Sukses

Di Mana Lokasi Kita Bisa Jalan Kaki ke 3 Negara Sekaligus dalam Hitungan Detik?

Video yang diunggah pria tersebut menampilkan perbatasan yang mempertemukan tiga negara yaitu Jerman, Belanda, dan Belgia.

Liputan6.com, Jakarta - Saat kita bepergian atau traveling ke berbagai negara, biasanya ada hal-hal unik dan menarik yang dijumpai. Begitu pula dengan seorang pria yang bikin warganet penasaran dengan pengalamannya saat traveling.

Belum lama ini, pemilik akun TikTok @alexandrmatthew_ menarik banyak perhatian memaparkan sesuatu yang unik dalam videonya yang diunggah pada Selasa, 18 Juli 2023. Video tersebut menampilkan perbatasan yang mempertemukan tiga negara sekaligus, yaitu Jerman, Belanda, dan Belgia.

Perbatasan tiga negara tersebut ditandai oleh sebuah monumen berbentuk prisma yang di tiga sisinya tertulis sebuah huruf: D untuk Deutschland (Jerman), NL untuk Netherland (Belanda), dan B untuk Belgium (Belgia). Jadi, pria yang berdiri di dekat monumen tersebut bisa dibilang berada di tiga negara sekaligus pada waktu bersamaan.

Kawasan tersebut pun seolah dihidupi oleh tiga warga negara sekaligus, dengan tiga bahasa dan kultur yang berbeda. Tak heran bila satu kawasan bisa disebut dengan cara berbeda-beda oleh orang-orang di sana.

Kota tempat pengunggah tinggal, misalnya, punya tiga nama sebutan. Oleh orang Jerman, ia disebut Aachen. Orang Belanda menyebutnya Aken. Sedangkan menurut orang Belgia yang berbahasa Prancis, kota itu disebut Aix La Chapelle.

Warga di kawasan itu juga bisa berpindah-pindah negara setiap hari. Hal tersebut diperlihatkan oleh pengunggah ketika seorang pengendara motor melintasi monumen tersebut.

Sambil merekam pengendara itu, pria yang dituliskan bernama Matthew itu menjelaskan bahwa pengendara itu telah melintasi tiga negara hanya dalam waktu beberapa detik. "Jalan kaki ke 3 negara sekaligus," tulis Matthew.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jalan Kaki ke 3 Negara Sekaligus

Melansir brilio.net, Jumat, 21 Juli 2023, monumen perbatasan tiga negara itu berlokasi di Vaalserberg yang secara administrasi merupakan wilayah Belanda. Sementara, perbatasan tersebut disebut sebagai Three Country Point yang juga punya tiga penyebutan yang berbeda. Drielandenpunt menurut bahasa Jerman, Dreiländereck menurut bahasa Belanda, dan Trois Frontières menurut bahasa Prancis.

Three country point atau tripoint, sebenarnya tak hanya ada di Vaalserberg. Sejak 2020, tercatat ada 175 tripoint yang tersebar di empat kawasan: Afrika, Asia, Eropa, Amerika Selatan, dan Amerika Utara. Afrika menjadi kawasan dengan tripoint terbanyak dengan total,61 tripoint.

Video tentang perbatasan tiga negara itu mendapat banyak komentar dan perhatian dari warganet. Sampai berita ini ditulis video yang sempat viral tersebut telah ditonton lebih dari 13 juta kali, disukai lebih dari 1,2 juta kali, dan mendapatkan lebih dari 3.290 komentar.

"Keliling dunia hanya dalam hitungan detik...," komentar seorang warganet. "Ini baru yang namanya jalan-jala ke luar negeri, jalan kaki beneran," komentar warganet lainnya.

3 dari 4 halaman

Perbatasan Negara Unik

"Ke perbatasan korut dan korsel bang," kata warganet lainnya.

"Orang yg naik motor ketika temenya nanya: abis dri mana bro cape banget kayanya abis keliling 3 negara pake motor😁,” timpal warganet lainnya.

Setiap negara di dunia pasti punya batas dengan wilayah atau negara lain. Beberapa negara juga memiliki titik perbatasan dengan negara lain yang terbilang unik. Contohnya adalah perbatasan antara Indonesia dan Malaysia yang terletak di Pulau Kalimantan. Mengutip kanal Citizen6 Liputan6.com, ada beberapa contoh perbatasan antar negara lainnya yang mungkin akan jadi tujuan traveling Anda selanjutnya,

Namibia, Botswana, Zambia, dan Zimbabwe

Salah satu yang menyorot perhatian dunia adalah perbatasan antara empat negara di benua Afrika. Empat negara tersebut yakni Namibia, Botswana, Zambia, dan Zimbabwe. Di mana perbatasan ini menjadi satu-satunya quadripoint (titik pertemuan empat negara) di dunia. Pada perbatasan empat negara Afrika ini sudah disesuaikan untuk membuat dua tripoints.

4 dari 4 halaman

Spanyol dan Portugal

Spanyol dan Portugal adalah dua negara yang cukup maju dan populer di benua Eropa. Tapi siapa sangka kalau ternyata ada yang unik di perbatasan kedua negara tersebut. Jika biasanya perbatasan negara dijaga ketat, namun batas antara Spanyol dan Portugal ternyata hanya dibatasi dengan seutas tali. Anda pernah bermain flying fox? Seperti itulah kurang lebih gambaran mengenai perbatasan Spanyol dan Portugal.

Polandia

Selanjutnya ada perbatasan di Polandia yang mirip dengan situasi Jerman Barat dan Jerman Timur pada masa itu. Sebelum tahun 1914, Polandia terbagi menjadi dua wilayah, yaitu Polandia Barat yang menjadi bagian dari Jerman dan Polandia Timur yang menjadi bagian Rusia. Perbatasan ini berupa rel kereta api, yang meskipun sudah berlalu lebih dari 100 tahun tapi kondisi perbatasan tersebut masih sama.

Amerika Serikat dan Kanada

Amerika Serikat dan Kanada adalah dua negara besar yang terletak di Amerika Utara. Namun di satu sisi perbatasan kedua negara tersebut, ternyata ada tempat yang sangat unik.

Pada sebuah rumah, ada jembatan terpendek di dunia yang menghubungkan Kanada di bagian depan rumahnya dan Amerika Serikat di halaman belakang rumahnya. Tempat ini disebut dengan Zavikon Island. Mirip seperti Indonesia dan Malaysia, ya?

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.