Sukses

6 Rekomendasi Destinasi Wisata untuk Libur Lebaran Idul Fitri di Yogyakarta dan Sekitarnya

Libur lebaran idul fitri kali ini, destinasi wisata mana di Yogyakarta yang ingin dikunjungi bersama keluarga?

Liputan6.com, Jakarta - Tak terasa, libur lebaran kembali tiba dan tahun ini lebih semarak lantaran Covid-19 sudah mereda. Untuk Anda yang mudik kampung halaman di sekitar Yogyakarta, tentu sudah merencanakan waktu berlibur dengan keluarga.

Beberapa destinasi wisata lama masih ramai dikunjungi, namun terdapat pula lokasi wisata baru yang menarik. Sudah tahu akan menghabiskan waktu libur lebaran kali ini ke mana? simak rekomendasi destinasi wisata untuk libur lebaran idul fitri di Yogyakarta dan sekitarnya dirangkum Liputan6.com pada Jumat, 21 April 2023.

1. Wisata Alam Kalibiru 

Mengutip laman Sibakul Jogja, Wisata Alam Kalibiru terletak di Perbukitan Menoreh yakni di Desa Kalibiru, Sermo, Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Lokasinya berada pada ketinggian 450 meter di atas permukaan laut ini adalah Wisata Alam Hutan Kemasyarakan.

Terbilang strategis, wisata alam ini pun tak jauh dari Bandara Yogyakarta International Airport. Dari atas wisatawan bisa menyaksikan deretan Perbukitan Menoreh yang subur nan hijau.

Saat cuacanya sedang cerah, Anda juga bisa menyaksikan debur ombak pantai selatan dari kejauhan. Adapun di sisi timur, kamu bisa melihat dataran yang menghampar luas tak terbatas dan di bagian puncak terdapat sebuah prasasti batu.

Para pengunjung akan dimanjakan dengan sejumlah wahana bermain dan fasilitas yang menarik seperti Flaying Fox dan High Rope yang terkenal dan menara pandang. Wisata ini juga dilengkapi dengan penginapan yang harganya mulai dari Rp100.000 per malam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Pantai Ngandong

Selanjutnya destinasi wisata untuk libur lebaran yang direkomendasikan adalah Pantai Ngandong. Pantai Ngandong merupakan destinasi wisata pantai di Gunung Kidul yang masih jarang orang ketahui.

Alamnya yang bersih dan masih terjaga membuat Pantai Ngandong menawarkan sajian alam yang begitu memesona. Tetapi dengan keindahannya yang istimewa tidak membuat obyek wisata satu ini mahal untuk dikunjungi.

Harga tiket masuk pantai Ngandong hanyalah Rp10.000 per orang. Sehingga menikmati alam yang indah tak harus membayar mahal bukan?

Biaya tambahan yang harus dikeluarkan saat mengunjungi obyek wisata satu ini yaitu retribusi parkir Rp3.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil. Lokasi dari Pantai Ngandong sendiri berada di Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja berjarak sekitar 67 Km dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam dengan kendaraan.

3. Pantai Parangkritis

Meskipun bukan objek wisata baru, tapi Pantai Parangkritis tetap jadi destinasi favorit orang lokal maupun pendatang. Lokasi pantai sekitar 27 km dari pusat kota Yogyakarta dan bisa dicapai dengan transportasi umum yang beroperasi hingga pukul 17.00 maupun kendaraan pribadi.

Mengutip dari Yogyes, Pantai Parang Kritis terkenal karena memiliki pemandangan sunset yang romantis. Wisatawan bisa naik bendi sambil menyusuri pantai di sore hari sambil merajut kenangan manis. Di pinggir pantai terdapat persewaan ATV (All-terrain Vehicle), tarifnya Rp50.000--100.000 per setengah jam.

3 dari 4 halaman

4. Argowisata Bhumi Merapi

Daerah Kaliurang Yogyakarta berada di lereng Gunung Merapi dengan sajian keindahan alam yang mengagumkan, salah satunya Argowisata Bhumi Merapi.  lokasinya ada di Jl. Kaliurang KM. 20, Sawangan, Hargobingangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Dari pusat kota Jogja, jarak yang harus anda tempuh untuk mengunjungi Agrowisata Bhumi Merapi sekitar 22 km. Anda dan keluarga bisa berkunjung menggunakan kendaraan selama kurang lebih 40 menit. Tempat wisata ini buka dari jam 09.00-17.00 WIB dan buka setiap hari.

Tempat wisata yang dibuka pada 2015 memiliki pilihan wahana edukasi anak dan dewasa. Pengunjung bisa mencoba belajar budidaya peternakan hewan seperti kambing dan kelinci jenis lokal hingga import. Di dalamnya terdapat fasilitas restoran, camping ground, wisata jeep, musholla, toilet dan lainnya.

Untuk menikmati sajian alam di tempat ini anda cukup membayar biaya retribusi tiket masuk Rp30.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk semua wahana permainan, spot foto serta fasilitas wisata lainnya yang ada di Agrowisata Bhumi Merapi. 

4 dari 4 halaman

5. Tebing Breksi

Tebing Breksi dulunya adalah tempat menambang batuan kapur. Lokasi wisata Tebing Breksi berlokasi di Sambirejo, Prambanan, kini begitu ramai didatangi pengunjung segala umur.

Peneliti gabungan dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) sempat meninjau Tebing Breksi dan menemukan jenis batuan tufan yang langka. Inilah awal mula Tebing Breksi ditetapkan sebagai salah satu Geoheritage Yogyakarta yang dilarang untuk ditambang lagi.

Lokasi wisata unik ini mulanya terbentuk dari berkubik-kubik abu yang dilontarkan Gunung Api Nglanggeran dalam erupsinya berpuluh-puluh juta tahun lalu. Tebing Breksi yang resmi dibuka tanggal 30 Mei 2015 dengan penandatanganan prasasti oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X, telah mendapatkan penghargaan sebagai Tempat Wisata Baru Terpopuler 2017. 

6. Waduk Sermo

Wduk Sermo awalnya dibangun untuk irigasi kebutuhan masyarakat setempat, tapi belakangan juga menjadi lokasi wisata. Bendungan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

Keberadaan bendungan dan sekitarnya juga menyediakan tempat untuk memancing, hiking, camping dan juga bersepeda. Mengutip dari laman resmi Kabupaten Kulon Progo, olahraga air sangat populer di Sermo, terutama karena tempat latihan dayung. Kondisi alam daerah Sermo juga merupakan situs favorit bagi pecinta off road. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.