Sukses

BLINK Berburu Merchandise BLACKPINK + Starbucks, Antre Sejak Jam 6 Pagi demi Tumbler

Starbucks meluncurkan koleksi kolaborasi BLACKPINK + Starbucks di Indonesia. Tumbler pilihan Lisa jadi yang paling banyak diburu.

Liputan6.com, Jakarta - Kolaborasi Blackpink + Starbucks disambut antusias para BLINK di Jakarta. Antrean pemburu merchandise spesial BLACKPINK sudah terjadi sejak pagi di sebuah mal di kawasan Senayan, Jakarta Pusat.

Limberty, warga Jakarta Barat, menjadi salah satu BLINK yang mengantre paling depan di luar gerai Starbucks pada Sabtu (22/7/2023). Ia mengaku sudah tiba di tempat itu sejak pukul 6 pagi, meski merchandise edisi terbatas itu baru bisa dibeli sekitar pukul 11.30 WIB.

"Kita ke sini datang khusus untuk beli Lisa's Rhinestone merchandise," ucapnya kepada Liputan6.com seraya mengatakan telah berbagi tugas dengan teman-temannya sesama BLINK untuk berburu tumbler edisi khusus tersebut.

Tumbler Starbucks pilihan Lisa merupakan yang termahal. Astrid Tanggara, senior general manager, Portfolio Marketing & Marketing Communication, PT Sari Coffee Indonesia, menyebut harganya mencapai Rp2 juta. Total merchandise kolaborasi Starbucks x BLACKPINK yang masuk ke Indonesia ada sembilan, terdiri dari delapan tumbler dan satu keychain.

"Spesial karena ada rhinestone-nya (tumbler pilihan Lisa)," kata Astrid.

"Kita kolaborasi dengan para BLACKPINK Ladies. Mereka kita benar-benar ajak involve dalam develop design. Ada grafitinya, kontras warnanya, all the doodle, kita benar-benar kerja sama dengan mereka," imbuhnya.

Tak butuh waktu lama tumbler pilihan Lisa habis terjual di gerai Starbucks Senayan Park. Tumbler berkapasitas 473 ml tersebut berwarna pink dengan detail rhinestone yang berkilau. Khusus hari ini, penjualan merchandise dibatasi tiga unit untuk masing-masing member Starbucks.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tumbler Pilihan Anggota BLACKPINK

Astrid menyebut merchandise yang dijual di Indonesia agak berbeda dari negara lain. Hanya delapan tempat minum yang bisa masuk ke Indonesia, dari 11 produk yang disiapkan, termasuk mug pilihan Jennie BLACKPINK, karena lebih rentan rusak dibandingkan merchandise lainnya. 

"Periode (berlaku) sampai 13 Agustus, official. Tapi karena para BLINK sangat antusias, kemungkinan sampai stok habis," ia menyambung.

Selain tumbler pilihan Lisa, Starbucks Indonesia juga menjual tumbler pilihan Jisoo yang berkapasitas 710 ml. Tumbler yang hanya tahan untuk minuman dingin itu dijual Rp585 ribu. Sementara, tumbler pink pilihan Rose yang berkapasitas 485 ml itu dijual seharga Rp495 ribu.

"Dengan BLACKPINK memang kita memiliki share value. Creativity, daring, berani, ada value yang sama antara starbucks dan BLACKPINK. dari sisi musik, musik dengan Starbucks enggak pernah terpisahkan," ujar Astrid.

Selain merchandise, Starbucks juga meluncurkan minuman khusus untuk merayakan kolaborasi dengan grup idol perempuan tersebut, yakni BLACKPINK Strawberry Choco Cream Frappuccino® Blended Beverage. Minuman berwarna merah muda itu memadukan sirup stroberi, dark chocolate shave, dan susu oat dengan saus dark chocolate di lapisan dasar yang ditutupi topping whipped cream pink dan kepingan cokelat berbentuk hati.

Minuman tersebut cocok untuk penyuka manis. Tapi bagi lidah saya, perlu diimbangi dengan air putih agar tidak seret di tenggorokan.

3 dari 4 halaman

Starbucks Card Khusus

Selain merchandise, Starbucks juga mengeluarkan kartu keanggotaan edisi terbatas yang didesain dengan grafis Blackpink. Kartu tersebut terdiri dalam dua wakrna, yakni hitam dan merah muda. Starbucks Card bisa didapatkan dengan melakukan top up sebesar Rp500 ribu. 

"Kolaborasi edisi terbatas ini akan tersedia mulai 25 Juli di gerai-gerai Starbucks tertentu di seluruh Indonesia, selama persediaan masih ada. Khusus tanggal 25 Juli, tersedia bundel minuman BLACKPINK + STARBUCKS® dengan reusable cups edisi terbatas," demikian bunyi rilis Starbucks.

Sementara itu, mengutip AllKpop, total merchandise yang disiapkan adalah 11 tempat minum dan enam aksesori gaya hidup yang seluruhnya memasukkan palet warna pink dan hitam. Enam aksesori dimaksud meliputi tote bag, alas yoga, dan sampul paspor.

Merchandise kolaborasi itu disebar terbatas ke sembilan negara dan kawasan, meliputi Hong Kong, Indonesia, Korea Selatan, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. Merchandise yang dijual di Korea Selatan terbilang lebih murah dibandingkan yang dijual di Indonesia.

4 dari 4 halaman

Berapa Harga Merchandise BLACKPINK + Starbucks Korea?

Mengutip Koreaboo, tumbler berwarna pink metalik pilihan Lisa terbuat dari stainless steel. Tumbler tersebut bisa menjaga minuman dingin tetap dingin. Harganya tercantum 95ribu won atau sekitar Rp1,1 juta untuk pasar Korea. Harga tersebut jelas lebih murah dibandingkan yang ditawarkan di Indonesia.

Sementara, cup dingin pilihan Jisoo dijual di Korea 32ribu won atau sekitar Rp374 ribu. Lalu, tumbler pilihan Rose dijual seharga 25 ribu won atau sekitar Rp292 ribu, sedangkan mug pilihan Jennie dijual 27 ribu won atau sekitar Rp315 ribu. 

Dengan harga tersebut, sejumlah warganet Korea menilai harganya kemahalan. Mereka pun melontarkan unek-uneknya di media sosial. "Sial, aku tidak bisa menolaknya jika itu BLACKPINK. Tapi tunggu dulu. 95.000 won," tulis seorang warganet.

"Gila. Penggemar BLACKPINK pasti menyukainya. 95.000 won berlebihan," imbuh yang lain.

Dikutip dari KBizoom, Senin, 3 Juli 2023, Starbucks sebelumnya meraih popularitas setelah berkolaborasi dengan BTS pada 2020. Mereka saat itu merilis makanan, minuman, dan beragam suvenir. Meski jumlah yang dijual dibatasi per konsumen, produk-produk tersebut ludes terjual di hari pertama perilisan.

Sumber perusahaan menyatakan, "Kami berencana untuk menjual merchandise BLACKPINK dengan cara yang mirip dengan kasus BTS."

Sebenarnya, Starbucks sudah pernah meluncurkan rangkaian merchandise dengan BLACKPINK pada Agustus 2021. Saat itu, produk hanya dijual terbatas di gerai Starbucks tertentu di Thailand.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini