Sukses

Pangeran Harry Tolak Kado Ulang Tahun Pemberian Raja Charles III untuk Lilibet Diana

Putri Pangeran Harry dan Meghan Markle merayakan ulang tahun ke-2 putri mereka, Lilibet Diana, pada Minggu, 4 Juni 2023. Tak ada foto perayaan yang disebarkan hingga kini.

Liputan6.com, Jakarta - Pesta ulang tahun ke-2 Lilibet Diana dilaporkan berlangsung meriah. Namun, Pangeran Harry dan Meghan Markle punya ide berbeda tentang kado yang bisa diterima putri mereka. Karena itu, dilaporkan bahwa Harry telah menolak hadiah mewah yang diberikan Raja Charles III untuk Putri Lilibet.

Melansir Hindustan Times, Selasa (6/6/2023), menurut orang dalam, Charles telah meminta stafnya menyiapkan cubby house yang dibuat khusus, mengingatkan pada yang dimiliki Ratu Elizabeth dan Putri Margaret saat masih kecil. Ia ingin memberi Lilibet sesuatu yang istimewa, sesuatu yang akan diingat selamanya.

Namun, Pangeran Harry dilaporkan memperingatkan ayahnya untuk mengurangi pemborosan. Duke of Sussex menginginkan pemberian hadiah yang lebih sederhana. Sumber itu tidak mengungkap apa yang akhirnya dikirim Charles, membuat penggemar kerajaan penasaran dengan kejutan yang menunggu Lilibet.

Tinggal di Montecito, California, bersama orangtuanya dan kakak laki-lakinya Archie, Lilibet merayakan ulang tahun keduanya di Amerika Serikat (AS), Minggu, 4 Juni 2023. Peringatan Harry pada ayahnya tentang kado ulang tahun Lilibet diperkirakan disampaikan selama percakapan menjelang upacara penobatan Charles, yang kebetulan diadakan pada hari ulang tahun Archie, 6 Mei 2023.

Terkait pesta ulang tahun anak kedua Meghan Markle dan Pangeran Harry, pakar kerajaan dan jurnalis Jennie Bond mengatakan pada OK, dikutip dari Page Six, Senin, 5 Juni 2023, "Saya berharap bisa melihat sederet selebritas dan pesta santai yang diharapkan akan menyertakan beberapa balita lainnya." 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanpa Ucapan Publik dari Anggota Keluarga Kerajaan Inggris

Bond melanjutkan, "Alangkah baiknya memikirkan hari itu mungkin (dilengkapi) panggilan video ke kakek Lilibet, Raja Charles III, dan mudah-mudahan semacam hadiah telah diatur dan akan dikirimkan ke Montecito untuk ulang tahunnya."

Meski sudah jadi tradisi bagi anggota keluarga kerajaan Inggris untuk membagikan pesan ulang tahun secara online, para bangsawan senior tidak secara terbuka mengucapkan selamat ulang tahun pada Putri Lilibet Diana. Mengapa demikian?

Koresponden Royal Online HELLO Danielle Stacey menjelaskan, "Dalam beberapa tahun terakhir dan tentu saja sejak pemerintahan Raja Charles III dimulai pada September 2022, kami hanya melihat pesan publik dari akun media sosial keluarga kerajaan untuk bangsawan yang bekerja, seperti Pangeran dan Putri Wales serta anak-anak mereka, Duke dan Duchess of Edinburgh, juga Princess Royal."

"Duke dan Duchess of Sussex mengundurkan diri sebagai bangsawan senior pada 2020, dan tidak lagi menjalankan tugas kerajaan. Dengan demikian, istana biasanya tidak membagikan pesan tentang orang-orang seperti Putri Beatrice, ulang tahun Putri Eugenie dan Zara Tindall, atau acara khusus anak-anak mereka," sambungnya.

 

3 dari 4 halaman

Harry Terpaksa Pergi ke Inggris

Perayaan ulang tahun Putri Lilibet bertepatan dengan kepergian Pangeran Harry ke Inggris. Ia dijadwalkan menghadiri sidang kasus lanjutan tuntutan terhadap surat kabar Mirror Group pada Selasa (6/6/2023), waktu Inggris.

Kasus ini diajukan terhadap Surat Kabar Mirror Group (MGN) oleh Harry dan tokoh terkenal lain atas dugaan pengumpulan informasi yang melanggar hukum, termasuk peretasan telepon. Duke of Sussex adalah salah satu dari empat penggugat perwakilan yang kasusnya telah dipilih untuk diadili.

Ini bukan pertama kalinya Harry terpaksa absen dalam perayaan keluarganya dalam beberapa bulan terakhir. Pada 5 Mei 2023, ia terbang dengan pesawat komersial dari California ke London untuk mendukung ayahnya Raja Charles III pada penobatan bersejarahnya pada 6 Mei 2023.

Mengingat bahwa 6 Mei 2023 juga menandai ulang tahun keempat putranya Pangeran Archie, Harry segera keluar tidak lama setelah kebaktian selesai di Westminster Abbey. Sejak itu terungkap bahwa Harry naik penerbangan British Airways yang tiba di bandara LAX pukul 19.30 waktu setempat, memungkinkan ia pulang ke Montecito tepat waktu untuk menemui Archie di hari istimewanya.

4 dari 4 halaman

Penampilan Publik Terakhir

Lilibet Diana terakhir kali diperlihatkan ke publik saat ia merayakan ulang tahun pertama pada 4 Juni 2022, di Frogmore Cottage, Windsor, Inggris Raya. Foto pertamanya itu dirilis ke publik setelah ia disembunyikan oleh keluarganya sejak kelahirannya di California, Amerika Serikat. 

Pipi gembil dan rambut kemerahannya mengingatkan pada figur sang kakak, Archie Harrison. Seorang juru bicara keluarga mengatakan, pasangan Sussex "sangat tersentuh akan ucapan selamat ulang tahun untuk putri mereka, Lilibet Diana Mountbatten-Windsor."

Juru bicara itu juga mengatakan, saat itu, Harry dan Meghan berdonasi senilai lebih dari 100 ribu dolar AS untuk World Central Kitchen (WCK) atas nama putri mereka.

"WCK adalah yang pertama di garis depan, menyediakan makanan dalam menanggapi krisis kemanusiaan, iklim dan masyarakat. Mereka membangun sistem pangan yang tangguh dengan solusi yang dipimpin secara lokal. Baru-baru ini, mereka memberikan dukungan di Uvalde, Texas, dan Ukraina," sebut juru bicara, menambahkan bahwa organisasi tersebut memiliki tempat di hati mereka, dilansir CNN, 6 Juni 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.