Sukses

Dagangan Warung Indonesia di Amerika Pengobat Rindu Kampung Halaman, dari Sambal sampai Bumbu Kluwak

Sebagai perantau di negeri orang tentu ada tantangan tersendiri untuk beradaptasi. Salah satunya adaptasi tentang makanan sehari-hari, karena itu meskipun negara lain lebih maju dan modern daripada Indonesia, tetap saja makanan khas negeri sendiri akan selalu membuat kangen.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai perantau di negeri orang, selalu ada tantangan yang dihadapi saat beradaptasi. Salah satunya perihal makanan sehari-hari. Meskipun negara lain lebih maju dan modern daripada Indonesia, tetap saja makanan dari negeri sendiri akan selalu membuat kangen.

Hal inilah yang membuat diaspora Indonesia yang tinggal di luar negeri sangat bersyukur saat bisa menemukan toko atau warung yang menjual produk Indonesia. Seperti yang diungkap oleh Teddy, alumni Master Chef Indonesia musim ke-11 yang kini tinggal di Amerika Serikat.

Ia tampak senang begitu tahu ada warung Indonesia di Amerika. "Warung Indonesia di New York Amerika, selamat datang di Elmhurst. Ini adalah kampungnya orang Indonesia karena banyak orang Indonesia yang tinggal di sini," ungkap Teddy di awal video yang diunggah pada Selasa, 12 Desember 2023.

Ia pun mengajak pengikutnya mengunjungi warung Indonesia yang paling terkenal bernama Indo Java Indonesian Store. Menurut keterangan pemiliknya, warung itu dibuka sejak 2008 sehingga usianya saat ini sudah 15 tahun.

Teddy lalu memperlihatkan isi toko tersebut yang tampak seperti toko kelontong di Indonesia. Terdapat rak-rak pajangan yang isinya adalah berbagai produk dari Indonesia yang mungkin jtak ditemukan di toko lain di Amerika. Di jejeran rak itu, terdapat aneka jenis sambal, mulai dari sambal terasi, sambal geprek, sampai sambal bawang dalam kemasan jar bulat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ada Cuanki dan Batagor Khas Bandung

"Untuk kalian yang asli Bandung nggak usah khawatir, di sini ada cuanki dan ada batagor," ungkap Teddy lagi.

Yang paling mengejutkan Teddy, ternyata warung ini juga menjual tapai sebagai salah satu makanan favoritnya. Toko tersebut bahkan menyediakan krecek kulit rambak sapi yang menurut Teddy akan sangat enak jika dimakan bersama gudeg.

Kalau sulit mencari tempe di Amerika, ada opsi untuk membuatnya sendiri karena toko kelontong tersebut menjual ragi tempe. Ia juga terkejut saat menemukan bumbu kluwak yang biasa digunakan untuk membuat rawon khas Jawa Timur.

Kemudian, Teddy memperlihatkan produk Indonesia lainnya, seperti sirup Marjan yang biasanya dikonsumsi saat bulan puasa. Dari semua bahan makanan tersebut, ia memutuskan untuk membeli produk mi instan terkenal Indonesia rasa ayam.

"Ini dia Indomie rebus gua, harganya jadi sekitar 50 ribu (rupiah), dengan isi lima jadi satunya 10 ribu (rupiah), gila," tutupnya di akhir konten.

3 dari 4 halaman

Restoran Padang di Belanda

Bukan hanya produk makanan Indonesia, restoran Padang juga akan membuat kangen para perantau. Bgi warga Indonesia yang tinggal di luar negeri, tentu tidak mudah mencari rumah makan Padang. 

Hal itu pula yang dialami seorang mahasiswa Indonesia di Belanda yang juga seorang kreator konten, Jerhemy Owen. Pria yang akrab disapa Owen itu sengaja berpindah kota hingga Breukelen untuk mengunjungi salah satu restoran Padang yang kabarnya enak.

Restoran padang ini bernama Warung Annisah, dengan tagline yang tertulis di pintu restoran 'Authentiek Indonesisch Eten'. "Ada orang kemarin nangis karena ketemu rendang jengkol kita," ungkap Irman, pemilik rumah makan tersebut di video yang diunggah di TikTok @jerhemynemoo pada 14 November 2023.

"Kapan lagi coba ngerasain rendang jengkol di Belanda," kata Jerhemy membalas bapak tersebut.

Menurutnya tempat tersebut termasuk hidden gem tempat makan nasi Padang di Belanda yang orang jarang banyak tahu. "Gua sama temen-temen rela ke luar kota demi cobain restoran ini. Authentic Indonesie Sumatrans Eaten," jelas Jerhemy.

  

4 dari 4 halaman

Menu Rendang Jengkol Bikin Nangis

Di dalam video tersebut, ia memperlihatkan seperti apa wujud restoran Padang tersebut. Tampilannya mengingatkan pada restoran Padang di Indonesia. Dari pintu masuk sudah tampak etalase kaca yang memajang berbagai jenis menu pilihan. Owen mengaku itu adalah kali pertama ia bersama teman-temannya datang ke restoran tersebut. 

"Kaget banget karena pilihan makanannya banyak banget. Jujur ini salah satu restoran Indonesia yang menunya tuh paling lengkap sih," sebutnya.

Dari masakan Padang, nasi rames, bahkan nasi kuning, nasi uduk, sate kambing, soto ayam, es cendol, hampir semuanya ada. Menurut Owen, restoran ini juga melayani pesan antar makanan beku ke seluruh Eropa. Ia pun membuka lemari pendingin dan menunjukkan sambal teri frozen dan cumi cabe hijau yang sudah dikemas rapat.

Setelah puas melihat-lihat, Owen mulai makan bersama teman-temannya. Di meja makan sudah tersedia menu favorit masakan Padang di Warung Anisah, seperti rendang sapi, ayam gulai, ayam cabai hijau, perkedel, sate Padang, telur balado, kikil tunjang, dan rendang jengkol. Ia tercengang dan penasaran bagaimana Irman, sang pemilik restoran bisa mendapatkan jengkol di Belanda.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini