Sukses

Starbucks Ajak Pelanggan Buat Kreasi Minuman Impian, Terima 11.000 Usulan Resep

Tahun lalu, kampanye Coffeemezation yang memperkenalkan personalisasi minuman Starbucks telah mendapat sambutan positif, khususnya dari pelanggan muda. Kini, Coffeemezation kembali hadir dengan konsep yang sedikit berbeda.

Liputan6.com, Jakarta - Starbucks Indonesia kembali meluncurkan program untuk mengajak pelanggannya mengkreasikan minuman impiannya lewat Coffeemezation. Tahun lalu, kampanye Coffeemezation yang memperkenalkan personalisasi minuman Starbucks disambut positif, khususnya oleh pelanggan muda. Kini, Coffeemezation kembali hadir dengan konsep yang sedikit berbeda. 

"Ini adalah tahun kedua Coffeemezation diadakan kembali di Indonesia dengan sedikit twist yang membuat kampanye semakin menarik dari tahun sebelumnya," kata Liryawati, Chief Marketing Officer untuk PT Sari Coffee Indonesia pemegang merek Starbucks di Indonesia pada peluncuran program Starbucks Coffeemezation 2023 di Starbucks Senayan Park, Selasa, 13 Juni 2023.

"Jika tahun lalu barista kami membuat secret recipe dan menjual secret recipe yang paling populer, tahun ini kita mengundang pelanggan untuk menuangkan ide-ide kreatifnya dalam mewujudkan minuman impian, dan barista Starbucks akan mewujudkannya menjadi kenyataan," tambahnya.

Dengan tema ‘Make Your Drinks Come True’, Starbucks Indonesia ingin mewujudkan keinginan rasa kopi yang kini semakin beragam dan luas. Dengan demikian, ingin merayakan rasa cinta terhadap kopi bersama-sama.

Kampanye dimulai dari 24 April 2023 dengan mengajak pelanggan membagikan ide-ide kreatifnya tentang minuman Starbucks impian mereka melalui situs web Starbucks Indonesia. Melampaui ekspektasi, Starbucks menerima 11.000 ide kreasi minuman Starbucks sampai akhir masa pendaftaran pada 14 Mei 2023.

Dari jumlah tersbut, tim telah memilih empat finalis dengan ide minuman yang sangat menarik. Keempatnya adalah Iced Salted Caramel Green Tea Latte dari Suci Rahmadhani, Sweet Brown Sugar & Vanilla Macchiato dari Fiqi Hermaarif, Iced Tiramisu Latte dari Rayi Cita, dan White & Dark Royal Cream Frappuccino dari Mirna Morina. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Proses Kurasi yang Ketat

Proses kurasi untuk akhirnya menentukan finalis berlangsung ketat. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi sampai akhirnya bisa terpilih. Wisnu Putro, Manager Category Beverage and Whole Bean Starbucks Indonesia mengatakan, "Di website, peserta harus membuat nama minumannya, ide dari minuman tersebut, dan cerita di baliknya. Ada beberapa ingredients yang bisa mereka pilih, yang harus relevan dengan ceritanya."

Keempat finalis yang terpilih mampu membuat cerita yang menarik dengan kombinasi bahan-bahan yang tepat. Suci Rahmadhani, pembuat Iced Salted Caramel Green Tea Latte memadukan bahan Matcha, Salted Caramel, karamel, dan susu. Ia memilih green tea karena terinspirasi dari drama Korea kesukaannya. Uniknya, ia ingin green tea-nya memiliki sedikit rasa gurih seperti cheese cake. Lantaran cheese cake tidak ada di pilihan, Suci menyiasatinya dengan memilih salted caramel.

Berbeda dengan Fiqi Hermaarief yang mengkreasikan Sweet Brown Sugar & Vanilla Macchiato. "Ide kreasiku terinspirasi dari parfum yang biasa aku pakai. Aku penasaran seperti apa minuman yang bisa match parfum aku yang basic-nya vanila," ujar Fiqi melalui sambungan panggilan video. Dengan bahan Brown Sugar, vanila, susu, dan kopi, rasa dan aroma vanila sangat mendominasi minuman ini.

3 dari 4 halaman

Harus Menghadirkan Cerita yang Menarik

Finalis berikutnya adalah Rayi Cita dari Bandung dengan kreasi Iced Tiramisu Latte berbahan Vanilla, Milk, dan Coffee. Ia mengaku bahwa Tiramisu merupakan desert favoritnya. Cita mengatakan, "Aku suka desert tapi gak suka yang terlalu manis. Karena aku suka Tiramisu cake, kenapa gak aku realisasiin aja jadi minuman?"

Benar saja, rasa minuman kreasi Cita tidak terlalu manis, dan juga foamy. Di atasnya, ditaburi choco powder dan turkish powder.

Sementara itu, Mirna Morina memilih membuat minuman non-kopi, yakni White & Dark Royal Cream Frappuccino. "Aku sebetulnya suka banget kopi tapi karena concern kesehatan, jadi nggak boleh banyak-banyak minum kopi. Aku pengen punya opsi minuman lain selain kopi di Starbucks," ungkapnya.

Ia kemudian membuat minuman manis dengan cokelat putih yang dicampur dengan choco chips. Menurutnya, ini bisa menjadi “mood booster” saat bekerja di kantor.

Liryawati mengatakan, "Craft sebagai salah satu brand pillar Starbucks sangat kami tekankan dalam kampanye ini karena bukan hanya kami ingin mengajak pelanggan untuk berpikir kreatif dan mewujudkan minuman impian mereka yang bisa dinikmati di seluruh gerai di Indonesia, tetapi juga menunjukkan keahlian para barista kami untuk menerjemahkan ide-ide para pelanggan tersebut."

4 dari 4 halaman

Hadiah bagi Para Pemenang

"Sesuai dengan tema tahun ini, ‘Make Your Drinks Come True’, Starbucks pun akan mewujudkan mimpi finalis dengan menampilkan empat minuman kreasi mereka untuk dapat dinikmati di seluruh gerai Starbucks di Indonesia mulai dari tanggal 12 Juni hingga 9 Juli 2023," jelas Astrid Tanggara, Senior General Manager, Portfolio Marketing & Communication untuk PT Sari Coffee Indonesia.

Di akhir periode, tepatnya 12 Juli 2023, finalis yang memiliki minuman dengan performa penjualan terbaik akan memenangkan hadiah menarik. Pemenang pertama mendapatkan satu unit Vespa, pemenang kedua mendapatkan iPhone, serta pemenang ketiga dan keempat mendapatkan logam mulia dan MAP Gift Voucher. 

Untuk menentukan pemenang, pelanggan Starbucks dapat melakukan voting dengan cara membeli salah satu dari minuman keempat finalis lalu membuat konten mengenai minuman Coffeemezation 2023 untuk menunjukan dukungannya melalui Instagram. Pelanggan juga harus tag akun Starbucks Indonesia dan menggunakan tagar Cofeemezation. Pelanggan yang melakukan voting berkesempatan mendapatkan hadiah dengan total jutaan rupiah. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.