Sukses

Tanggapi Polusi Udara Jakarta yang Buruk, Andrea Dian: Aku Olahraga Pagi Aja

Polusi udara Jakarta yang memburuk telah memaksa penduduk Jakarta untuk mengubah rutinitas dan kebiasaan mereka, terutama berolahraga. Apalagi olahraga di luar ruangan biasanya menjadi favorit, seperti jogging di taman kota atau bersepeda di jalanan pagi, kini harus ditinggalkan sebagian masyarakat demi kesehatan paru-paru.

Liputan6.com, Jakarta - Polusi udara Jakarta yang memburuk telah memaksa penduduk Jakarta untuk mengubah rutinitas dan kebiasaan mereka, terutama berolahraga. Apalagi olahraga di luar ruangan biasanya menjadi favorit, seperti jogging di taman kota atau bersepeda di jalanan pagi, kini harus ditinggalkan sebagian masyarakat demi kesehatan paru-paru.

Andrea Dian, salah satu selebriti Tanah Air yang dikenal sebagai seorang sport enthusiast, juga tak tinggal diam. Menurutnya, menghadapi polusi udara Jakarta dimulai dari diri sendiri.

"Sebisa mungkin kita ikut menjaga lingkungan kita. Percuma kita ngeluh tapi kalau dari kitanya sendiri masih buang sampah sembarangan. Mulai dari diri kita, berusaha untuk nggak buang sampah sembarangan, terus untuk badan kita sendiri mulai olahraga. Walaupun agak berat, tapi nggak ada salahnya untuk memulai," jelasnya saat ditemui di Jakarta Utara, Sabtu (19/8/2023).

Selain itu, Andrea mengungkapkan bahwa untuk menjaga kesehatan sekarang ini, cukup olahraga pagi hari saja. "Kalau misalkan dulu siang-siang masih berani, tapi sekarang kayak pagi aja sih," ujarnya.

Selain itu, kuncinya adalah memastikan bahwa tubuh mendapatkan istirahat yang cukup setiap harinya. Istirahat mampu memberi kesempatan bagi otak untuk mereset diri, meningkatkan kualitas tidur, dan meredakan stres.

"Istirahat membantu regenerasi sel tubuh dan pemulihan otot setelah beraktivitas," katanya.

Selain istirahat, Andrea juga menekankan asupan nutrisi seimbang juga memiliki peranan yang vital. Sebuah pola makan yang lengkap membantu meningkatkan imunitas tubuh, yang pada gilirannya mampu melawan radikal bebas dan polutan lainnya dari polusi udara.

"Mulai memilih makanan mana yang nutrisinya baik bagi tubuh kita," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pentingnya Membentuk Otot

Andrea yakin istirahat yang cukup dan nutrisi seimbang bukan hanya menjadi pondasi untuk tubuh yang fit, tetapi juga menjadi benteng pertahanan pertama melawan efek negatif polusi. Selain fokus pada isu polusi udara di Jakarta, Andrea juga membahas mengenai stigma masyarakat terhadap perempuan yang memiliki otot.

Banyak yang beranggapan bahwa perempuan harus memiliki tubuh yang langsing dan lemah gemulai, tanpa otot yang terbentuk dengan jelas. Namun, menurut Andrea, bentuk tubuh bukanlah sekadar estetika. Memiliki otot yang terlatih adalah investasi jangka panjang bagi kesehatan dan kebugaran.

"Jujur aku seneng punya otot. Karena buat membangun otot itu susah, dan kunci utama kita nanti kuat pas lagi masa tua adalah otot," tutur Andrea. Dengan otot yang kuat, perempuan tidak hanya dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih mudah dan berenergi, tetapi juga memiliki peluang yang lebih baik untuk tetap kuat dan sehat di masa tua.

"Kalau kita nggak punya otot yang baik, core kita juga ga kuat karena kita ga punya otot sama sekali, cuma tulang, syaraf dan lemak, kita ga akan punya tenaga untuk jaga kesehatan kita," ucapnya.

Oleh karena itu, Andrea menekankan pentingnya aktivitas fisik dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini bukan hanya berlaku bagi mereka yang ingin membangun otot, tetapi untuk semua orang tanpa memandang jenis kelamin, usia, atau latar belakang.

3 dari 4 halaman

Festival Olahraga dan Musik

Namun, Andrea juga menyadari bahwa setiap individu memiliki tingkat kenyamanan, kemampuan, dan endurance atau daya tahan yang berbeda-beda dalam berolahraga.

"Karena sebenernya olahraga itu bukan punishment kan. Jadi menurut aku buat yang beginner, jalani aja dengan happy. Ga usah terlalu yang gimana-gimana karena olahraga itu dilakuin bukan hanya sekali, tapi kalau bisa berkali-kali. Nanti akan ada hasilnya," kata Andrea.

Sementara itu, Ionation 4th Workout & Music Festival 2023 menggelar acara hari ini pada Sabtu (19/8/2023) di Beach City International Stadium, yang berlokasi di kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Festival ini, yang memadukan konsep workout dan live music, telah menjadi salah satu acara paling dinanti-nanti setiap tahunnya. Buktinya, tahun ini adalah pelaksanaan yang keempat bagi festival yang selalu mendapat sambutan hangat dari masyarakat.

Dengan tema "Live Lighter, Feel Younger" untuk tahun ini, festival ini mengajak para peserta untuk menerapkan gaya hidup yang lebih ringan, sehat, dan penuh semangat muda. Tersedia sebanyak 35 kelas yang beragam, mulai dari yoga, pilates, hingga kelas dance dan LIIT.

"Track record menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat untuk hidup sehat dan mengonsumsi makanan rendah kalori semakin meningkat setelah pandemi kemarin," kata Puspita Winawati, seorang Marketing Director PT. Amerta Indah Otsuka saat jumpa pers per hari ini.

Ia menambahkan, "Hal ini terbukti dengan antusiasme 6.500 peserta yang datang dari delapan kota besar di Indonesia untuk mengikuti berbagai kelas olahraga yang tersedia di festival ini."

4 dari 4 halaman

Ionation 2022

Mengutip kanal ShowBiz Liputan6.com, Andrea Dian, salah satu Brand Ambassador Ion Water, menyambut baik gelaran acara olahraga yang berpadu dengan konsep live music di Ionation 2022. "Kombinasi workout dengan live music ini unik banget dan belum ada konsep festival workout yang dibuat seperti ini,” kata Andrea Dian saat ditemui di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu, 10 September 2022.

Dengan konsep seperti ini, kata Andrea Dian, peserta tak hanya mendapat benefit dari sisi kesehatan karena berolahraga. "Selain berolahraga yang menyehatkan, konsep Ionation membuat kita dapat enjoyment dan happiness-nya," dia menjelaskan.

Untuk pengalaman berolahraga workout yang lebih seru menyenangkan, Ion Water di IONATION 2022 juga menghadirkan celebrity workout enthusiasts, certified instructors dengan kelas yang beragam.

Mulai dari Yoga, Body Combat, Pound Master, Low Intensity Interval Training (LIIT), Workout Dance, dan Zumba, serta diiringi live music dari Diskopantera, Dittopercussion, Nikki Frazetta, DJ Wizznu, dan penampilan penutup oleh Maliq & D’Essentials.

"Workout festival seperti Ionation menyediakan beragam kelas workout, dan menurut saya ini cukup friendly untuk all levels, baik dari pemula hingga yang sudah advance," kata Putri Marino, Brand Ambassador Ion Watter lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.