Sukses

Ridwan Kamil Pamit dari Gedung Pakuan, Momen Beres-Beres Bikin Haru Warganet

Ridwan Kamil mengakhiri masa jabatannya sebagai gubernur Jawa Barat pada hari ini, Selasa (5/9/2023). Sebelumnya, Kang Emil, begitu ia akrab disapa sudah membereskan barang-barang miliknya di rumah dinas Gedung Pakuan, Kota Bandung.

Liputan6.com, Jakarta - Ridwan Kamil mengakhiri masa jabatannya sebagai gubernur Jawa Barat hari ini, Selasa (5/9/2023). Sebelumnya, Kang Emil, begitu ia akrab disapa sudah membereskan barang-barang miliknya di rumah dinas Gedung Pakuan, Kota Bandung.

Momen beres-beres itu dibagikan suami Atalia Praratya ini melalui sebuah unggahan di akun TikTok miliknya @ridwankamil.official. Video itu berisi rangkuman deretan potret dirinya tengah berkemas di Gedung Pakuan.

Salah satu potret menunjukkan Ridwan Kamil melipat rompi yang di bagian belakangnya bertuliskan "Gubernur Jawa Barat". Rompi tersebut kerap ia gunakan ketika bertugas di berbagai kesempatan.

Ada pula potret wajah sendu ayah dua anak ini ketika memegang kontainer berisi barang-barang miliknya. Di kejauhan tampak istrinya Atalia akan menghampiri.

Ia juga mengemas deretan bingkai foto yang mengabadikan banyak momen. Salah potret menunjukkan ketika ia dilantik sebagai Gubernur Jawa Barat oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Negara, Rabu, 5 September 2018.

Potret selanjutnya mengabadikan pria berusia 51 tahun itu berdiri di depan rak yang semula dipenuhi buku dan piagam penghargaan. Sementara di sebelahnya ada tiga kontainer besar, satu kontainer kecil, dan dua plastik besar yang berisi barang-barang pribadinya.

Sementara di potret terakhir, Ridwan Kamil dan Atalia terlihat berpose di depan Gedung Pakuan. "Hatur nuhun," tulisnya dalam kolom keterangan unggahan.

Video tersebut berhasil mencuri atensi di jagat maya dan viral sudah ditonton lebih dari 5 juta kali. Warganet turut membanjiri kolom komentar dengan beragam tanggapan dan ungkapan haru.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apresiasi dan Ucapan Terima Kasih

"siapa yg naro bawang di sini ya?" tulis seorang warganet. Komentar lainnya berbunyi, "sedih pa lah pokonya mah."

"ko sedih yaa," respons lainnya. "sedihnya sampai ke Jawa Timur," tulis warganet.

Selain itu, warganet juga mengungkapkan apresiasi dan rasa terima kasihnya kepada Ridwan Kamil. Tak lupa, mereka turut menyertakan doa-doa terbaik bagi Kang Emil.

"Boleh gasi Gubernur Jabar nya Pak Ridwan Kamil lagi?! atau presiden nya gitu, salut dan bangga dengan Bapak Ridwan Kamil hoeeyyy😭 Sehat wal'afiat Pak," tuli seorang warganet.

Warganet lain menambahkan, "terimakasih kang emil sudah membuat perubahan untuk jawab barat. luar biasa."

"terimakasih pakgub terbaik seindonesia 🥰warga jawa barat bangga punya kang emil," tulis lainnya.

Lainnya menyampaikan, "bapak gubernur terbaik 🥲🤍 terimakasih untuk 5th nya pakkk, sangat berkesan. sehat selalu kang emil dan bu cinta."

"bapak gubernur terbaik 🥲🤍 terimakasih untuk 5th nya pakkk, sangat berkesan. sehat selalu kang emil dan bu cinta," tambah lainnya.

 

3 dari 4 halaman

Pamit ke Warga Saat Acara West Java Festival 2023

Dikutip dari Surabaya Liputan6.com, sebelumnya, Ridwan Kamil didampingi istrinya, Atalia Praratya mendatangi acara West Java Festival 2023 di Gedung Sate Bandung. Dalam acara rangkaian puncak peringatan Hari Jadi Ke-78 Provinsi Jawa Barat ini, Ridwan Kamil membagikan hadiah kepada warga.

Sejak pagi hingga malam, keduanya terlihat berkeliling dari bagian depan sampai dengan halaman belakang Gedung Sate, melihat beragam gerai UMKM di kawasan Gedung Sate. Saat makan di Pasar Ikan, mereka sambil sesekali menyapa warga yang memenuhi hampir seluruh sudut kawasan dan meladeni permintaan foto bersama warga.

Pada sore hingga menjelang malam, pasangan ini berkeliling kawasan Gedung Sate kembali. Ketika di kawasan Panggung Creaticity di bagian halaman belakang Gedung Sate, Kang Emil disambut warga yang telah menunggunya.

"'Hatur nuhun ka wargi' (Terima kasih kepada warga), saya sekalian mau pamit setelah lima tahun di Gedung Sate (menjadi Gubernur Jabar), mudah-mudahan Jabar tetap jadi juara," kata dia.

Ia menyatakan memberikan hadiah kepada warga. "Ini saya juga mau ada kado dari gubernur untuk warga yang saat ini hadir," kata dia.

Hadiah yang meliputi motor listrik, kulkas, dan tiket konser diberikan kepada warga yang mampu menjawab pertanyaan, seperti menyebutkan kota/kabupaten di Jawa Barat, memiliki nama unik, atau diberi tantangan, antara lain menyanyikan lagu dangdut.

4 dari 4 halaman

Ridwan Kamil Singgung Eril Ketika Pamitan ke Warga Jabar

Pada acara tersebut, Ridwan Kamil juga menyebut, "Jabar Juara, Jabar Juara, Jabar Juara. Para hadirin warga Jawa Barat semuanya, saya akan menyerahkan mandat maka mulai Selasa pagi saya akan kembali sebagai Ridwan Kamil warga biasa."

Dikutip dari Regional Liputan6.com, dalam kesempatan itu, dengan semangat ia menyampaikan pencapaian-pencapaian yang diperoleh Jabar selama lima tahun ke belakang, mulai dari penghafal Qur'an 30 juz di setiap desa (5.300 desa) lewat program Sadesa, 5.018 dari 9.000 pesantren memiliki produk bisnis berkembang lewat program satu pesantren satu produk. Kemudian pemberian Kredit Mesra pada ribuan warga tanpa agunan tanpa bunga untuk bebaskan warga dari rentenir, yang efeknya Jabar mampu memiliki tingkat kemiskinan terendah di Pulau Jawa.

"Selama lima tahun kami sudah bekerja keras, siang dan malam, selama 60 purnama saya sudah menyusuri jalan-jalan di Jawa Barat dari kota sampai desa-desa mencari cara agar rakyat Jawa Barat hidupnya lebih bahagia," ucapnya.

Momen haru pun datang dalam pidato perpisahan dari Ridwan Kamil, yakni ketika dirinya merangkai ingatan atas ujian terbesarnya dalam hidup yang terjadi ketika memimpin Jabar, yakni kehilangan putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), pada pertengahan 2022 lalu.

Dalam momen tersebut, Kang Emil bahkan menitikkan air mata di atas podium yang membuat warga yang hadir di Stadion Siliwangi turut terharu dan menyemangati Kang Emil. "Dalam lima tahun, saya (terdiam sejenak), saya ditinggalkan anak lelaki saya, itu adalah ujian terbesar yang pernah saya lalui," katanya. "Tapi berkat doa Jawa Barat, dengan tekad kuat walaupun COVID-19 melanda, walaupun Eril tidak ada, provinsi ini adalah provinsi terbaik di Indonesia."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.