nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, mengenakan setelan jas berwarna hitam dan kemeja putih yang memberi kesan tampilan cukup formal. Lalu, capres nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, kompak mengenakan kemeja biru muda yang memang jadi busana kampanye mereka.

4 dari 4 halaman

Sila Publik Menilai

Tim Pemilu Liputan6.com melaporkan, Rabu (13/12/2023), bahwa Ketua Komisi Pemilihan Umum KPU, Hasyim Asy'ari, mengaku tidak ambil pusing dengan banyaknya tanggapan publik soal penyelenggaraan debat capres perdana. Menurut dia, penilaian atas acara tersebut adalah sepenuhnya kewenangan publik.

Hasyim memastikan suguhan debat capres semalam adalah bentuk usaha terbaik yang sudah dilakukan demi membantu publik menilai tiga kandidat yang akan dipilih pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

"Orisinalitas pertayaan dari masing-masing calon presiden tidak bisa di-setting, tidak bisa diprediksi ditanya apa, dan kita mengikuti bersama pertanyaan yang diajukan semuanya lugas oleh masing-masing (calon) presiden pada calon presiden yang lain. Demikian juga ketika menjawab," jelas Hasyim. 

Terlepas dari dinamika debat, Hasyim berikhtiar, publik dapat menyerap jawaban para capres tadi malam yang bertemakan pemerintahan, perlindungan HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, dan penanganan hoaks.

"KPU berikhtiar supaya suasana debat atau perdebatan antar calon presiden terhadap tema yang diusung dikupas oleh masing-masing calon presiden, tentu dengan perspekti dan data dari calon presiden masing-masing," sebut dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini