Sukses

Respons BPOLBF soal Sulitnya Akomodasi di Labuan Bajo Saat KTT ASEAN 2023

ASEAN Summit atau KTT ASEAN 2023 akan terlaksana pada 9--10 Mei 2023 di di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Di tengah hiruk pikuk persiapan, sulitnya akomodasi di Labuan Bajo juga kian terasa menjelang perhelatan internasional tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - ASEAN Summit atau KTT ASEAN 2023 akan terlaksana pada 9--10 Mei 2023 di di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Di tengah hiruk pikuk persiapan, sulitnya akomodasi di Labuan Bajo juga kian terasa menjelang perhelatan internasional tersebut.

"Kebetulan pelaksanaan KTT ASEAN ini berada di awal musim peak season Labuan Bajo," kata Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina dalam "The Weekly Brief with Sandi Uno" yang digelar secara hybrid pada Selasa (2/5/2023).

Shana menambahkan, tingginya minat berkunjung di musim ramai wisata ini dipicu dengan banyak hotel yang telah terlanjur dipesan setahun sebelumnya oleh para wisatawan. hal tersebut menyebabkan jumlah ketersediaan akomodasi jadi cukup bersaing.

"Tapi kita melihatnya bahwa semua hotel yang ada, semuanya diperuntukkan untuk delegasi dan media asing terlebih dahulu sebagai tamu dari kegiatan," tambahnya.

Ia mengungkapkan bahwa tidak hanya kapal pinisi, tetapi KLM Sinabung dari Pelni dapat menampung hingga ratusan orang. KLM tersebut dikatakan Shana akan digunakan untuk panitia dan tim pengamanan.

"Sampai saat ini, masyarakat pun juga menyewakan tempat tinggalnya untuk bisa membantu menambah jumlah akomodasi mendukung kegiatan ASEAN Summit. Prinsipnya semuanya sangat senang dan siap untuk menyukseskan kegiatan ASEAN Summit," jelas Shana.

Selain itu, Shana juga menjelaskan beberapa persiapan kawasan di Labuan Bajo menjelang terlaksananya KTT ASEAN 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lokasi yang Telah Ditata

"Lokasi yang sudah dilakukan penataan tentu adalah wilayah waterfront, kemudian Jalan Soekarno Hatta atas dan Soekarno Hatta bawah yang juga memiliki selain pedestrian premium juga memiliki area view in deck di area Puncak Waringin," ungkap Shana.

Dikatakannya, lokasi lain yang telah ditata untuk menyambut beragam pihak yang terlibat di KTT ASEAN 2023 adalah Puncak Waringin hingga Batu Cermin yang telah dirapikan destinasinya. "Di Loh Buaya di Pulau Rinca yang sudah dikunjungi langsung oleh Bapak Presiden kemarin bersama keluarga dan di wilayah bandara telah diperbaiki semua," tambahnya.

Shana menyebut, "Disiapkan untuk menyambut tamu-tamu ASEAN Summit maupun wisatawan dan wisman yang datang ke Labuan Bajo. Selain itu juga, untuk semua aktivitas di pelabuhan akan dilakukan melalui Pelabuhan Labuan Bajo."

Di sisi lain, antusiasme jelang KTT ASEAN begitu terasa di Labuan Bajo. Shana menerangkan bahwa para pihak industri, pemerintah daerah, masyarakat, hingga komunitas di Labuan Bajo semua sangat antusias menyambut KTT ke-42 ASEAN ini.

3 dari 4 halaman

Pesta Rakyat Siap Semarakkan KTT ASEAN 2023

Dikutip dari siaran pers Kemenparekraf, Minggu, 30 April 2023, Direktur Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina mengatakan pesta rakyat tersebut terselenggara melalui kolaborasi antara Kemenparekraf dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat. Gelaran yang akan berlangsung di sela-sela KTT ASEAN 2023, yakni street carnival, Festival Goa Batu Cermin, SMEs Hub, serta lainnya.

"Pesta Rakyat ini terdiri dari bazar kuliner, pertunjukan musik dan budaya, serta fashion show. Kehadiran side event ini ditujukan untuk melibatkan masyarakat lokal secara aktif, salah satunya melalui dukungan ekosistem kreatif atau UMKM di Labuan Bajo," kata Shana.

Shana menyebut seluruh kegiatan melibatkan masyarakat lokal secara aktif sebagai upaya mengakomodir antusiasme masyarakat melalui dukungan ekosistem kreatif dan UMKM di Labuan Bajo. Ekosistem ini turut menggandeng sanggar-sanggar budaya lokal setempat, para seniman, hingga para pelajar sekolah.

Harapannya, keterlibatan masyarakat secara aktif akan berdampak ekonomi yang positif bagi masyarakat Labuan Bajo. "Pesta Rakyat ini akan melibatkan berbagai konten budaya lokal, seperti kegiatan bazar yang berisi berbagai produk parekraf lokal seperti kuliner, tenun, suvenir, produk-produk lokal unggulan seperti kopi dan gula rebok, serta produk kerajinan tangan lainnya," kata Shana.

4 dari 4 halaman

Program ASEAN Youth

"Selain itu, secara khusus street carnival akan melibatkan lebih luas lagi masyarakat mulai dari siswa-siswi sekolah hingga sanggar-sanggar budaya lokal, serta para seniman lokal melalui pertunjukan musik. Juga mengundang artis ibu kota untuk menghibur masyarakat dan delegasi," demikian tambah Shana.

Sementara, Pesta Rakyat juga menghadirkan program ASEAN Youth yang akan melibatkan 22 anggota delegasi dari negara-negara ASEAN. Para peserta akan live on board, dialog dengan ASEAN Leaders, dan diskusi dengan pemuda lokal untuk lebih membumikan urgensi ASEAN di kalangan pemuda.

Dikatakan Shana, program ini selaras dengan upaya yang dilakukan oleh BPOLBF dalam mengamplifikasi dan mengedukasi masyarakat Labuan Bajo tentang ASEAN. Promosi dan edukasi dilakukan sejak awal melalui berbagai bentuk publikasi di berbagai media massa baik lokal, nasional, maupun internasional dan diamplifikasi digital dengan mendiseminasikan informasi melalui berbagai akun media sosial berbagai Kementerian dan Lembaga, juga akun-akun media sosial lainnya.

"Selain itu promosi juga kami lakukan dengan pemasangan banner di pintu masuk bandara, pemasangan billboard di area Kota Labuan Bajo, back drop dan roll banner kantor-kantor pemerintah dan juga hotel. Kami juga menyediakan Tourist Information Center dan HelpDesk mulai dari bandara dan hotel delegasi untuk memudahkan informasi terkait wisata Labuan Bajo dan aktivitas yang berlangsung sepanjang ASEAN Summit 2023," kata Shana.

Rangkaian kegiatan akan digelar di sejumlah lokasi di sekitar Labuan Bajo. Street Carnival misalnya diadakan di Lapangan Waesambi, Festival Goa Batu Cermin di Goa Batu Cermin, dan SMEs Hub di Waterfront Kampung Ujung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini