Sukses

Model Asal Australia Beberkan 117 Alasan Tidak Mau Punya Anak, Langsung Diserbu Komentar Negatif Warganet

Seorang model dan aktris asal Australia, Ellie Gonsalves membagikan 117 daftar alasan dirinya tidak ingin memiliki anak. Hal tersebut ia lakukan setelah bertahun-tahun ditanyai oleh banyak orang soal keputusannya tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang model dan aktris asal Australia, Ellie Gonsalves membagikan 117 daftar alasannya tidak ingin punya anak (childfree). Hal tersebut ia lakukan setelah bertahun-tahun ditanyai oleh banyak orang soal keputusannya tersebut.

Dilansir dari New York Post, Selasa, 28 November 2023, melalui Instagram Story milik akun pribadinya, model berusia 33 tahun itu mengunggah tangkapan layar sebuah "daftar pribadi yang sangat jujur tentang mengapa saya akan tidak memiliki anak," yang ditulis di aplikasi catatan ponselnya, Minggu, 26 November 2023. Dalam daftar tersebut tercantum di nomor 1 adalah anak-anak akan menjadi tanggung jawab orangtuanya hingga meninggal dunia. Ia juga menyebutkan soal kerontokan rambut usai melahirkan hingga tidak pernah ada kata libur dalam merawat anak.

"Setelah bertahun-tahun ditanya mengapa saya tidak menginginkan anak, saya menyusun ini karena sepertinya alasan singkat tidak pernah cukup baik atau dipahami," tulis Gonsalves di samping tangkapan layar tersebut.

"Jadi ini lebih detail bagi yang bertanya. Itu adalah pemikiran PRIBADI saya yang didasarkan pada banyak pengalaman saya sendiri, atau hal-hal yang dibagikan oleh orang-orang yang sangat jujur kepada saya baik itu secara langsung atau online. Beberapa orang diciptakan menjadi orangtua dan itu luar biasa (saya sangat senang jika Anda bahagia!!!!) tapi hidup itu (menjadi orangtua) bukan (untuk) saya," pungkasnya.

Gonsalves mendapat reaksi keras dari beberapa orang karena unggahan tersebut. Ia lalu menanggapi komentar kurang mengenakan itu dengan membagikan daftar alasan itu ke Instagram-nya, bersamaan dengan tanggapan panjang lebar terhadap kritik yang didapatkannya.

"Saya mendapat banyak orang yang mengatakan kepada saya hari ini, 'apakah kamu yakin ingin mengunggah daftar ini?'. Saya juga telah menerima ratusan DM (pesan langsung) yang mengkritik saya dan mengatakan betapa buruknya diri saya," tulis Gonsalves.

"Dan meskipun beberapa hal dalam daftar saya bersifat satir, banyak juga yang serius dan faktual," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sering Ditanyai Kapan Punya Anak Setelah 15 Tahun Menikah

Lebih lanjut ia mengungkapkan, bahwa tekanan masyarakat mengenai topik ini masih dipertanyakan. Model tersebut mengatakan bahwa dirinya jarang menemui suara yang mendukung hal tersebut, dan ia menilai bahwa reaksi publik bisa jadi terlalu berlebihan.

Gonsalves telah menikah dengan Ross Scutts selama 15 tahun. Ia mengatakan bahwa pertanyaan tentang kapan mereka akan memiliki anak mungkin adalah pertanyaan yang paling sering ia dapatkan.

"Saya tidak punya masalah dengan masukan atau orang lain yang berbagi pengalaman atau tanggapannya, itu adalah sesuatu yang harus kita terima dan duga (kita dapatkan) di dunia yang kita tinggali saat ini," ujarnya.

"Namun saya mempunyai masalah dengan cara seseorang merespons atau menghasut topik ini. Dengan saya, atau orang lain yang mungkin memiliki posisi yang sama dengan saya," jelasnya.

"Saya telah menemukan bahwa sayangnya, sebagian besar tanggapan ini datang dari tempat yang tidak mau memahami tentang situasi pribadi saya (atau orang lain), kehidupan saya, keinginan saya, dan persyaratan pribadi saya agar dapat menjalani kehidupan yang bahagia dan sehat," jelas model tersebut.

3 dari 4 halaman

Tidak Pernah Memaksakan Pilihan Hidupnya kepada Orang Lain

"Saya mengerti, saya memahami apa yang orang lain rasakan, tapi saya tidak menerima, dan tidak perlu menerima tekanan yang datang bersamaan dengan pertanyaan-pertanyaan tersebut, dari seseorang yang ingin mempunyai anak dan memiliki anak," imbuhnya.

Gonsalves mengatakan bahwa dirinya tidak pernah menanyakan hal tersebut ataupun memaksakan pilihan hidupnya kepada orang lain. "(Saya) tidak dapat mengingat kapan saya bertanya kepada seseorang apakah mereka menginginkan anak, dan ketika mereka mengatakan mereka tidak menginginkan anak, saya menjawab dengan mencoba memberi tahu mereka sebaliknya" jelas wanita itu.

"Saya juga tidak pernah ingat, tidak merasa bahagia untuk teman atau seseorang yang ingin hamil, sedang hamil, atau punya anak," tulis Gonsalves.

"Posisi saya BUKAN untuk semua orang, ini untuk satu orang, orang yang saya ajak bicara, SAYA (saya sendiri). Saya telah dan akan SELALU menghormati pendapat dan  keputusan orang-orang yang mereka buat sendiri mengenai sesuatu yang tidak penuh kebencian atau menyakitkan," ungkapnya.

4 dari 4 halaman

Semakin Banyak Perempuan dari Kalangan Gen Z dan Milenial yang Angkat Bicara

Semakin banyak perempuan dari kalangan Gen Z dan milenial yang angkat bicara dalam beberapa tahun terakhir mengenai keputusan mereka untuk tidak atau menunda memiliki anak. Beberapa di antaranya berargumen soal perubahan iklim, krisis biaya hidup, dan ingin fokus untuk menjalankan karir mereka.

Gonsalves mengakhiri pesannya dengan bersumpah untuk mendukung perempuan yang tidak memiliki anak karena pilihannya. Utamanya mengingat kondisi saat ini, dan meningkatnya kemungkinan pertanyaan yang mengganggu atau komentar ofensif pada pertemuan keluarga.

"Saya yakin saya mempunyai hak untuk berbagi posisi saya dan mendukung mereka yang menginginkan anak, memiliki anak, atau sedang memiliki anak. Dan saya juga akan mendukung seseorang yang tidak ingin menjadi orangtua," katanya.

"Saya pikir tidak perlu, sering kali berlaku kejam dan menyakitkan untuk membuat seseorang merasa diremehkan karena memilih sesuatu yang berbeda," ungkapnya.

Dikutip dari kanal Home, Liputan6.com, Sabtu, 18 Februari 2023, Childfree merupakan istilah ketika seseorang atau pasangan suami istri atau pasutri memilih untuk tidak memiliki anak. Psikolog klinis & Co-Founder Ohana Space Veronica Adesla menyatakan, keputusan untuk childfree tidak berlaku final karena seseorang atau pasangan yang memilih childfree dapat mengubah keputusan tersebut di masa mendatang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.