Sukses

8 Menteri Jokowi Pakai Baju Adat di Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan HUT ke-78 RI, Sri Mulyani Jadi Pemenang Busana Terbaik

Menteri Keuangan, Sri Mulyani, memenangkan busana terbaik di Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan HUT ke-78 RI dengan mengenakan baju adat Soe.

Liputan6.com, Jakarta - Mengikuti kode berbusana di upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dalam rangka HUT ke-78 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023), para menteri Jokowi mengenakan baju adat, sebagaimana tamu undangan lain. Masing-masing mereka memilih busana tradisional dari wilayah tertentu di Tanah Air.

Para menteri terlihat all out, karena selain baju, mereka juga memakai ragam hiasan kepala yang serasi dengan busana pilihan. Di antaranya, berikut gaya delapan menteri Jokowi saat turut serta meramaikan perayaan HUT ke-78 RI.  

1. Retno Marsudi

Sekali lagi Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi memperlihatkan kecanggihan padu-padan busananya. Di perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia tahun ini, Menlu Retno memilih pakaian adat Mamasa, Sulawesi Barat.

Bersama busana bernuansa merah itu, ia juga mengenakan kandore di bagian dada dan ikat pinggang. Mengutip Antara, Kamis (17/8/2023), kandore merupakan aksesori berupa manik-manik yang dirangkai membentuk motif layaknya ukiran. Hiasan ini umum dikenakan di acara-acara resmi, seperti HUT RI maupun pesta pernikahan.

2. Yaqut Cholil Qouma

Maju untuk membacakan doa di upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qouma tampil gagah dengan surjan lurik. Baju tradisional dengan wilayah persebaran Yogyakarta, Solo, dan Tuban ini memiliki ciri berupa lengan panjang dan bagian muka sebelah bawah lebih panjang dari bagian belakangnya, catat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Prabowo

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto turut hadir, terlihat duduk berdampingan dengan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Muhaimin Iskandar dan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Mardiono.

Di kesempatan itu, Menhan terlihat mengenakan baju adat Melayu yang dikenal sebagai Teluk Belanga. Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Natuna, busana ini secara tradisional terdiri atau baju, celana, kain samping serta penutup kepala, dan dalam konteks ini, Prabowo menambahkan kacamata hitam untuk melengkapi tampilan.

Leher baju adat ini berkerah dan berkancing yang lazimnya berjumlah lima buah melambangkan Rukun Islam, sementara  lengan baju panjang agak menutup pergelangan tangan. Kain sampingnya bervariasi, biasanya menggunakan kain songket.

Caranya memasangnya pun beragam. Ada yang dilipat sirih di depan dengan bagian kanan sebelah atas. Ada pula yang dipunjut ke samping.

4. Erick Thohir

Menteri BUMN Erick Thohir, yang sempat jadi "korban" kejahihan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono saat upacara HUT ke-78 RI berlangsung, mengenakan busana tradisional terinspirasi dari organisasi pergerakan pertama Boedi Oetomo.

"Organisasi yang didirikan para pemuda terpelajar Sekolah Pendidikan Dokter Bumiputera atau dikenal dengan STOVIA," katanya di unggahan Instagram-nya, Kamis. Padanannya berupa blangkon, kemeja berdasi kupu-kupu dan blazer, serta kain batik sebagai bawahan.

3 dari 4 halaman

5. Sri Mulyani

Bersama putra bungsu Presiden Jokowi, Menteri Keuangan Sri Mulyani keluar sebagai pemenang busana terbaik dalam perayaan HUT ke-78 RI di Istana Merdeka, Jakarta. Merujuk unggahan terbaru di Instagram-nya, Menkeu dan sang suami menggunakan pakaian adat dari Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT.

"'The Freezing City,' kami mengenakan pakaian adat dari Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT, yang terkenal memiliki cuaca lebih dingin dibandingkan kota lain di Pulau Timor," tulisnya sebagai penggalan keterangan.

"Di hari yang cerah, mengenakan tenun 'Nunkolo' bernuansa merah. Senyum merekah menyambut hari yang indah, melihat Sang Saka Merah Putih berkibar gagah. Bagaimana penampilan kami hari ini?" tandasnya.

6. Sandiaga Uno

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, juga hadir di kesempatan yang sama. Ia tampil dalam balutan busana adat Bugis Makassar. Menparekraf memakai jas tutu putih berpadu sarung berwarna putih dan biru. Ia juga menambahkan songkok khas Bugis berwarna hitam dengan aksen emas.

4 dari 4 halaman

7. Basuki Hadimuljono

Duduk bersebelahan dengan Erick Thohir, busana adat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono tidak kalah menawan. Di kesempatan itu, pria yang juga akrab disapa pak Bas ini mengenakan beskap abu, dilengkapi songket Bali dan udeng.

Di tengah penampilannya, aksi iseng Pak Bas justru jadi sorotan. Rekaman yang akhirnya viral di media sosial  memperhatikan ia dengan serius memperhatikan busana Menteri BUMN itu. Ia kemudian mencolek beskap tersebut di bagian perut, bahkan sedikit menyingkapnya.

Erick hanya bisa tertawa melihat tingkah rekannya. Meski tetap berdiri dengan tenang, istri Basuki, Kartika Nurani, tampak mencolek balik sang suami yang langsung berdiri tegap.

8. Luhut Binsar Pandjaitan

Kompak dengan istrinya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan berbusana adat Batak Pakpak dari Sumatra Utara. Busana keduanya melambangkan keagungan, sekaligus penuh kesantunan, menurut laman Dinas Pariwisata Kabupaten Pakpak.

Pakaian adat Batak Pakpak, yang disebut baju merapi-api, didominasi warna hitam. Potongan pakaiannya berbahan dasar katun dan dikenakan bersama tenun khas Pakpak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.