Sukses

Hujan Salju Sebabkan Kekacauan Penerbangan dan Perjalanan Kereta Api di Jerman

Seorang penumpang mengatakan dia telah menunggu di saluran telepon maskapai penerbangan selama lebih dari 9 jam untuk mencoba memesan ulang penerbangannya.

Liputan6.com, Jakarta - Mendekati musim liburan akhir tahun kekacauan penerbangan berlanjut di Bandara Munich, hub tersibuk kedua di Jerman. Penerbangan pun ditangguhkan hingga Selasa siang, 5 Desember 2023. 

Mengutip dari laman Euro News, pihak bandara mengeluarkan pemberitahuan tadi malam "Pada hari Selasa, 5.12. tidak akan ada lepas landas dan pendaratan dari awal operasi pukul 6 pagi hingga 12 siang. Alasannya adalah hujan yang sangat dingin di malam hari dari Senin hingga Selasa, yang membuat operasi penerbangan yang aman tidak mungkin dilakukan di pagi hari."

Mereka melanjutkan dengan mengatakan berharap untuk melanjutkan penerbangan mulai tengah hari, setelah menghilangkan lapisan es di landasan pacu akibat hujan salju. Namun sebagian besar penumpang diperkirakan tidak akan melakukan perjalanan hari ini.

"Dapat diasumsikan bahwa sebagian besar penerbangan juga harus dibatalkan pada sisa hari itu demi alasan keselamatan," keterangan dari pihak bandara. 

Dari 771 penerbangan yang dijadwalkan hari ini, lebih dari 80 persen dibatalkan dan hampir seluruh sisanya ditunda, menurut Flightradar24. Pihak bandara telah mengeluarkan peringatan kepada penumpang bahwa apabila penumpang belum mendapat konfirmasi penerbangan akan berangkat, sebaiknya tetap di rumah.

Terkait penundaan ini, banyak penumpang yang menyampaikan keluhannya di media sosial tentang layanan yang mereka terima dari maskapai penerbangan. Beberapa mengatakan mereka telah membatalkan beberapa penerbangan. Bandara menanggapi salah satu pengguna bahwa ini adalah "pertama kalinya" turun salju.  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

230 Penerbangan Dibatalkan

Situasi serupa terjadi di bandara Munich pada Desember tahun lalu, ketika 133 penerbangan dibatalkan karena landasan pacu yang membeku. Bandara Munich pertama kali ditutup pada hari Sabtu, 2 Desember 2023 setelah hujan salju lebat. Gangguan berlanjut pada hari Minggu dan Senin.

Dari 840 penerbangan yang dijadwalkan di bandara kemarin, 230 di antaranya dibatalkan. Pasar Natal di bandara juga ditutup. Beberapa penumpang mempertanyakan di media sosial mengapa bandara Munich tidak mampu menangani hujan dan salju yang membekukan seperti bandara lain.

Lalu apa saran untuk penumpang yang berangkat atau menuju bandara Munich? Bandara dan maskapai penerbangan menginstruksikan penumpang untuk memeriksa situs web dan aplikasi maskapai untuk mendapatkan informasi tentang penerbangan mereka.

Pihak bandara telah berulang kali melalui Twitter meminta penumpang untuk tidak pergi ke bandara kecuali telah mendapat konfirmasi penerbangan dijadwalkan untuk dijalankan. 

Pada tweet kemarin, seorang pengguna berkomentar "Pertama kali turun salju ya?" Pihak bandara kemudian menjawab, "Ya, untuk pertama kalinya."  

3 dari 4 halaman

Penumpang Bermalam di Bandara

Lufthansa adalah salah satu maskapai penerbangan utama yang menggunakan bandara tersebut. Kemarin pun mereka harus membatalkan penerbangan selanjutnya karena peralatan bandara yang membeku atau kendaraan yang tertutup salju.

Sekitar 1.500 penumpang telah terdampar di Munich sejak Jumat, ketika cuaca musim dingin dimulai. Ketika ditanya oleh media Jerman, bandara Munich membenarkan bahwa penumpang telah bermalam di terminal, "termasuk beberapa penumpang lebih dari sekali".

Tempat tidur kamp dilaporkan disediakan untuk para pelancong, bersama dengan minuman dan makanan. Penumpang juga memiliki pilihan untuk memesan kamar hotel sendiri dan biayanya akan diganti.

"Meskipun demikian, beberapa ratus penumpang menginap semalam di terminal," kata juru bicara Lufthansa dalam pernyataannya. "Entah karena mereka tidak memiliki visa untuk memasuki negara tersebut atau karena mereka tidak menerima tawaran untuk memesan kamar hotel."

Sementara itu dengan banyaknya gangguan perjalanan, warga banyak yang mengeluhkan keadaan ini di media sosial. Bahkan mereka membandingkan dengan penanganan bandara di Helsinki saat kondisi cuaca lebih berat terjadi.

4 dari 4 halaman

Layanan Kereta Api yang Terkena Dampak

"Lebih banyak salju dan kondisi cuaca yang jauh lebih sulit. Mereka mampu membersihkan landasan yang penuh salju dalam waktu 11 menit. Ini saatnya untuk naik level @MUC_Airport," tulis seorang pengguna platform X yang dulunya adalah Twitter.

Bahkan hastag terjebak di #Munich ramai selama berhari-hari. Seorang pengguna Jerman mengunggah foto ponselnya, menunjukkan panggilan telepon yang berlangsung selama 9 jam 12 menit. Dia bilang dia sedang mencoba menghubungi Lufthansa untuk mendapatkan jadwal penerbangan pengganti yang sebelumnya telah dibatalkan. 

Layanan kereta apa saja yang terkena dampaknya? S-Bahn dan layanan regional di sekitar Munich juga terkena dampaknya, dengan jalur yang diperkirakan akan membaik secara bertahap dalam beberapa hari ke depan setelah adanya pemberitahuan.

Masih belum ada hubungan antara ibu kota negara bagian dan Innsbruck dan Salzburg di Austria, serta Zurich di Swiss. Layanan ini diperkirakan akan dilanjutkan pada hari Selasa.

DB juga mengatakan bahwa mungkin ada pembatalan dan penundaan kereta di wilayah lain Jerman karena cuaca yang sangat dingin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini