Sukses

ART Jakarta 2023 Jadi Pekan Seni Terbesar dan Ajang Berkumpul Komunitas Seni Rupa

Art Jakarta sebelumnya,digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan. Tahun ini, Art Jakarta 2023 akan diadakan di JIExpo Kemayoran dan menyambut kedatangan berbagai galeri dari Indonesia dan negeri jiran Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, dan Vietnam.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu pekan seni rupa internasional Indonesia yang telah sangat dinantikan, Art Jakarta siap digelar kembali di tahun ini. Art Jakarta 2023 akan dihelat pada 17--19 November 2023 di venue baru, JIExpo Kemayoran, Jakarta, untuk merayakan ekspresi seni di arena yang lebih luas dengan fasilitas terdepan.

Sebelumnya, penyelenggara rutin menggelar perhelatan art fair ini di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat. Tahun ini, Art Jakarta 2023 akan menyambut kedatangan berbagai galeri dari Indonesia dan negeri jiran Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, dan Vietnam.

Selain itu, ekshibitor dari China, Korea Selatan, Jepang, Taiwan, Russia, dan Australia juga akan turut bergabung memamerkan karya-karya baru seniman mereka. Setelah kesuksesan tahun lalu, pekan seni rupa ini semakin memancangkan daya tariknya sebagai platform bagi pertukaran seni kontemporer di Asia Tenggara, dengan lokasinya yang bertambat di pasar seni terbesar di kawasan ini.

Menandai kesegaran babak baru dalam perjalanannya, pekan seni rupa ini bersiap dengan kemeriahan besar di venue baru dengan adanya 70 galeri nasional dan internasional yang berpartisipasi, termasuk 14 partisipan yang baru pertama kali bergabung. Dua ekshibitor yang telah lama bergabung, Mizuma Gallery dan Srisasanti Gallery mengemukakan antusiasme dan harapan mereka di ajang Art Jakarta 2023.

"Indonesia saat ini mempunyai pasar seni rupa yang kuat dan terus berkembang, dan Art Jakarta sendiri adalah salah satu pekan seni paling besar di Asia Tenggara serta merupakan platform yang baik untuk menampilkan seniman-seniman yang diwakili oleh Mizuma Gallery,” kata Fredy Chandra dari Mizuma Gallery, menurut keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Kamis (31/8/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berbagai Karya Kontemporer di Art Jakarta

"Art Jakarta adalah pengalaman yang sangat menyenangkan setiap tahunnya, sejak kami ikut serta dalam edisi perdananya. Event ini arena yang dinamis di mana kami bertemu dengan kolektor dan penikmat seni rupa baru, juga ajang berkumpul yang menyegarkan bagi komunitas seni rupa sekaligus pekan seni terbaik di Indonesia sejauh ini," ujar Benedicto Audi dari Srisasanti Gallery.

Ekshibitor yang baru bergabung, Rissim Contemporary juga ikut memberikan komentar. Mereka menegaskan komitmen untuk memupuk dialog artistik dan mempertunjukkan bakat Malaysia di hadapan audiens dunia. "Kami menghargai arah dan visi Art Jakarta yang berfokus pada representasi galeri dan karya dari kawasan Asia Tenggara,” terang Suleyman Azhari dari Rissim Contemporary di Kuala Lumpur, Malaysia.

Sorotan pada seni rupa yang dipamerkan akan menjadi daya tarik bagi kolektor, penikmat, dan pecinta seni rupa. Mereka akan dapat menjelajahi dan mengapresiasi berbagai karya kontemporer dari seluruh kisaran medium, yang akan tercakup dalam program khas Art Jakarta.

Program ini antara lain terdiri atas Art Jakarta Spot, platform untuk presentasi istimewa berupa karya instalasi yang telah disesuaikan khusus untuk Art Jakarta. Lalu ada Art Jakarta Scene, segmen untuk kolektif seniman dan nirlaba yang hendak menggalang dana demi aspirasi masing-masing.

3 dari 4 halaman

Alasan Perubahan Venue Art Jakarta 2023

Selain menyajikan pameran karya, Art Jakarta juga berkomitmen memantik wacana dan inspirasi melalui bincang-bincang, lokakarya, dan diskusi panel yang menarik. Art Jakarta maka merupakan pekan seni rupa internasional yang secara khusus memberikan suara bagi seni rupa kontemporer Asia. Anda bisa mendapatkan kabar-kabar terbaru tentang Art Jakarta dengan mengunjungi situs resminya di artjakarta.com dan @artjakarta di Instagram.

Pada April lalu, Art Jakarta sudah mengumumkan tanggal dan lokasi baru untuk edisi tahun 2023. Hal itu menyusul keputusan terbaru pemerintah Indonesia untuk menyelenggarakan KTT ASEAN ke-43 pada September di Jakarta Convention Center (JCC). Dalam keterangan pers yang diterima Liputan6.com, Kamis, 14 April 2023, persiapan menghadapi KTT ASEAN, JCC akan menjalani renovasi situs yang menyeluruh hingga semua acara yang telah dijadwalkan di lokasi tersebut, termasuk Art Jakarta 2023, harus dijadwalkan ulang.

Sebagai konsekuensinya, Art Jakarta 2023 akan berpindah ke JIExpo Kemayoran yang menyediakan fasilitas serupa untuk menunjang sebuah pekan seni internasional. Menyajikan edisi 2023 di JIExpo Kemayoran, Art Jakarta akan menghadirkan segmen-segmen yang telah menjadi lanskap familiar dalam pekan seni ini. 

4 dari 4 halaman

Art Jakarta Gardens 2023

Dengan periode persiapan yang lebih panjang, Art Jakarta secara strategis dapat menambahkan lebih banyak segmen ke dalam programnya dan membangun kolaborasi yang lebih kuat. Dengan demikian, Art Jakarta akan memastikan pengalaman seni yang luar biasa pada kuartal terakhir 2023.

Art Jakarta memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh perubahan tanggal dan lokasi ini. Kami menyadari hal ini dapat berimbas padaperencanaan mitra, ekshibitor, seniman, dan para pemangku kepentingan lainnya. Dalam segala hal, Art Jakarta tetap berkomitmen untuk menyajikan Art Jakarta2023 sebagai pekan seni yang terkuat di kawasan Asia Tenggara.

Sebelumnya di awal tahun Art Jakarta Gardens 2023 telah terselenggara. Berlokasi di Hutan Kota Plataran, pameran seni yang sebagian besar area pamernya di ruang terbuka itu kembali menghadirkan beragam karya, terutama patung dan instalasi dari dalam dan luar negeri.

Enin Suprianto, Direktur Artistik Art Jakarta menjanjikan sejumlah kreasi baru para perupa di Indonesia untuk menyegarkan mata sekaligus menggelitik rasa penasaran. Salah satunya yakni kreasi empat perupa muda Indonesia di charging station.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.