Sukses

Viral Video Anggota DPRD Sumenep Berpesta dan Sewa Biduan di Atas Kapal

Video anggota DPRD Sumenep berpesta di atas kapal menjadi perbincangan hangat di kalangan warganet dan masyarakat Sumenep.

Liputan6.com, Jakarta - Belasan anggota DPRD Sumenep, Jawa Timur terlihat berjoget dan nyawer penyanyi di atas sebuah kapal. Aksi itu viral di media sosial dan dibagikan sejumlah akun Twitter. Salah satunya adalah akun @zamrudkhan1 dengan judul "Anggota DPRD Sumenep Pesta Pora di kapal."

Dalam video berdurasi 49 detik yang dibagikan pada Minggu, 18 Juni 2023 itu direkam di sebuah pantai dan menuai perhatian publik. Para wakil rakyat yang terdiri diri dri beberapa orang pria dan wanita ini tampak berjoget bersama, dan sesekali nyawer uang ke penyanyi yang berjoget di atas geladak kapal.

Belum diketahui kapal tersebut berlayar di daerah mana, tapi diduga merupakan kapal pinisi. Video tersebut viral dan menjadi perbincangan hangat di kalangan warganet dan masyarakat Sumenep.

Beberapa kalangan masyarakat sangat menyayangkan sikap yang tidak patut dilakukan oleh sosok wakil rakyat tersebut. "Kami sangat kecewa atas pemandangan tersebut, kami saat ini tengah kesulitan secara perekonomian, mereka malah senang-senang di atas kapal," komentar seorang warganet Sumenep.

"Pasti ada yang bela anggota dewan juga manusia apa salahnya? Ini kelakuan yang tidak patut bagi seseorang yang harusnya berprilaku mulia,” komentar warganet lainnya.

Sementara itu, Kabupaten Sumenep merupakan tempat dengan pesona keindahan yang terhampar di ujung timur pulau Madura Jawa Timur. Sebuah kabupaten dan kota yang memiliki ratusan pulau di Jawa Timur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ragam Wisata di Sumenep

Terdapat beragam wisata yang ada di Kabupaten Sumenep, mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata religi, hingga kulinernya. Termasuk pulau-pulau kecil yang juga menyimpan pesona yang luar biasa. Dilansir dari kanal Regional Liputan6.com, berikut beberapa pulau di Sumenep, yang bisa kamu kunjungi:

Gili Iyang

Gili Iyang tekenal dengan kualitas oksigennya yang terbaik di Indonesia. Itulah salah satu alasan kenapa banyak sekali turis mancanegara tertarik untuk datang ke Gili Iyang. Pulau kecil di tengah belasan ribu pulau di kawasan nusantara itu didatangi banyak kalangan yang ingin menghirup kesegaran dan kebersihan oksigennya.

Terdapat tebing curam yang menghadap ke Laut Jawa, namanya Batu Cangga. Tempat ini berbentuk rongga mirip Lorong, kemudian secara alamiah disangga batu layaknya pilar dalam bangunan tumah.

Di pulau ini orang-orang biasanya melakukan swafoto untuk mengabadikan momen bahwa mereka sudah pernah mengunjungi Gili Iyang. Ada juga dua gua yang keberadaannya ikut menyumbang kualitas udara di sekitar tempat itu, namanya Gua Mahakarya dan Gua Celeng.

3 dari 4 halaman

Gili Labak

Daya tarik dari pulau Gili Labak terletak pada pesona hamparan pasir putihnya yang sangat luas. Bahkan, sebelum perahu sampai di pulau Gili Labak, pesona pasir putihnya sudah sangat terlihat jelas.

Di pulau ini kalian juga bisa menikmati pemandangan bawah lautnnya, dengan snorkeling, apalagi ombaknya terbilang sangat kecil .Untuk harga tiket masuk pulau Gili Labak, terbilang hanya untuk biaya transportasi perahu saja.

Pulau Gili Genting

Jangan heran jika Sumenep didominasi oleh objek wisata berupa pulau cantik yang menawan. Karena setidaknya terdapat 126 pulau-pulau kecil. Salah satu yang terkenal adalah Pulau Gili Genting. Gili Genting merupakan kecamatan yang memiliki pantai eksotis yang bernama Pantai Sembilan. Nama Pantai Sembilan merujuk kepada bentuk pasir pantainya seperti angka sembilan. Bentukan tersebut dari sebuah proses alamiah.

Pesona keindahan lainnya yaitu airnya yang masih bersih, menyajikan dua warna khas dari pantai yang indah, yaitu warna hijau tosca, dan biru. Itulah 3 pulau terpopuler yang ada di Sumenep. Ingat, Sumenep memiliki banyak pulau dengan pesonanya yang beragam dan berbeda di setiap pulaunya. Ini baru 3 terpopuler, bagaimana dengan keindahan pulau yang ada di Sumenep lainnya?

4 dari 4 halaman

Budaya dan Keindahan Sumenep

Sumenep juga termasuk daerah yang cukup banyak mendapat kunjungan turis asing atau wisatawan mancanegara (wisman). Total ada 116 turis mancanegara yang berkunjung. Mereka berasal dari AS, Australia dan beberapa negara di Eropa.

"Mereka mengaku kagum pada budaya dan keindahan Sumenep yang mendunia," jelas Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Sumenep Mohammad Iksan, Rabu, 1 Maret 2023, mengutip kanal Surabaya Liputan6.com.

Esmeralda, kata Ikhsan, salah satu turis mancanegara asal Detroit, USA, mengaku asyik belajar membatik. Ditemani Busakih, pembatik senior Sumenep, dia melukis kain putih yang dipegangnya dengan sangat hati-hati. Selain itu, beberapa turis asing juga belajar memahat keris yang biasa dibuat oleh perajin dari Desa Aeng Tong-tong.

"Mereka terlihat sangat senang dan tertarik membatik dan belajar membuat ukiran keris dari Desa Aeng Tong-tong. Para turis kagum dan sangat menikmati," ujarnya. Ikhsan menyebut, ratusan wisman tersebut juga berkunjung ke keraton Sumenep.

Mereka disambut dengan alunan suara Saronen, kesenian khas dari Madura. Mereka juga menikmati makanan khas dari Sumenep seperti talas, apem dan keripik singkong Saronggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.