Sukses

Keseruan ANIMART Indonesia 2023, Ada Parade Cosplay Karakter Ikonis Power Rangers hingga Kamen Rider

Pesta ANIMART Indonesia 2023 telah dimulai pada Sabtu, 7 Oktober 2023. Acara ini resmi dihelat di Wisma Serbaguna, Senayan, Jakarta Pusat dan menampilkan cosplay dari berbagai animasi Jepang dan seminar kreatif.

Liputan6.com, Jakarta - Pesta ANIMART Indonesia 2023 dimulai pada Sabtu, 7 Oktober 2023. Acara ini resmi dihelat di Wisma Serbaguna, Senayan, Jakarta Pusat. Ini adalah tempat di mana para cosplayer dan berbagai komunitas datang bersama untuk menunjukkan kreativitas mereka.

Acara ini berlangsung selama dua hari, dari 7 hingga 8 Oktober 2023. Para pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan, termasuk parade cosplay yang diselenggarakan tiga kali sehari dengan partisipasi 10 cosplayer, seminar kreatif dan simulasi dengan topik yang berbeda setiap harinya, kontes cosplay, sesi bisnis, dan banyak lagi kegiatan menarik yang lainnya.

Pada opening ceremony dari kegiatan ini, Direktur Wisata Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran Kemenparekraf/Baparekraf, Masruroh berkesempatan untuk menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya ANIMART Indonesia 2023. "Atas nama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sangat menyambut baik event ini, karena dari sebuah event akan banyak sub sektor yang dilibatkan untuk berkolaborasi," kata Masruroh.

Ia menambahkan bahwa dari event ini, dapat disimpulkan bahwa menciptakan animasi dan desain merupakan hal yang menyenangkan dan tujuannya adalah untuk meningkatkan kreativitas. "Karena sebuah kreativitas itu tidak ada batasnya," terangnya.

ANIMART, yang berfokus pada Animasi, Film, dan Art, menjadi wadah bagi para penggemar pop culture Jepang untuk memperkaya pengalaman dan merajut komunitas yang semakin solid. Celerina Tjandra Judisari, Penggagas ANIMART Indonesia dan Creative Director SENIOR, mengatakan bahwa ANIMART memiliki visi sebagai hub yang menjadi tempat perkumpulan pecinta seni dan industri kreatif.

"ANIMART adalah jembatan yang menghubungkan pecinta seni dan industri kreatif. Kami ingin menciptakan atmosfer di mana ide dan inovasi dapat berkembang," ungkapnya pada kesempatan yang sama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Parade Cosplay

Parade cosplay yang diselenggarakan pada sesi pertama menjadi sorotan utama bagi banyak pengunjung. Berdasarkan pantauan dari Liputan6.com, beberapa karakter yang muncul dan mencuri perhatian adalah karakter-karakter ikonis seperti Power Rangers dalam seri "Rise of the Ninja", Dino Rangers, dan beberapa karakter dari serial anime populer Naruto, termasuk Naruto sendiri, Neji Hyuga, dan Temari. Tak hanya itu, karakter-karakter dari serial Kamen Rider seperti Zero One Shining Assault, Geats, dan Faiz Delta juga hadir.

Area panggung juga dirancang dengan detail dan kreativitas tinggi. Di sisi kanan panggung, terdapat tiga instalasi besar yang menampilkan karakter animasi dari tiga genre berbeda. Tanjiro Kamado dan Nezuko Kamado dari "Demon Slayer" merepresentasikan genre Demon dengan kesan kuat dan heroik.

Sementara itu, Ai Hoshino dari "Oshi No Ko" dan karakter dari "Haikyun" mewakili genre Sport yang menampilkan semangat kompetisi dan kerja sama tim. Terakhir, Marin Kitagawa dari "My Dress Up Darling" menghadirkan nuansa manis dan romantis dari genre Romance.

