Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Nadiem Makarim Tak Lagi Wajibkan Mahasiswa Buat Skripsi

Top 3 Berita Hari Ini tentang skripsi yang tak lagi diwajibkan, polemik rekor MURI desa wisata, hingga Pangeran Archie dan Putri Lilibet.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 Berita Hari Ini tentang Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim meluncurkan kebujakan untuk transformasi di bidang pendidikan. Salah satunya, kini mahasiswa S1 tidak lagi wajib menyusun skripsi sebagai syarat kelulusan.

Aturan mahasiswa tidak wajib skripsi ini tertuang dalam Peraturan Mendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Hal tersebut disampaikan Nadiem saat meluncurkan Merdeka Belajar Episode Ke-26 yang bertajuk Transformasi Standar Nasional dan Akreditasi Pendidikan Tinggi yang juga disiarkan melalui platform YouTube.

Berita kedua yang paling banyak diminati adalah tentang Rekor Museum Rekor Indonesia atau MURI diberikan kepada Desa Muntei, Kabupaten Mentawai, Provinsi Sumatera Barat sebagai pemilik seni rajah (tato) tertua. Rekor itu diserahkan pendiri MURI Jaya Suprana di sela acara Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI 2023 pada Minggu, 27 Agustus 2023.

Penghargaan tersebut dikritisi oleh antropolog Mentawai Juniator Tulius. Lewat surat terbuka kepada Jaya Suprana, ia mempertanyakan dasar pengambilan keputusan tersebut. Berita ketiga yang paling banyak menarik perhatian adalah jadwal super sibuk Duke dan Duchess of Sussex selama September 2023 mengharuskan mereka melakukan banyak perjalanan. Pangeran Harry akan kembali ke London, Inggris untuk menghadiri WellChild Awards pada 7 September 2023.

Tidak diketahui apakah Duke akan bertemu anggota keluarga kerajaan selama berada di Inggris, mengingat 8 September 2023 menandai satu tahun meninggalnya Ratu Elizabeth II. Harry kemudian akan terbang ke Jerman untuk menghadiri Invictus Games di Dusseldorf. Simak bahasan ketiga berita dalam Top 3 Berita Hari Ini berikut.

Nadiem Makarim Keluarkan Aturan Baru yang Membuat Mahasiswa Tidak Wajib Bikin Skripsi

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim meluncurkan kebujakan untuk transformasi di bidang pendidikan. Salah satunya, kini mahasiswa S1 tidak lagi wajib menyusun skripsi sebagai syarat kelulusan.

Aturan mahasiswa tidak wajib skripsi ini tertuang dalam Peraturan Mendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Hal tersebut disampaikan Nadiem saat meluncurkan Merdeka Belajar Episode Ke-26 yang bertajuk Transformasi Standar Nasional dan Akreditasi Pendidikan Tinggi yang juga disiarkan melalui platform YouTube.

Selanjutnya...

Polemik Rekor MURI Desa Wisata, Antropolog Mentawai Minta Penerbitan Piagam Desa Muntei sebagai Pemilik Tato Tertua Dibatalkan

Rekor Museum Rekor Indonesia atau MURI diberikan kepada Desa Muntei, Kabupaten Mentawai, Provinsi Sumatera Barat sebagai pemilik seni rajah (tato) tertua. Rekor itu diserahkan pendiri MURI Jaya Suprana di sela acara Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI 2023 pada Minggu, 27 Agustus 2023.

Penghargaan tersebut dikritisi oleh antropolog Mentawai Juniator Tulius. Lewat surat terbuka kepada Jaya Suprana, ia mempertanyakan dasar pengambilan keputusan tersebut.

Selanjutnya...

Pangeran Archie dan Putri Lilibet Bakal Terbang ke Eropa Bersama Pangeran Harry dan Meghan Markle?

Jadwal super sibuk Duke dan Duchess of Sussex selama September 2023 mengharuskan mereka melakukan banyak perjalanan. Pangeran Harry akan kembali ke London, Inggris untuk menghadiri WellChild Awards pada 7 September 2023.

Tidak diketahui apakah Duke akan bertemu anggota keluarga kerajaan selama berada di Inggris, mengingat 8 September 2023 menandai satu tahun meninggalnya Ratu Elizabeth II. Harry kemudian akan terbang ke Jerman untuk menghadiri Invictus Games di Dusseldorf.

Selanjutnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.