Sukses

6 Rekomendasi Destinasi Wisata untuk Libur Lebaran di Surabaya dan Sekitarnya

Libur lebaran tiba, saat itulah waktu yang tepat untuk rekreasi bersama keluarga di berbagai tempat menarik di Indonesia salah satunya di Kota Surabaya.

Liputan6.com, Jakarta - Libur lebaran segera tiba, saat itulah waktu yang tepat untuk rekreasi bersama keluarga di berbagai tempat menarik di Indonesia. Bagi warga yang mudik atau pulang kampung di sekitaran Jawa Timur dan dekat Surabaya tentu sekalian ingin menyambangi banyak tempat wisata.

Apalagi setelah pandemi Covid-19 sudah mereda, libur lebaran 2023 akan menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu karena sudah tidak ada lagi pembatasan mobilitas. Diperkirakan akan terjadi 123,8 juta pergerakan manusia pada saat musim mudik lebaran 2023 nanti.

Berbagai persiapan jelang mudik seperti membeli tiket jauh jauh hari, mengemas barang bawaan, serta mengurutkan destinasi wisata mana saja yang mungkin akan dikunjungi. Berikut adalah rekomendasi destinasi wisata untuk libur lebaran 2023 di Surabaya dan sekitarnya yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber pada Jumat (14/4/2023). 

1. Kenjeran Park

Surabaya tak hanya memiliki Jembatan Suramadu yang menghubungkan antara pulau Jawa dan Madura dengan panorama indah saat malam hari saja. Sebagai kota metropolitan terbesar ke-2 di Indonesia, tentu fasilitas taman bermain maupun tempat wisata di Surabaya sangat memadai.

Salah satunya Kenjeran Park yang jadi destinasi pilihan saat berlibur ke kota pahlawan. Nah, kawasan taman bermain yang sedang diperbincangkan banyak orang saat ini telah diubah total oleh pemerintah setempat. Fasilitas di dalamnya termasuk waterboom, berbagai bangunan unik dan pantai ria yang cocok untuk keluarga.

Lokasi Kenjeran Park ada di Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya, Jawa Timur. Jika menggunakan transportasi pribadi atau mobil sewaan, maka arahkan kendaraan menuju Jembatan Suramadu. Di sepanjang jalur terdapat ada papan petunjuk arah yang memandu menuju Kenjeran Park.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Ekowisata Mangrove Wonorejo

Mengutip dari laman resmi Pemkot Surabaya, Jumat (14/4/2023), Hutan Wisata Mangrove Surabaya adalah destinasi wisata yang menggabungkan wisata rekreasi dan edukasi. Area dengan luas kurang lebih 200 hektare ini ditanami berbagai jenis tanaman bakau.

Berlokasi di Jl. Raya Wonorejo No.1, Wonorejo, Kec. Rungkut, Kota Surabaya, tempat wisata alam ini dikelola dengan baik oleh pemerintah Kota Surabaya. Wonorejo Ekowisata Mangrove sendiri memiliki daya tarik dari alamnya yang masih asri terjaga.

Mulanya kawasan konservasi alam ini dibuat untuk mencegah abrasi di wilayah Timur Kota Surabaya. Pengelolaan yang baik membuat pemerintah Kota Surabaya membuka lokasi ini untuk umum. Untuk tiket masuk dewasa dikenakan tarif Rp25.000, sementara anak-anak Rp.15.000 dengan gratis biaya sewa kapal. 

3. Pantai Kenjeran

Jika ingin merasakan suasana pantai di Surabaya, maka Pantai Kenjeran adalah jawabannya. Dengan banyak latar foto yang akan menarik, terutama saat matahari terbenam panoramanya sangatlah cantik. Pantai kenjeran berlokasi di Jalan Sukolilo No 100 Sukolilo Baru, Bulak, Surabaya. 