Namun, parade dan instalasi karakter bukanlah satu-satunya hal yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Para pecinta kultur Jepang juga disajikan dengan berbagai merchandise eksklusif. Yotaku Cosplay Shop menawarkan beragam barang yang berkaitan dengan anime, mulai dari gantungan kunci, bando, pakaian, hingga figure dan boneka yang menggambarkan berbagai karakter animasi Jepang.

3 dari 4 halaman

Seminar Mengenai Ilustrasi

Sementara itu, Lichtschein Hobby Store menyediakan barang-barang khusus seperti modkit (model kit), boneka berukuran besar, figure, dan pin. Dengan begitu, para pengunjung dapat membawa pulang kenangan atau barang koleksi dari acara tersebut.

Pada hari pertama ANIMART Indonesia 2023, acara tidak hanya dipenuhi dengan parade cosplay yang memukau, tetapi juga diselenggarakan Creative Seminar and Simulation yang menarik banyak perhatian para peserta. Dengan tema "Creating Game Illustration and Movie Concept Art", Chris Lie, komikus ternama asal Solo, berbagi pengetahuannya yang mendalam mengenai dunia ilustrasi.

Chris mengawali seminar dengan memberikan gambaran umum tentang berbagai tipe ilustrasi yang ada di industri kreatif. Menurutnya, ada 12 tipe ilustrasi utama, beberapa di antaranya yang sering ditemui adalah ilustrasi untuk editorial, game, buku anak-anak, komik, storyboard, konsep seni, serta produk dan kemasan. Sementara itu, tipe ilustrasi seperti medis, pengadilan, teknik, mode, dan forensik lebih jarang ditemukan, "tetapi tetap memiliki kepentingan dan keunikannya masing-masing," ujarnya.

Chris menekankan bahwa tujuan dari ilustrasi sangat beragam, bisa digunakan untuk pemasaran produk, propaganda, instruksi, hiburan, hingga dokumentasi. Namun, di antara semua fungsi tersebut, satu hal yang selalu menjadi pusat adalah bagaimana ilustrasi mampu menyampaikan sebuah jalan cerita atau narasi.

"Tanpa jalan cerita yang jelas, sulit bagi pesan ilustrasi untuk sampai kepada audiens," ungkapnya.

4 dari 4 halaman

Keseruan Lainnya

Untuk menciptakan penceritaan melalui ilustrasi yang efektif, ada beberapa prinsip yang harus dipegang. Chris menekankan pentingnya fokus dan kejelasan dalam setiap karya. Hal ini bisa dicapai dengan memperhatikan komposisi, pencahayaan, warna, dan perspektif. Selanjutnya, gestur dan ekspresi karakter menjadi vital. Selain itu, pemahaman yang mendalam tentang anatomi dapat membantu menciptakan gestur dan ekspresi yang alami dan menarik.

Namun, Chris mengingatkan bahwa kreativitas dalam menciptakan alur cerita juga sangat penting. Eksplorasi cerita kreatif yang didasarkan pada latar belakang karakter, hubungan antar karakter, latar tempat, kampanye, dan tujuan dari ilustrasi itu sendiri dapat menciptakan karya yang menarik dan menggugah perasaan pembaca. Para audiens tidak hanya menikmati kualitas visualnya, tetapi juga terlibat emosional dengan jalan cerita yang disajikan.

Usai seminar yang disampaikan oleh Chris, ada serangkaian seminar lain seperti "Intellectual Property" yang diberikan oleh Mochtar Sarman dan "Industri Kreatif Animasi Indonesia" oleh Ehwan Kurniawan. Acara berlanjut dengan Cosplay Meet and Greet bersama Ola Aphrodite dan talkshow yang mengenalkan Visinema Studio melalui Domikado, Jumbo, dan Kancil. Acara hari pertama ditutup dengan Top Idol Show oleh Shojo Complex, wawancara dan penampilan bersama seiyuu Hina Suguta, dan penampilan musik oleh Refeen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.