Sukses

Hotel Mewah Rancangan Karl Lagerfeld di Macau Sudah Dibuka untuk Umum, Tamu Bakal Disambut dengan Vas Raksasa

Hotel mewah rancangan Karl Lagerfeld di Macau bukan kolaborasi satusatunya yang dijalin SJM Resort dengan desainer fesyen ternama.

Liputan6.com, Jakarta - Kolaborasi lintas bidang nyaris tak berbatas. Salah satunya adalah kolaborasi bidang perhotelan dengan fesyen. SJM Macau menggandeng dua label fesyen ternama untuk merancang interior hotel mereka. Adalah Karl Lagerfeld dan Versace yang merancang The Karld Lagerfeld dan Palazzo Versace Macau untuk perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata dan resor itu.

Karl Lagerfel mendesain sebuah gedung berdesain unik yang memadukan warna merah, hitam, putih, dan emas yang berbeda dari desain hotel kebanyakan. Hotel yang memiliki sekitar 270 kamar itu dibuka pada April 2023 dan berada di Grand Lisboa Palace Resort Macau.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan.com, Senin, 25 September 2023, desainer nyentrik yang sudah berpulang pada 19 Februari 2019 itu menemukan kreativitasnya dengan gaya rock-chic. Ia memadukan estetika Tiongkok dan Barat yang mewah dan unik di Hotel The Karl Lagerfeld Macau.

Hotel tersebut merupakan satu-satunya menara hotel di dunia yang seluruh interiornya dirancang dan menyandang nama dari seorang legenda mode. Karl Lagerfeld yang memadukan warna dan pola yang berani dengan siluet yang disesuaikan dan visi yang tak tertandingi. 

Memasuki lobi, tamu akan disambut dinding bagian penerima tamu yang dipenuhi lebih dari seribu kunci yang membentuk karya seni ‘KARL Lagerfeld Kameo’ yang unik. Di seluruh menara hotel, Anda akan menemukan vas porselen bergaya Cina yang dibuat secara khusus. 

Vas setinggi 3,5 meter yang berdiri di lobi hotel itu merupakan hasil kerajinan tangan perajin di Jingdezhen, China. Proporsinya yang tidak biasa tersebut mewakili konsep Karl Lagerfeld terhadap Chinoiserie (karya seni eropa yang terinspirasi dari budaya asia timur) modern melalui karya tradisional.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Palazzo Versace Macau

Selain hotel yang didesain Karl Lagerfeld, Grand Lisboa Palace Resort Macau juga berkolaborasi dengan brand high fashion lainnya, yakni Versace. Palazzo Versace Macau adalah Palazzo Versace yang pertama di Asia dan dirancang untuk pengalaman menikmati gaya hidup Versace yang glamor. 

Terinspirasi dari palazzo Italia, hotel ini mewujudkan estetika Versace yang megah, yang menjadi ciri khas semua hotel Palazzo Versace. Di hotel ini, keanggunan Versace yang berani dipadukan dengan ekspresi unik baru. Ia juga menggabungkan elemen Tiongkok ke dalam desain klasik mewah, dengan pola dan warna ultra-glamor.

Hotel ini juga menampilkan lobi dengan desain mencolok dengan Medusa yang menjadi ikon Versace hingga interior yang dihiasi dengan cetakan barok. Palazzo Versace Macau memiliki sekitar 270 kamar. Ada berbagai fasilitas yang bisa Anda nikmati seperti spa, steam room, turkish hamman, kolam renang indoor dan outdoor, serta studio fitnes. Rencananya, hotel ini akan segera dibuka pada 2024.

3 dari 4 halaman

Karl Lagerfeld Inspirasi Dari Met Gala 2023

Nama Karl Lagerfeld dihormati sekaligus dibenci banyak kalangan sepanjang ia berkarier. Ia meninggalkan jejak mendalam di dunia fesyen yang terbukti saat panitia mengangkat Karl Lagerfeld sebagai tema Met Gala 2023, yakni "Karl Lagerfeld: A Line of Beauty".

Tak heran bila agenda acara tambahan dihilangkan sebagai protes pemilihan Karl Lagerfeld sebagai tema Met Gala tahun ini. Mengutip laman Time, Selasa, 2 Mei 2023, tim di belakang High Fashion Twitter Met Gala mengirimkan cuitan bahwa mereka tidak akan menggelar acara tambahan digital seperti biasa untuk Costume Intitute Benefit tahunan.

"Mendekati hari Senin pertama bulan Mei, tim twitter hf Met Gala ingin mengumumkan bahwa kami tidak akan merayakan Met Gala tahun ini karena nilainilai tidak selaras dengan pemilihan Karl Lagerfeld sebagai tema," tim menulis di Twitter.

Tanggapan kelompok itu merupakan bagian dari dialog lama yang lebih besar dari warisan rumit Lagerfeld sebagai desainer berpengaruh yang juga menyukai sindiran yang bersifat fatphobia, rasis, dan misoginis. Untuk pengguna Twitter dan koordinator HFT Met Gala @raphlecia, keputusan kolektif untuk tidak berpartisipasi adalah keputusan yang mudah karena mereka tidak ingin mengagungkan warisa yang dirasa telah dinodai oleh sentimen berbahaya.

4 dari 4 halaman

Perancang Kenamaan

The New York Times menyebut Karl Lagerfeld sebagai "perancang paling produktif abad ke-20 dan ke-21". Fotografer dan seniman ini merancang rata-rata 14 koleksi baru setiap tahun pada masa jayanya.

Ia dikenal karena mengambil merek warisan yang masih baru, termasuk Fendi dan Chanel, dan mengubahnya menjadi label wajib yang keren yang menyelenggarakan acara musiman yang spektakuler, yakni komedi putar Chanel, kapal roket, dan landasan pacu yang terinspirasi supermarket, selalu dipentaskan di Grand Palais di Paris, adalah beberapa di antara yang paling berkesan.

Lagerfeld juga berteman sangat dekat dengan Wintour, yang menjabat sebagai ketua Met ball sejak 1995. "Lebih dari siapa pun yang saya kenal, dia mewakili jiwa mode: gelisah, berwawasan ke depan, dan sangat memerhatikan perubahan budaya kita," kata Wintour tentang Lagerfeld saat mempersembahkan Outstanding Achievement Award di British Fashion Awards pada 2015.

Ia adalah sosok yang dicintai, meskipun kontroversial. Lagerfeld juga dekat dengan selebritas yang tak terhitung jumlahnya termasuk Kristen Stewart, Cara Delevingne, Pharrell, Naomi Campbell, dan banyak lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.