Untuk lokasinya sendiri bisa dikatakan sangat mudah sekali dijangkau baik memakai kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Biaya tiket untuk memasuki Pantai Kenjeran sekitar Rp15.000-Rp25.000 per orang dengan tambahan biaya parkir per kendaraan. Sementara jam operasional pantai kenjeran mulai dari pukul 8 pagi sampai 5 sore.

 

3 dari 4 halaman

4. Masjid Muhammad Cheng Hoo

Libur lebaran kali ini tak ada salahnya mengunjungi tempat wisata religi seperti Masjid Muhammad Cheng Hoo. Masjid unik merah cerah dengan atap berjenjang, ini begitu terkenal karena arsitektur unik dan terinspirasi dari China.

Masjid ini berlokasi di Jl. Raya Kasri No.18, Petung Sari, Petungasri, Kec. Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur. Masjid ini merupakan salah satu dari tiga masjid besar di Indonesia yang mengabadikan nama besar Laksamana Cheng Ho sebagai nama tempat ibadah.

Sejarah Masjid Cheng Hoo Pasuruan, seperti halnya juga Masjid Cheng Hoo yang ada di Surabaya dan Palembang adalah inisiasi komunitas Muslim Tiongkok yang sudah sekian lama bermukim di Indonesia. Mereka lalu mendirikan masjid ini bermaksud untuk mengenang Laksamana Cheng Hoo untuk menyebarkan agama Islam di Indonesia.

Peletakan batu pertama masjid ini dilakukan oleh almarhum KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) pada 30 Mei 2004. Letak masjid ini strategis, berada di tepi jalan raya utama pada pertigaan arah menuju Pasuruan, Malang dan Surabaya. Letaknya sekitar 300 meter dari terminal Pandaan, kawasan sekitar masjid ini juga dilengkapi dengan deretan toko yang menjual makanan hingga suvenir.

5. Hutan Bambu Keputih Surabaya

Kebun Bambu Surabaya juga dikenal sebagai Kebun Bambu Keputih, karena lokasinya berada di Keputih. Kebun Bambu Keputih mengingatkan pada Sagano Bamboo Forest yang ada di Jepang.

Hutan ini berada di area 40 hektare yang dibagi menjadi Hutan Bambu, Taman Harmoni, dan Taman Ruang Publik. Kebun Bambu Keputih jadi pilihan tepat untuk menenangkan pikiran di tengah Kota Surabaya yang padat dan cocok untuk destinasi libur lebaran. Sejak dibuka untuk umum, Hutan Bambu Keputih juga menarik perhatian wisatawan.

4 dari 4 halaman

6. Quay North Surabaya

Surabaya North Quay adalah sebuah kawasan wisata baru yang berlokasi di lantai dua dan tiga gedung megah Terminal Gapura Surya Nusantara. Di destinasi wisata baru tersebut, pengunjung tidak hanya dapat menikmati pemandangan indah, tapi juga mewah dengan bersandarnya kapal pesiar internasional.

Surabaya North Quay berada di terminal penumpang kapal laut modern, Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak. Berada di lantai 3 area pelabuhan Pelindo 3, Surabaya North Quay (SNQ) beroperasi sejak tahun 2016.

SNQ menyuguhkan wisata bertema maritim. Keindahan sunset juga bisa dinikmati dari sini dengan suguhan menarik pemandangan Selat Madura, Jembatan Suramadu, serta aktivitas lalu-lalang kapal di pelabuhan Tanjung Perak. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa berwisata kuliner, membeli oleh-oleh serta menikmati sunset di fasilitas Teras Tepi Laut dengan membayar Rp 50.000 untuk ditukar dengan voucer makanan atau minuman.

Berbagai destinasi wisata lain di sekitar North Quay juga berdekatan, seperti Pelabuhan Rakyat Kalimas yang berada sekitar kurang dari 1 km dan Monumen Jalesveva Jayamahe. Ada pula Masjid Agung Sunan Ampel yang terletak sekitar 4 km dari lokasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.