Sukses

Davide Renne, Direktur Kreatif Moschino yang Baru Menjabat 9 Hari Meninggal Dunia

Renne meninggal karena "penyakit mendadak" menurut siaran pers dari perusahaan induk Moschino.

Liputan6.com, Jakarta - Perancang busana Italia, Davide Renne, yang merupakan direktur kreatif baru Moschino dikabarkan meninggal dunia. Ia meninggal pada usia 46 tahun, menurut siaran pers yang dikeluarkan oleh perusahaan induk merek tersebut, Aeffe SpA.

Mengutip laman CNN, Sabtu (11/11/2023), penunjukan Renne sebagai direktur kreatif baru Moschino diumumkan pada 16 Oktober 2023. Ia memulai perannya di rumah mode mewah tersebut pada 1 November, dan meninggal sembilan hari kemudian pada 10 November 2023.

"Tidak ada kata-kata untuk menggambarkan rasa sakit yang kami alami pada saat yang dramatis ini," demikian pernyataan yang dikeluarkan oleh Massimo Ferretti, ketua Aeffe SpA.

Pihak Aeffe SpA menyambung, "Davide baru bergabung dengan kami beberapa hari yang lalu, ketika penyakit yang tiba-tiba merenggutnya dari kami terlalu cepat. Kami masih tidak percaya apa yang terjadi."

Koleksi pertama Moschino di bawah arahan Renne dijadwalkan untuk debut di Milan Fashion pada Februari 2024. Renne sebelumnya adalah kepala pakaian wanita di Gucci, dan terpilih untuk menggantikan Jeremy Scott, yang memimpin merek tersebut selama dekade terakhir.

"Apa yang bisa dicapai oleh fesyen – khususnya fesyen Italia, dan terutama rumah Moschino, dengan kekuatannya yang luar biasa, harus dicapai dengan rasa permainan, kegembiraan," kata Renne dalam rilisnya pada saat pengangkatannya.

"Terima kasih, Tuan Ferretti karena telah memberi saya kunci ruang bermain Anda. Saya tidak sabar untuk memulainya," ujarnya kala itu. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perjalanan Karier Davide Renne

Ferretti memuji semangat magnetis dan kreatif Renne dalam siaran pers yang memperingatkan media tentang kematiannya. "Meski baru bersama kami dalam waktu yang sangat singkat, Davide mampu langsung membuat dirinya dicintai dan dihormati. Saat ini kita mempunyai tanggung jawab untuk melaksanakan apa yang hanya dibayangkan oleh imajinasi dan kreativitasnya. Simpati kami yang terdalam ditujukan kepada keluarga dan teman-temannya."

Mengutip dari laman Independent, Sabtu (11/11/2023), setelah lulus dari sekolah mode Polimoda yang ada di Milan, Renne belajar dari Alessandro Dell'Acqua di dalam studionya selama empat tahun. Renne menganggap Dell'Acqua sebagai "guru dan mentor pertamanya di bidang fashion".

Antara waktu yang dihabiskan bersama Dell’Acqua dan bekerja di rumah mode milik Kering pada tahun 2004, Renne menghabiskan waktu di Ruffo Research, produsen kulit Italia yang telah berkolaborasi dengan inovator industri ternama.  Ketika Renne bekerja di Ruffo Research, dia bekerja bersama Nicolas Ghesquière, perancang busana Prancis yang menjadi direktur kreatif wanita untuk Louis Vuitton sejak 2013. 

3 dari 4 halaman

Esentrik dalam Menciptakan Desain

Dalam posisinya sebagai Kepala Desain Pakaian Wanita di Gucci, Renne memberikan pernyataan yang berani saat rumah tersebut bertransisi dari masa jabatan Michele selama tujuh tahun ke Sabato De Sarno dengan koleksi pakaian siap pakai musim gugur 2023.

Keeksentrikan juga tidak hilang dalam penggunaan bulu palsu untuk membuat pakaian luar, mini, dan gaun mid-length yang glamor. Bisa dibilang Renne meningkatkan kecabulan dengan merilis serangkaian karakter berani di atas karpet.

Memang, tidak ada yang pernah tahu jalan hidup seseorang. Meskipun terbilang masih muda, Renne cukup memiliki banyak peran di industri mode.

Menyusul berita kematiannya, banyak orang di dunia mode memanfaatkan kesempatan ini untuk menyampaikan belasungkawa. "Kamu adalah Davide sayang yang paling baik, paling keren, dan paling manis. Hatiku hancur untukmu dan orang-orang yang kamu cintai,” salah satu penghormatan berbunyi, sementara yang lain menyatakan, "Hatiku hancur. Davide yang manis beristirahat dengan tenang.”

4 dari 4 halaman

Direktur Kreatif Moschino Sebelumnya

Sebelumnya jabatan Direktur Kreatif Moschino dipegang oleh Jeremy Scott. Namun ia memutuskan untuk meninggalkan rumah mode Italia Moschino setelah 10 tahun menjabat sebagai direktur kreatif pada Maret 2023 lalu.

Kabar itu dibagikan via akun Instagram rumah mode tersebut pada Senin, 20 Maret 2023, oleh Massimo Ferretti, Kepala Eksekutif Aeffe selaku perusahaan induk Moschino. "Saya beruntung punya kesempatan untuk bekerja dengan kekuatan kreatif, yaitu Jeremy Scott. Saya mau mengucapkan terima kasih atas komitmennya selama 10 tahun untuk rumah warisan Franco Moschino dan mengantarkan visi yang berbeda dan menyenangkan yang akan selamanya menjadi bagian dari sejarah Moschino," pernyataannya yang dikutip dari NY Post, Selasa, 21 Maret 2023.

Scott (47) yang dikenal dengan karya-karyanya dengan inspirasi budaya pop, juga menyampaikan kepergiannya dalam sebuah pernyataan yang dibagikan ke Instagram. "Sepuluh tahun terakhir di Moschino telah menjadi perayaan kreativitas dan imajinasi yang luar biasa. Saya sangat bangga dengan warisan yang saya tinggalkan," tulis desainer itu.

Scott pun berterima kasih kepada Ferretti, serta para penggemar, karena telah menerima koleksinya. "Saya sangat senang membuat desain yang akan hidup selamanya," tambahnya di unggahan di halaman Instagram pribadinya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.