Sukses

Raih Golden Buzzer di America’s Got Talent, Putri Ariani Ungkap Dulu Sering Dibuat Kalah Tiap Ikut Lomba Menyanyi

Sejak kecil Putri Ariani sudah kerap mengikuti lomba bernyanyi tetapi selalu sengaja dibuat kalah oleh para juri karena kondisinya yang tunanetra.

Liputan6.com, Jakarta - Penampilan Putri Ariani, penyanyi tunanetra asal Indonesia menggemparkan panggung America's Got Talent 2023 atau IGT 2023. Putri menyanyikan lagu ciptaannya sendiri dan sukses menyihir para juri AGT, termasuk Simon Cowell dengan suaranya yang memukau, pada Selasa, 6 Juni 2023.

Sosok Putri Ariani langsung menjadi perbincangan publik dengan kiprah gemilangnya. Ini bukan pertama kalinya Putri Ariani mengikuti lomba atau ajang pencarian bakat. Hal tersebut diunggah di kanal YouTube deHakim Story yang berjudul "PECAH TANGISAN USAI DENGAR LAGU CIPTAANNYA PUTRI ARIANI DAN KISAHNYA."

Dalam obrolan bersama Irfan Hakim itu terungkap kalalu ternyata dulu Putri Ariani sering sengaja dibuat kalah tiap kali mengikuti lomba menyanyi'. Sejak kecil Putri memang sudah kerap mengikuti lomba bernyanyi tetapi selalu sengaja dibuat kalah oleh para juri karena kondisinya yang tunanetra.

Hal itu disampaikan Irfan Hakim saat Putri Ariani dan sang Ibu bertandang ke rumahnya pada September 2022 lalu. "Mamanya cerita waktu kecil kalau lomba dia suaranya bagus tapi juri juri itu cari alasan supaya dia kalah dari 12 peserta dia jadi urutan 12 terus," ungkap Irfan Hakim.

Misalnya, para juri selalu berkomentar soal gaya berpakaian atau bajunya kurang mendukung hingga vokalnya sengaja disebut fals. Meski sempat merasa sedih, Putri tak mau berputus asa.

Ia mengasah lagi kemampuannya dan lebih memilih ajang atau kompetisi di televisi dan sudah dikenal luas. Ia pun tertarik mengikut ajang Indonesia’s Got Talent atau IGT hanya untuk membuat orang lain lebih menghargai dirinya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Putri Ariani Bertemu Irfan Hakim

"Akhirnya pas di TV ada Indonesia Got Talent Dia awalnya ikutan cuma sebatas supaya orang lebih menghargai dia," ujar Irfan Hakim. Tanpa disangka, Putri ternyata berhasil melangkah jauh dan memukau para juri IGT hingga keluar sebagai juara Indonesia Got Talent pada 2014 silam.

Kini setelah Putri tampil memukau di panggung America’s Got Talent 2023, Irfan ikut merasa bangga. Ia mengaku senang akhirnya Putri bisa mendapat golden buzzer dari Simon Cowell.

Irfan Hakim bercerita, beberapa waktu lalu, Putri pernah mengutarakan keinginannya untuk maju di ajang pencarian bakat AGT. Tanpa ada kabar lagi, tiba-tiba Putri pun muncul di panggung AGT dan memberikan kejutan.

"Selamat buat Putri Ariani luar biasa menggemparkan. Beberapa bulan yang lalu Putri bercerita mau ikut America's Got Talent katanya," ucap Irfan melalui unggahan di Instagram Story miliknya, Kamis, 8 Juni 2023. Irfan Hakim pun menyinggung bahwa Putri pernah menggarap proyek musik bersama putri sulungnya, Aisha Keem, dengan meluncurkan sebuah lagu berjudul Happiness.

 

3 dari 4 halaman

Ayah Putri Keluar dari Pekerjaan

Di balik keberhasilan Putri Ariani itu, terdapat perjuangan sang ayah yang luar biasa. Ayah Putri Ariani, Ismawan Kurnianto, sampai rela mengorbankan pekerjaannya agar bisa fokus mendukung putrinya. Hal ini disampaikan Ismawan pada 2014 lalu saat Putri mengikuti ajang Indonesia’s Got Talent.

Dalam tayangan video sebelum tampil, Putri Ariani mengucapkan terima kasih kepada ayahnya yang rela berhenti bekerja demi mendukungnya. Saat itu Putri juga berhasil memukau para juri, di antaranya Ari Lasso dan Anggun dan keluar sebagai juara pertama di season kedua ajang tersebut.

"Putri ingin ngucapin terima kasih sama papa, karena dukungan papa terhadap Putri besar sekali," ujar Putri dikutip dari kanal YouTube Indonesia's Got Talent. "Sampai-sampai papa berhenti kerja ya," kata Putri yang saat itu belum berusia 10 tahun.

"Saya mengambil keputusan untuk berhenti bekerja karena Putri Ariani lebih membutuhkan saya ada di sisinya," terang Ismawan mengungkapkan alasanya resign dari pekerjaannya. Sebagai orangtua, Ismawan senang saat melihat Putri Ariani saat itu tumbuh menjadi pribadi yang lebih percaya diri.

4 dari 4 halaman

Putri Dipuji Juri AGT

Setelah keluar dari pekerjaannya, Ismawan memilih untuk membuka usaha sendiri. Ayah Putri Ariani ini pun mendirikan usaha rumah makan Selera Melayu. Ismawan merupakan lulusan dari Universitas Islam Indonesia dengan jurusan Bachelor of Engineering atau sarjana teknik.

Di kompetisi ini, Ismawan Kurnianto hadir mendampingi sang putri, bahkan berkomunikasi langsung dengan Simon Cowell. Ismawan tampil di atas panggung setelah Putri bernyanyi dan memukau empat juri dan penonton America’s Got Talent (AGT) 2023. Empat juri AGT 2023, yaitu Simon Cowell, Heidi Klum, Howie Mandel, dan Sofia Vergara memberikan standing ovation dan memuji Putri.

Mengutip wawancara singkatnya di kanal Youtube America's Got Talent, Putri mengaku sejak kecil sudah bermimpi untuk ikut ajang pencarian bakat di Amerika Serikat tersebut. Ia juga sempat mencurahkan perasaannya sebagai penyanyi tunanetra.

"Tantangan terbesarku adalah orang-orang memandangku sebagai tunanetra, bukan sebagai musisi. Tapi ketika bernyanyi, aku merasa seperti bintang," celotehnya kepada host acara itu, Terry Crews, dikutip Rabu, 7 Juni 2023.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.