Sukses

Tanaman yang Bermanfaat Sebagai Pestisida Alami dari Serangan Hama di Kebun

Penanaman tanaman jenis tertentu dapat bermanfaat untuk mengurangi hama pada kebun. Tanaman ini juga memiliki perawatan yang mudah dan dapat menambah percikan warna pada kebun Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Berkebun dapat memberikan relaksasi dan juga menjaga kesehatan mental lewat aktivitas merawat makhluk hidup. Berkebun bahkan bisa menghasilkan makanan bergizi bagi Anda dan keluarga jika yang ditanam adalah sayuran atau buah-buahan. Namun, kelangsungan tanaman ini bisa terganggu bila terkena hama.

Kebanyakan orang akan menggunakan pestisida kimiawi yang berbahaya bagi tanaman dan lingkungan sekitarnya untuk mengurangi gangguan hama tersebut. Dilansir dari The Star, Senin, 9 Oktober 2023, ada cara lain selain penggunaan pestisida untuk mengatasi gangguan hama pada tanaman, yaitu dengan memadukan tanaman yang dapat bermanfaat untuk mengusir hama dari kebun.

Pilihan itu dianggap lebih baik karena mencegah hama berbahaya secara alami. Selain bermanfaat untuk mengusir hama, tanaman ini juga bermanfaat untuk menambah warna pada taman. Berikut adalah tanaman yang bisa dipilih untuk mengatasi hama dan memiliki perawatan yang mudah.

Salah satu bunga yang umum adalah marigold (Tagetes erecta). Tanaman ini mudah berkecambah dari biji, dan memiliki berbagai warna yang bisa menarik laba-laba Lynx (Oxyopes javanus). Hewan tersebut memangsa serangga Mirid, dan lalat Tachinid, yaitu lalat parasit yang mengendalikan hama ulat dan larva kumbang.

Bunga marigold mengeluarkan bau yang menyengat yang dapat mengusir hama. Bunga tersebut juga bermanfaat untuk mengusir hama mikroskopis mirip cacing, nematoda simpul akar (Meloidogyne spp.), karena akarnya mengeluarkan bahan kimia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanaman yang Bermanfaat untuk Mengusir Hama

Lantana camara atau tanaman Tahi Ayam adalah tanaman berbunga lain yang akan menambah percikan warna pada taman. Namun, tanaman ini mengandung bahan yang sedikit beracun bagi anak-anak dan hewan. 

Penelitian menunjukkan bahwa aroma tanaman ini dapat bermanfaat untuk mengusir nyamuk. Ekstrak daunnya mampu mengusir aktivitas serangga seperti Sitophilus zeamais yang merupakan sejenis kumbang padi.

Selain kemampuanya untuk menangkal serangga yang merugikan, Lantana camara berguna untuk mendatangkan hewan yang membantu penyerbukan tanaman seperti lebah, kupu-kupu, dan burung kolibri, yang tertarik oleh nektar dari tanaman tersebut. Hewan-hewan yang tertarik dengan tanaman ini akan mengunjungi taman secara rutin, sehingga meningkatkan keseimbangan ekologi taman.

Bunga matahari atau Helianthus spp. dapat digunakan sebagai pagar tanaman atau sebagai pengendali angin di taman. Tanaman ini tumbuh lebih mudah dan cepat dibandingkan gulma.

Bunga matahari terbukti efektif dalam mengendalikan hama, seperti lalat penambang daun (Liriomyza), serangga nyamuk (Helopeltis), thrips, dan kutu daun. Selain itu, pada tanaman ini terdapat serangga bermanfaat, seperti Xanthopimpla sp. (parasitoid penting), Mentadak (Mantodea: Mantidae), dan lalat perampok.

3 dari 4 halaman

Rosela dan Melati

Tanaman lain yang umum dan dapat menarik serangga bermanfaat antara lain Rosela (Hibiscus sabdariffa), Turnera spp., dan Cosmos spp. (Ulam raja), Arachis pintoi (kacang-kacangan penutup tanah), dan senduduk (Melastoma malabathricum). Tanaman ini tidak hanya menarik serangga bermanfaat tetapi juga berfungsi sebagai tempat perlindungan.

Pertimbangkan juga manfaat dengan penanaman tanaman secara berdampingan. Metode yang telah teruji ini melibatkan penanaman tanaman berbeda yang berdekatan satu sama lain untuk mendapatkan keuntungan bersama. Misalnya, tomat yang dipadukan dengan kemangi menawarkan hubungan simbiosis: kemangi mengusir hama tertentu yang menyerang tomat, sedangkan tomat memperkaya rasa kemangi.

Untuk meningkatkan ketahanan kebun terhadap hama, pemilihan tanaman harus didiversifikasi. Menanam berbagai tanaman tidak hanya membingungkan hama dan mencegah mereka menemukan inang favoritnya, tetapi juga secara alami mengurangi jumlah hama.

Strategi tanaman perangkap juga bisa efektif untuk mengusir hama. Tanaman melati merupakan tanaman perangkap yang efektif untuk kutu daun. Meskipun demikian, untuk mengendalikan populasi kutu daun pada tanaman perangkap ini disarankan juga untuk menggunakan pestisida alami. Penggunaan larutan mimba yang merupakan pestisida buatan sendiri terbukti dapat diaplikasikan pada melati untuk membasmi kutu daun. 

4 dari 4 halaman

Manfaat untuk Kebun

Anda dapat menanam tanaman-tanaman yang bermanfaat ini sebelum tanaman lain di kebun. Dengan melakukan hal ini, tanaman tersebut dapat membantu membangun ekosistem taman yang harmonis dan meningkatkan populasi serangga bermanfaat. 

Namun, bagi Anda yang sudah terlanjur berkebun, masih belum terlambat. Menanam tanaman ini pada tahap apa pun akan bermanfaat. Penting juga untuk menjaga keberadaan flora penghasil nektar untuk memastikan dukungan berkelanjutan dari serangga yang merugikan.

Tanaman sering kali diserang hama ulat, dilansir dari kanal Home, Liputan6.com, Senin, 9 Oktober 2023, biasanya ulat akan memakan daun serta batang tumbuhan. Hal ini bahkan mungkin sering Anda lihat di lingkungan sekitar.

Cara mengendalikan hama ulat ini adalah sebagai berikut:

  • Mengecek bagian bawah daun, apabila terdapat telur kupu berwarna putih maka segera dibersihkan.
  • Genangilah tempat persemaian dengan air agar ulat naik ke atas dan mudah untuk dibasmi.
  • Apabila cara sebelumnya tidak efektif, maka opsi terakhir adalah dengan menggunakan pestisida.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini