Sukses

Profil Via Beauty Box, Mojang Bandung yang Debut Jadi Idol K-Pop

Perempuan yang akrab disapa Via ini akan debut dalam girl group bernama Beauty Box di bawah agensi BY-U Entertainment yang beranggotakan enam perempuan. Selain Via, ada Sara, Rina, Chaeeun, Gahyun, Sori. Rina juga berasal dari luar Korea melainkan dari Jepang.

Liputan6.com, Jakarta - Viankha Jesslyn atau Via Beauty Box perempuan asal Bandung, Jawa Barat, menjadi orang Indonesia selanjutnya yang debut menjadi idol K-Pop, menyusul Dita Karang SECRET NUMBER dan Zayyan XODIAC. Perempuan yang akrab disapa Via ini akan debut dalam girl group bernama Beauty Box di bawah agensi BY-U Entertainment yang beranggotakan enam perempuan.

Selain Via, ada Sara, Rina, Chaeeun, Gahyun, Sori. Rina juga berasal dari luar Korea melainkan dari Jepang. Kabar bergabungnya mojang Bandung dengan Beauty Box ini disampaikan melalui media sosial Beauty Box Official, yang mengunggah foto Via, dengan sebuah ucapan dalam tiga bahasa yakni bahasa Korea, Inggris, dan Indonesia.

Melalui akun Instagram resminya (bb_byuofficial), Beauty Box memperkenalkan sosok Via sebagai anggota terakhirnya pada Rabu,21 Juni 2023 lalu. "Memperkenalkan Via, anggota terbaru Beauty Box," tulis akun Beauty Box.

Sehari kemudian, Via menuliskan pesan untuk para penggemar Beauty Box. Melalui Instagram Beauty Box, Via mengungkapkan semangat untuk para penggemarnya.

"Halo, ini Via, member baru Beauty Box dari Indonesia. Terima kasih kepada Wibbon yang telah menunggu kedatanganku dan kepada seluruh member yang telah membantuku. Aku sangat senang untuk memulai perjalanan ini. Semangat!" tulis Via.

Dikutip dari KProfiles pada Jumat, 23 Juni 2023, perempuan kelahiran 19 Januari 2001 tersebut menempati posisi sebagai vokalis dan juga Rapper di Beauty Box. Via diketahui sempat menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Musik Bandung.

Tak heran jika Via memiliki jiwa musikalitas yang tinggi. Via juga memiliki kelebihan dibanding member lain karena mampu berbicara dalam tiga bahasa yakni bahasa Indonesia, Inggris, dan Korea.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pernah Jadi Anggota Pre-debut MEP-C

Sebelumnya, Via telah memulai kariernya di industri K-pop sejak 2022. Saat itu, ia dikenal dengan nama panggung Viankha (비얀카) dan berada di bawah manajemen GBK Entertainment.

Via menjadi anggota grup pra-debut bernama MEP-C yang dikelola oleh agensi tersebut. Namun, terjadi perubahan dalam line-up debut MEP-C sehingga Via tidak lagi menjadi anggota grup tersebut.

Perempuan berzodiak Capricorn itu juga sempat menjadi seorang trainee di platform pelatihan online yang dinamai Universe. Platform ini bertujuan untuk mencari dan mengembangkan calon anggota potensial untuk girl group masa depan. 

Sayangnya, tidak ada kejelasan mengenai kontrak yang ditawarkan kepada Via, sehingga ia memutuskan untuk meninggalkan agensi tersebut. Walaupun demikian, Instagram Via saat ini memang masih bernama @mepc_via.

Bergabungnya Via secara resmi di grup Beauty Box membuat penggemarnya gembira. Beauty Box, grup K-pop asuhan agensi BY-U Entertainment telah aktif sejak 26 Juni 2021. Pada 23 September 2021, Beauty Box merilis album single debutnya bertajuk Beyond of BB.

3 dari 4 halaman

Disambut Antusias Warganet

Setelah diumumkan, banyak pula warganet asal Indonesia yang penasaran dan bangga dengan Via. Kehadirannya di Beauty Box mengisi member kosong yang sebelumnya ditempati oleh Jerin dan Anh.

"Ga nyangka Nge stan beauty box dari awal debut eh gada angin gada ujan tiba tiba ada member baru dari indo SEMANGAT VIA!!!!" tulis salah seorang penggemar Beauty Box. 

"orangnya cantik uy fiks bakal jadi bias kalau udah debut! dan rumornya bakal ada lagi kpop idol indonesia yang ke 5 dari agensi big 3, pokoknya semoga sukses ya 👏😍," kata salah satu warganet lain.

Ada pula penggemar asal Jawa Barat yang memanggil Via dengan sebutan "Neng". "Bandung punya ..geulis pisan budak na (cantik sekali anaknya) ..semangat neng Via..," tulisnya.

Yang lain menambahkan, "ommo ommo bangga bgt makin nambah warga konoha yang berbakat dilirik untuk menjadi seorang idol, via semoga sukses aamiin❤️." Beberapa warganet lain juga mengatakan Grup K-pop kini tengah berlomba-lomba mendebutkan idol asal Indonesia. 

4 dari 4 halaman

Profil Dita Karang Secret Number

Kabar mengenai orang Indonesia yang akan debut dalam musik Korea Selatan bukan pertama kalinya bagi pecinta K-Pop di Indonesia. sebelumnya ada Dita Karang, member Secret Number, dan Zayyan, member Xodiac.

Dita Karang diketahui menjadi perempuan Indonesia yang pertama menembus industri girl grup K-pop. Dikutip dari Health Liputan6.com, penyanyi Indonesia yang kini meniti karier di Korea Selatan itu bernama asli Anak Agung Ayu Puspa Aditya Karang.

Dita Karang ternyata merupakan wanita kelahiran Yogyakarta, 25 Desember 1996. Diketahui, wanita yang kini berusia 26 tahun itu sempat dibesarkan di kota pelajar tersebut.

Kecintaan Dita Karang pada dunia musik membawanya untuk menempuh pendidikan di Akademi Drama dan Musik New Amerika Serikat. Pada 2017, Dita Karang Secret Number sudah menyelesaikan kuliahnya.

Sebelum tergabung dalam grup idol di Korea Selatan, Dita Karang lebih dulu mengikuti trainee atau pelatihan di Born Star Training Center, New York.

Kini, Dita Karang sudah debut bersama dengan grup idol wanita asal Korea Selatan bernama Secret Number pada tahun 2020 lalu. Grup satu ini berada di bawah naungan agensi Vine Entertainment.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.