Sukses

Sandiaga Uno Takjub Lihat Penyandang Disabilitas Menyanyi dan Bermain Musik: Mereka Anak-Anak Super

Sandiaga Uno bersama Yayasan Indonesia Setara menggandeng Uniqlo untuk memberikan kesetaraan lapangan kerja bagi para penyandang disabilitas. Sandiaga bertemu langsung dengan para penyandang disabilitas, termasuk beberapa anak yang masih duduk di bangku sekolah.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekaf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri acara Kajian Ekonomi Series ke-11 di Jakarta pada Kamis, 24 Agustus 2023. Dalam kesempatan ini Sandiaga Uno bersama Yayasan Indonesia Setara menggandeng Uniqlo untuk memberikan kesetaraan lapangan kerja bagi para penyandang disabilitas.

Acara tersebut juga merupakan kolaborasi antara Yayasan Indonesia Setara dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Dalam kesempatan itu, Sandiaga bertemu langsung dengan para penyandang disabilitas, termasuk Abi dan Arya dan beberapa anak yang masih duduk di bangku sekolah.

Abi dan Arya menarik perhatian pria yang biasa disapa Sandi itu berkat aksi mereka menghibur para tamu dengan membawakan beberapa lagu. Abi bermain keyboard dan saksofon sedangkan Arya menyanyi dan bermain saksofon.

"Anak-anak ini luar biasa. Abi dan Arya bisa bermain musik dan menyanyi dengan baik, mereka anak-anak super. Mereka penyandang disabilitas tapi punya kelebihan dan sangat berbakat Saya kagum dengan kemampuan dan semangat mereka yang luar biasa," ucap Sandi seusai acara di rumah dinas Menparekraf di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

"Bukan cuma mereka (Abi dan Arya), ada juga yang bisa punya usaha sendiri seperti mas Hilmy) Ahmad Hilmy Almusawa-pemilik kedai kopi Mata Hati) yang bukan saja mempekerjakan sesama penyandang disabilitas tapi juga mereka yang bukan disabilitas. Semangat entrepreneur seperti ini harus banyak dikembangkan," lanjutnya.

Sandi mengatakan ia telah berkolaborasi ke berbagai pihak mulai dari instansi pemerintahan hingga mitra-mitra lainnya untuk membuka kesempatan kerja dan menghindari kesenjangan untuk anak-anak muda penyandang disabilitas.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Meningkatkan Kemampuan SDM Disabilitas.

"Ini adalah bagian daripada pemberdayaan kami di beberapa sektor ekonomi kreatif dan kami juga akan menggaet usaha seperti Uniqlo yang termasuk merk dunia dan mitra-mitra lain yang mendukung pemberdayaan dan pelatihan bagi SDM disabilitas untuk ekonomi kreatif dan UMKM," tutur Sandi.

Pada kesempatan ini Irma Yunita selaku Director of Corporate Affairs of Uniqlo juga turut menyampaikan kepada Sandiaga Uno bahwa Uniqlo telah memberdayakan belasan karyawan dengan disabilitas di store Uniqlo yang tersebar di beberapa daerah.

"Kita sampai saat ini sudah punya 17 karyawan dengan disabiltas, ini sudah sesuai anjuran untuk mempekerjakan miniml 1 persen penyandang disabilitas dari jumlah keseluruhan karyawan. Tapi kita akan terus berusaha menambah pekerja dengan disabilitas karena mereka menjalani tigas-tugasnya dengan cukup baik," ungkap Irma.

Mendengar hal ini, Sandiaga Uno mengatakan akan mendukung hal-hal yang meningkatkan kemampuan SDM disabilitas. Hal ini ia percayakan akan membantu terbukanya lapangan kerja baru.

"Mereka (teman-teman disabilitas) ini memberikan semangat kita bagaimana kita harus terus berjuang untuk menciptakan ekonomi untuk masyarakat secata luas oleh karena itu kamu semakin tergiat menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru tahun 2024," ucap Sandi.

 

3 dari 4 halaman

Para Disabilitas Merintis Bisnis

Pada kesempatan yang sama, selain Hilmy, Sandi juga bertemu langsung dengan entrepreneur disabilitas di antaranya Habibie Afsyah yang seorang internet-preneur dan Nadhufandra Naladira seniman dari studio desain Tab Space. Para entrepreneur disabilitas ini sempat menyampaikan cerita-cerita mereka merintis bisnis. Menanggapi ini, Sandiaga merasa salut dengan mereka.

"Saya terharu sekali dengan teman-teman super yang mereka bukannya memiliki keterbatasan tapi mereka memiliki kelebihan, ini harus jadi inspirasi dan memotivasi semua masyarakat kita memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara," ujarnya.

"Kami juga akan menggaet usaha skala global untuk bergabung, bahkan ada juga dari komunitas-komunitas seperti Yayasan Indonesia Setara dan juga mitra-mitra yang mendukung pemberdayaan dan pelatihan bagi SDM disabilitas untuk ekonomi kreatif dan UMKM,” pungkasnya.

Yayasan Indonesia Setara yang 20 tahun lalu dibentuk oleh Sandiaga Uno dan sempat vakum, kembali hadir dengan melanjutkan mimpi Sandi untuk memberikan kesempatan bagi seluruh masyarakat Indonesia mendapatkan kesetaraan ekonomi, kesataraan lapangan kerja, serta kesetaraan gender dalam hal pemberdayaan perempuan.

 

4 dari 4 halaman

Bantuan Modal Usaha untuk Penyandang Disabilitas

Pada pekan lalu, Sandiaga Uno menyalurkan bantuan modal usaha untuk penyandang disabilitas di Kelurahan Manggarai, Jakarta. "Program bantuan modal usaha untuk masyarakat disabilitas guna berjualan daging ayam, air minum kemasan, dan wedang jahe," katanya dikutip dari Antara, Sabtu, 19 Agustus 2023.

Sandi berjanji akan membantu memaksimalkan produk UMKM ke depan. Saat ini, dia menyerahkan bantuan modal usaha untuk tiga penyandang disabilitas di Kelurahan Manggarai Jakarta di mana pemberian bantuan modal usaha ini berkolaborasi bersama OK OCE.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga Uno mendengarkan sejumlah usulan yang disampaikan warga mulai dari penciptaan lapangan pekerjaan yang mudah, harga sembako murah, dan membutuhkan uluran tangan pihak-pihak terkait dalam menyejahterakan Bangsa Indonesia.

Selain menyalurkan bantuan usaha, Sandiaga bersama UMKM Sahabat Sandi menghadirkan bazar sembako harga murah sesuai harapan rakyat. "Ini adalah solusi dengan bukti konkret kepada masyarakat DKI, khususnya di Kelurahan Manggarai Jakarta. Program ini dibalut dalam bentuk syukur Kemerdekaan Republik Indonesia," ujarnya.

Sandiaga mengatakan untuk mengurangi beban, maka masyarakat dapat menebus minyak goreng murah hanya dengan harga Rp5.000 dalam Program Bazar Sembako 2023 itu. Perwakilan Masyarakat Disabilitas Kelurahan Manggarai Jakarta, Imam menyampaikan keresahannya terhadap harga sembako yang belum stabil. Ia berharap kehadiran Sandiaga Uno dapat menjadi wadah aspirasi rakyat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini