Sukses

Nasi Padang Puncaki Daftar Makanan Terbaik se-Asia Tenggara Versi TasteAtlas

Setidaknya ada tiga sajian Tanah Air yang masuk daftar makanan terbaik se-Asia Tenggara versi TasteAtlas. Nasi padang mantap menduduki posisi puncak "10 Best Rated Southeast Asian Food and Beverages" yang dirilis oleh TasteAtlas.

Liputan6.com, Jakarta - Sulit rasanya untuk menampik nikmatnya kekayaan gastronomi Indonesia. Tak sedikit makanan khas Nusantara telah mendunia dan berhasil menembus daftar makanan terbaik, termasuk sajian nasi padang.

Setidaknya ada tiga sajian Tanah Air yang masuk daftar makanan terbaik se-Asia Tenggara versi TasteAtlas. Nasi padang mantap menduduki posisi puncak "10 Best Rated Southeast Asian Food and Beverages" yang dirilis oleh TasteAtlas.

Makanan yang berasal dari Padang, Sumatera Barat ini mendapat bintang 4,9. TasteAtlas menulis bahwa nasi padang dinamai sesuai tempat asalnya dan merupakan kombinasi nasi Indonesia dengan beragam masakan tradisonal Padang.

Laman ini menulis bahwa nasi padang dapat disajikan ketika pramusaji biasanya membawakan nasi dan banyak hidangan. Sajian ini juga dapat sebagai pesanan, ketika pelanggan disajikan nasi di atas piring dan kemudian memilih hidangan yang mana yang mereka ingin pilih.

"Sementara pilihan pertama biasanya ditemukan di restoran duduk, kemudian tipikal untuk berbagai warung pinggir jalan. Daftar lengkap hidangan yang menyertai nasi di nasi Padang termasuk kari gulai, rendang daging sapi, dan berbagai hidangan rebus, goreng, atau bakar, serta makanan ringan yang menggunakan sayuran, makanan laut, atau daging, dan biasanya dicirikan oleh penggunaan bumbu yang banyak, terutama cabai segar," lanjut laman tersebut.

Menariknya, tak hanya nasi padang yang masuk daftar pada pemeringkatan oleh TasteAtlas kali ini. Masih ada dua sajian lain yang juga berada di posisi 10 besar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menyusul Siomai dan Pempek

Siomai meraih posisi ke-5 dengan bintang 4,7. "Siomay adalah masakan Indonesia yang terdiri dari pangsit ikan kukus berbentuk kerucut, telur, kentang, kol, tahu, dan pare. Setelah dikukus, semua bahan disusun di atas piring, dipotong kecil-kecil, dan disiram saus kacang pedas," bunyi keterangan itu.

TasteAtlas juga menulis bahwa sentuhan akhir pada hidangan ini adalah tambahan kecap manis, saus cabai, dan perasan jeruk nipis. "Di Indonesia, siomay merupakan makanan sehari-hari yang sangat digandrungi oleh kalangan pelajar," bunyi keterangan itu.

"Ini adalah makanan pokok yang umum di pusat jajanan (food court outdoor tradisional Indonesia)," tutup keterangan soal siomai.

Terakhir, ada pempek di posisi ke-10 dengan bintang 4,7. Pempek adalah kue ikan tradisional Indonesia yang terbuat dari daging ikan giling dan tapioka.

TasteAtlas juga menyertakan keterangan terkait dengan asal usul dari kemunculan pempek. "Kisah asal usul pempek mengatakan bahwa seorang warga Palembang tua sudah bosan dengan ikan goreng atau bakar tradisional," bunyi keterangan itu.

3 dari 4 halaman

Pempek Juga Masuk Daftar Seafood Terenak Dunia

"Jadi dia memikirkan cara inovatif untuk menggiling daging, mencampurnya dengan tepung tapioka, lalu digoreng untuk mendapatkan camilan yang renyah dan enak," bunyi keterangan itu.

Ia kemudian biasa berkeliling kota menjual pempek ke warga Palembang. Seiring waktu, pempek dikenal sebagai makanan ringan yang patut dipuji, dan saat ini dianggap sebagai makanan tradisional Indonesia yang lezat.

"Kue ikan berbentuk bulat atau persegi panjang ini biasanya dikukus, dan sebelum disajikan digoreng dengan minyak sayur dan dipotong kecil-kecil," tutup keterangan tersebut.

Sebelumnya, pempek berhasil masuk daftar seafood terenak di dunia versi TasteAtlas. Makanan khas Palembang tersebut berada di posisi kelima dalam "10 Best Rated Seafood Dishes in the World" yang diperbarui pada pertengahan Februari 2023 lalu.

Dikutip dari TasteAtlas, Senin, 13 Maret 2023, pempek mendapatkan 4,7 dari 5 bintang untuk kemenangannya. Bukan hanya penjelasan terkait pempek, laman tersebut juga menyertakan bahan-bahan utama dari pembuatan pempek, yakni mackerel, tapioka, garam, dan merica putih.

Irisan ketimun, mi, atau nasi adalah pendamping khas dari pempek. Saus asam manis tradisional (cuko) biasanya disajikan sebagai pendamping sehingga pelanggan dapat menyesuaikan rasa dengan selera mereka.

TasteAtlas juga menyertakan lokasi terbaik untuk menyantap pempek. Lima lokasi teratas tersebar berada di Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Palembang, dan Bandar Lampung.

4 dari 4 halaman

Daftar Makanan dan Minuman Terbaik se-Asia Tenggara Versi TasteAtlas

1. Nasi Padang - Indonesia

Dinamai sesuai tempat asalnya, nasi padang adalah kombinasi nasi Indonesia dan berbagai macam masakan tradisional Padang. Sajian ini dapat disajikan ketika pramusaji biasanya membawakan nasi dan banyak hidangan atau sebagai pesanan, pelanggan disajikan nasi di atas piring dan kemudian memilih hidangan yang mana yang mereka inginkan.

2. Phanaeng Curry - Thailand

Phanaeng Curry adalah salah satu jenis kari Thailand yang ditandai dengan teksturnya yang kental dan rasa kacang yang asin-manis. Ini terdiri dari daging yang direbus dengan cabai kering, daun jeruk purut, santan, ketumbar, jinten, bawang putih, serai, bawang merah, dan kacang tanah.

3. Roti Canai - Malaysia

Roti canai adalah roti pipih goreng tradisional yang terbuat dari tepung, air, telur, dan lemak asal India, juga dikonsumsi di Malaysia, Singapura, Indonesia, Brunei, dan Thailand. Adonan untuk roti canai dilipat berulang kali, sehingga produk akhir memiliki tekstur yang berlapis, bagian dalam yang lembut, dan lapisan luar yang renyah.

4. Bánh mì - Vietnam

Bánh mì (diucapkan 'bun mee') adalah variasi sandwich populer Vietnam yang memiliki bahan inti yang sama, baguette. Sementara, baguette dibawa ke Vietnam selama masa kolonial, dan saat ini baguette adalah salah satu dari sedikit warisan bahagia dari masa itu.

5. Siomay - Indonesia

Siomai adalah masakan Indonesia yang terdiri dari pangsit ikan kukus berbentuk kerucut, telur, kentang, kol, tahu, dan pare. Setelah dikukus, semua bahan disusun di atas piring, dipotong kecil-kecil, dan disiram saus kacang pedas.

6. Thai Iced Tea - Thailand

Es teh asli Thailand adalah kombinasi dari teh hitam pekat, susu kental atau evaporasi, gula, dan rempah-rempah yang disajikan di atas es serut.

7. Khao soi - Thailand

Sebuah hidangan khas Thailand Utara, khao soi adalah sup kelapa yang lezat dengan banyak pengaruh daerah digabungkan untuk menciptakan hidangan yang benar-benar spektakuler. Kuahnya adalah kaldu yang sedikit pedas yang memadukan santan dan pasta kari merah.

8. Bò kho - Vietnam

Bò kho adalah semur daging sapi Vietnam populer yang dapat dikonsumsi sendiri atau ditemani dengan baguette.

9. Nước chấm - Vietnam

Dalam bentuk dasarnya, saus Vietnam yang ada di mana-mana ini disiapkan dengan bahan dasar asam dari air jeruk nipis, atau opsional cuka, gula, air, dan saus ikan. Penambahan umum termasuk cabai iris halus, bawang putih, bawang merah, daun bawang, jahe, atau bumbu segar.

10. Pempek - Indonesia

Pempek adalah kue ikan tradisional Indonesia yang terbuat dari daging ikan giling dan tapioka. Asal usul masakan ini sebenarnya adalah kota Palembang yang terletak di provinsi Sumatera Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini