Sukses

Wulan Guritno Nantikan Momen Lebaran Tanpa ART, Ingin Sesekali Jadi Ibu Rumah Tangga

Kebanyakan orang akan merasa kewalahan menangani sendiri pekerjaan rumah tangga, tapi Wulan Guritno justru menantikan momen ditinggal ART pulang kampung.

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan ibu di rumah akan merasa kewalahan menangani pekerjaan rumah tangga sendirian tanpa bantuan Asisten Rumah Tangga (ART). Namun, Wulan Guritno justru menantikan momen ditinggal ART pulang kampung. Ia ingin sesekali merasakan jadi ibu rumah tangga yang momen itu hanya setahun sekali saat lebaran.

"Aku punya karier, aku pekerja, tapi aku seorang ibu. Momen momen seperti lebaran itu kan pada saat tidak ada pembantu, itu buat aku ngerjain semua sendiri, termasuk mengurus anak," ungkap Wulan saat peluncuran produk terbaru Nilfisk, di Living World Alam Sutera, Tangerang, pada Selasa, 11 April 2023.

Ibu tiga orang anak ini mengungkapkan menjadi ibu rumah tangga adalah pekerjaan 24 jam sehari yang menurutnya bahkan lebih mudah syuting dan bekerja di luar rumah. Karena itu, ia salut dengan perempuan yang memilih 100 persen mengurus rumah tangga.

Ia pun harus mencuci baju dan membersihkan rumah sendiri saat tak ada ART di rumah. "Sebenernya itu justru momen yang aku tunggu-tunggu setahun sekali menjadi seorang perempuan yang lain. Biasanya kan di lapangan syuting, kerja di kantor, nggak masalah setahun sekali merasakan membersihkan rumah sendiri," papar wanita berusia 41 tahun ini. 

Wulan mengaku cukup perfeksionis saat mengurus rumah, meskipun dibantu ART. "Kalau mba yang kerja di tempat aku lagi terlena, aku suka sidak keliling rumah ngecek-ngecekin," sambung Wulan sambil memberi tahu sang ART apa yang diinginkan agar rumahnya selalu bersih. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kiat Membersihkan Rumah ala Wulan Guritno

Selain merasa harus menikmati perannya sebagai perempuan yang mengurus rumah tangga saat ditinggal ART, Wulan Guritno memiliki kiat tersendiri agar tugas rumahnya tidak menjadi berat. Salah satunya ia menggunakan alat pembersih rumah yang praktis yaitu menggunakan vacum cleaner atau penyedot debu.

Apalagi kini teknologi penyedot debu juga semakin canggih, tidak lagi berat untuk digunakan sehari-hari. Saat tidak ada ART, bagian sofa dan sudut-sudut rumah juga bisa terjangkau dengan penyedot debu tersebut. "Kita bisa bikin hidup simpel, tergantung dari pilihan kita. Kalau kita salah pilih alat ya nggak simpel," cetus Wulan lagi.

Untuk itu, Nilfisk menghadirkan Nilfisk Vacuum Dry Home Use EASY 2 IN 1 untuk membantu membersihkan rumah secara praktis. Menurut Wulan, alat tersebut bisa memudahkannya dan para ibu lain untuk selalu menjaga kebersihan rumah di tengah aktivitas dan rutinitasnya sehari-hari. 

Sebagai alat penghisap debu nirkabel, vacuum cleaner itu didukung teknologi merek spesialis kebersihan dari Denmark yang mempermudah kegiatan bersih-bersih. Alat ini diklaim mampu menghisap debu kering yang menempel pada lantai, karpet, sofa, maupun kursi dengan lebih praktis dan cepat. 

3 dari 4 halaman

Alat Canggih yang Bisa Membersihkan Seluruh Rumah

Bagi Wulan, alat tersebut sesuai dengan ekspektasinya dalam membeli peralatan bersih-bersih, karena faktor multifungsi. Alat juga harus mudah digunakan karena tak hanya dirinya, anak-anaknya yang sudah cukup besar sudah bisa diajak membantu bersih-bersih.

Wulan melibatkan ketiga anaknya Shalom Razade, Jeremiah Alric Dimitri, dan Shaloom Syach Razadee untuk ikut bersih-bersih. "Aku ngajarin anak-anakku bersihin piring, rak dan kamar sendiri," sambung Wulan.  

Selain penggunaan untuk lantai, Nilfisk Vacuum Dry Home Use EASY 2 IN 1 juga hadir dengan pilihan fungsi Quick, yang dapat digunakan untuk membersihkan jendela, gorden, meja, dan permukaan lainnya dari segala kotoran. Terdapat pula tombol yang memudahkan alih fungsi dari vakum biasa menjadi alat vakum genggam (handheld) sehingga pengguna bisa menjangkau semua area.

Arifudin, Product Group Manager PT Kawan Lama Sejahtera menjelaskan kemudahan yang dimiliki Nilfisk, "Dirancang tanpa kabel, alat ini juga mudah dibawa kemanapun dan membuat proses pembersihan lebih maksimal, sehingga bisa memberikan kenyamanan secara total." 

4 dari 4 halaman

Vacuum Cleaner Nirkabel

Arifudin menerangkan fitur lainnya, yakni baterai berkapasitas 1950 mAh sehingga tahan hingga 80 menit. Tak hanya itu, alat itu juga dilengkapi dengan lampu LED, desain ramping dan ringan sehingga memudahkan penyimpanan, serta memiliki pegangan ergonomis.

Menurut Afirudin, Nilfisk juga menyediakan kemudahan layanan servis, biaya perawatan yang terjangkau, juga garansi selama 2 tahun untuk spare part dan jasa servis. "Alat ini telah tersedia di 70 store ACE pilihan di Indonesia, juga dapat diperoleh secara online di ruparupa," tambah dia.

Jika membersihkan rumah sendiri di musim mudik Lebaran terasa merepotkan, ada alternatif lain yang bisa digunakan. Salah satunya adalah dengan menyewa ART infal atau pengganti sementara yang sering jadi solusi bagi keluarga untuk membantu mengurus rumah mulai dari bersih-bersih, baby sitter atau pengasuh, hingga mengurus lansia. Meskipun demikian, tarif ART infal tidak murah.

Salah satu jasa penyalur tenaga kerja adalah LPK Cinta Keluarga. Mereka menyediakan dua pilihan, dibayar harian atau bulanan. Jika paket harian, tenaga infal akan bekerja selama seminggu sampai dua minggu dan dibayar sejumlah hari kerja. Namun untuk paket bulanan, tenaga infal akan bekerja selama satu bulan dan dibayar dengan biaya lebih ringan dibandingkan paket harian.

Menurut Anik, salah seorang staf LPK Cinta Keluarga pada Liputan6.com, 6 April 2023, Anda harus menyediakan biaya administrasi minimal Rp1 juta untuk mendapatkan jasa tenaga kerja infal. "Unuk gaji ART mulai dari Rp175 ribu sampai Rp200 ribu, dan gaji suster dari Rp250 ribu sampai Rp350 ribu per hari. Untuk pemesanannya bisa melalui telepon saja," terang Anik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini