Sukses

Gelaran Pertama Women Half Marathon Jakarta, Ajak Perempuan Berlari di TMII dengan Wajah Barunya

Ajang olahraga lari khusus perempuan Women Half Marathon (WHM) Jakarta bakal dihelat untuk pertama kalinya pada 28 April 2024, berlangsung di Taman Miniatur Indonesia Indah (TMII). Lebih dari sekedar perlombaan, WHM Jakarta didedikasikan untuk merangkul dan merayakan para pelari perempuan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Ajang olahraga lari khusus perempuan Women Half Marathon (WHM) Jakarta bakal dihelat untuk pertama kalinya pada 28 April 2024, di Taman Miniatur Indonesia Indah (TMII). Lebih dari sekedar perlombaan, WHM Jakarta didedikasikan untuk merangkul dan merayakan para pelari perempuan Indonesia.

Digadang bakal ramah dan aman bagi perempuan berlari, penyelenggaraan WHM Jakarta terdaftar dalam organisasi lariinternasional World Athletic (WA) sehingga masuk ke dalam agenda lomba dunia dan mengikuti standar internasional. Tak hanya itu, melalui penyelenggaraannya, WHM Jakarta bakal menghubungkan sesama pelari perempuan untuk saling mendukung, menginspirasi dan membangkitkan semangat di setiap langkah menuju garis finish.

"Olahraga telah menjadi tren yang tak terpisahkan dari masyarakat. Banyak orang menyadari pentingnya menjaga daya tahan tubuh denganmelakukan olahraga secara rutin, termasuk mengikuti berbagai kompetisi olahraga seperti lari," ungkap Dicky Sukmana, Penyelenggara WHM Jakarta (PTMedia Dunia Olah Raga), saat konferensi pers di Jakarta, Rabu, 23 November 2023. 

Namun keterwakilan perempuan dalam ajang lomba lari maraton konvensional terbilang masih kurang. Bahkan menurut Dicky, perempuan baru mewakili sekitar sepertiga peserta yang ikut.

Inilah yang membuat ajang WHM Jakarta bisa menjadi wadah untuk merayakan dan mendukung para pelari perempuan. Pihaknya pun berharap WHM Jakarta dapat mengajak lebih banyak lagi perempuan di Indonesia ikut bergerak aktif untuk menerapkan pola hidup sehat agar tubuh dan mental kuat. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ajak Pelari Perempuan Berlari Sambil Nikmati Keindahan TMII

Di kesempatan yang sama, Claudia Inkiriwang, President Director, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), yang turut ambil bagian sebagai lokasi ajang lari tersebut mengatakan, TMII menjadi tempat ideal penyelenggaraan WHM Jakarta ini karena telah selesai renovasi.

"TMII dengan wajah baru kini tidak hanya sekadar menjadi destinasi wisata, tetapi juga bisa menjadi wadah dan sarana edukasi yang memperkenalkan keragaman serta kekayaan budaya Indonesia," katanya. 

TMII dengan luas sekitar 150 hektare, kini memiliki konsep eco-park dengan 70 persennya merupakan kawasan ruang terbuka hijau. Dengan kapasitas yang memadai itu TMII bisa mengakomodasi kebutuhan berbagai kegiatan besar.

Dengan diselenggarakannya WHM Jakarta di TMII, pihaknya pun berharap para peserta dapat memiliki pengalaman lari yang berkesan dengan rute yang aman dan nyaman. "Peserta lari akan dimanjakan pemandangan indah dari berbagai wahana dan atraksi wisata menarik khas TMII, termasuk ragam anjungan daerah dari Sabang hingga Merauke, taman satwa, hingga Danau Archipelago," kata Claudia. 

3 dari 4 halaman

Tips Persiapan Mengikuti Lomba Lari

Triyaningsih, Atlet Nasional serta Olympian pemegang 11 rekor nasional dan peraih 11 medali emas yang juga membagikan tips singkat untuk pelari perempuan dalam mempersiapkan diri menghadapi ajang unik ini. "Pertegas dan perkuat motivasi. Hal ini dapat dilakukan dengan berkenalan dengan teman baru di weekly run yang diadakan oleh WHM Jakarta," ungkapnya saat konferensi pers.

Kemudian yang tak kalah penting menurutnya adalah persiapkan fisik secara tepat dengan perhatikan asupan nutrisi serta cek dan monitor kesehatan. "Pilih pakaian dan sepatu yang tepat. Lalu, tentu saja, kita perlu nikmati proses," sambung Triyaningsih.

Menjelang perlombaan, Road to WHM Jakarta juga akan digelar selama empat bulan ke depan mulai bulan Januari 2024 untuk membantu peserta menyiapkan diri dengan matang. Peserta akan diajak berlatih, mulai dari fisik, mental, dan emosional, di antaranya:

1. Women’s running workshop yang berisi lokakarya dengan topik seputar pelatihan lari khusus perempuan, nutrisi, hingga perlengkapan lari yang dipandu oleh pelari wanita berpengalaman.

2. Weekly women’s running meetups berupa pertemuan mingguan di taman atau jalur lari untuk memudahkan peserta bersosialisasi, berkumpul, dan berlatih bersama dem imencapai garis akhir dengan nyaman dan aman.

3. Women’s race merchandise berupa perlengkapan lari eksklusif yang khusus dirancang untuk kebutuhan dan preferensi para pelari perempuan.

4. Women’s running gear expo yang menghadirkan pameran berbagai brand pakaian lari khusus perempuan, sepatu, hingga aksesori yang memungkinan peserta untuk memilih perlengkapan yang dibutuhkan.

 

4 dari 4 halaman

Biaya Pendaftaran WHM Jakarta

Lalu yang menjadikan WHM Jakarta tambah spesial yaitu semangat untuk membawa dampak positif dan berkelanjutan bagi masyarakat yang lebih luas lagi. Sebagai lomba lari half marathon, penyelenggaraan perdana WHM Jakarta kali ini serta di tahun yang akan datang juga diharapkan mampu mendukung upaya pemerintah dalam mendongkrak pertumbuhan atletik wanita nasional.

"Di ajang ini kita bisa menemukan talenta terbaik dan atlet-atlet unggul dari dalam negeri yang nantinya dapat bersaing di kancah internasional," tambah Dicky yang menyebut WHM Jakarta menargetkan sekitar 5 ribu peserta.

Di tahun perdananya, pendaftaran WHM Jakarta akan dibuka bagi seluruh peserta perempuan nasional mulai 3 Desember 2023 melalui website resminya. Tiga kategori yang akan ikut dilombakan, yaitu 5 kilometer untuk umum dan remaja perempuan dengan dua kelompok usia 12--14 tahun dan 15--17 tahun, serta 10 kilometer dan 21 kilometer (half marathon).

Harga slot WHM Jakarta untuk kategori 5 kilometer adalah Rp350 ribu, 10 kilometer adalah Rp375 ribu, dan half marathon adalah Rp450 ribu. Sementara untuk race package collection akan digelar pada tanggal 26--27 April 2024 di Urban Forest Cipete, Jakarta. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini