Sukses

Rahasiakan Identitas Sebagai Anak Pejabat, Anak Mahfud MD Pernah Dikira Orang Tak Mampu

Liputan6.com, Jakarta - Nama Mahfud Md dikenal sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Indonesia (Menkopolhukam).Meski menjadi pejabat, Mahfud Md mengungkapkan jika dirinya melarang anak-anaknya untuk mengungkap identitas sesungguhnya. Hal itu ternyata sempat membuat anak kedua Mahfud dikira orang tak mampu.

Melalui unggahan kanal Youtube Alvin & Friends dan laman merdeka.com, Kamis, 30 Maet 2023, Mahfud menceritakan sewaktu anaknya masih berkuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Mahfud mengatakan jika kala itu, para dosen sama sekali tidak mengetahui jika Vina Amalia adalah anaknya. "Bahkan saat anak saya yang nomor dua kuliah di Fakultas Kedokteran Unair itu, sampai anak saya itu wisuda, hampir semua dosennya enggak tahu kalau dia anak saya," ungkap pemiik nama lengkap Mohammad Mahfud itu.

Mahfud mengaku dirinya melarang anak-anaknya mengungkap identitas sesungguhnya sebagai anak pejabat. Terlebih kala itu Mahfud masih menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia.

Mahfud menceritakan kala itu ada seorang dosen yang memberikan susu pada Vina, anaknya. Hal itu terjadi karena dosen tersebut menganggap Vina seperti kekurangan susu. "Bahkan ada dosennya, kalau ada anak saya lewat diberi susu. Ini kamu kekurangan susu, dikasih," ujar Mahfud menirukan dosen tersebut.

Usai mengetahui anaknya diberi susu oleh salah seorang dosen, Mahfud kemudian mengundang dosen tersebut untuk makan bersama sebagai tanda terima kasihnya. Saat Mahfud mengatakan bahwa Vina adalah anaknya, dosen tersebut sangat terkejut. Semula ia menganggap Vina adalah orang tak mampu.

 

2 dari 4 halaman

Dosen Anak Mahfud

"Lho saya kira dia (Vina) anaknya orang enggak punya," ujar Mahfud menirukan ucapan dosen tersebut. Mahfud mengungkapkan jika dosen tersebut langsung meminta maaf berkali-kali.

Mahfud tampak tertawa saat menceritakan kejadian kala itu. "Minta maaf minta maaf gitu," ujar Mahfud sambil tertawa. 

Nama Mahfud Md sedang jadi perhatian publik saat hadir dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) soal LHA PPATK atas permasalahan di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada Rabu, 29 Maret 2023. Meski menjabat sebagai Menkopolhukam, Mahfud datang sebagau Ketua Komite Koordinasi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan TPPU.

Mahfud menyebut DPR RI kerap mengeroyok dirinya saat melakukan rapat tersebut. Mahfud mengaku, apa yang dialaminya ini sudah terjadi dalam rapat terkait pembunuhan berencana Ferdy Sambo Cs terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat.

Kini bukan hanya nama Mahfud yang jadi pembicaraan. Nama ketiga anaknya ikut ramai dibahas warganet. Mereka sepertinya penasaran dengan sosok anak-anak mantan Hakim MK (Mahkamah Konstitusi) itu, salah satunya Royhan Akbar.

 

3 dari 4 halaman

KIprah Ketiga Anak Mahfud

Maklum saja, selama ini rasanya tak banyak yang tahu kiprah ketiga anak Mahfud Md. Padabal ketiganya termasuk Royhan punya prestasi yang membanggakan. Hal itu ternyata memang disengaja oleh Mahfud.

Ia memang menginginkan anak-anaknya berusaha sendiri mencapai kesuksesan tanpa mendompleng nama besar sang ayah. Dan kini didikan tersebut pun terbukti berhasil. Ketiganya tak pernah terdengar mendompleng nama besar ayahnya.

Ketiga anak Mahfud tak pernah terdengar mendompleng nama besar ayahnya. Mahfud yang menikah dengan Zaizatun Nihayati, SH yang merupakan teman kuliahnya di UII Yogyakarta, dikaruniai tiga orang anak yaitu Mohammad Ikhwan Zain, Vina Amalia, dan Royhan Akbar.

Ikhwan dan Vina menjadi dokter dan Royhan adalah sarjana hukum. Bisa dibilang hanya Royhan yang mengikuti jejak ayahnya berkiprah di bidang hukum. Ia merupakan lulusan dari Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada (UGM).

Royhan kemudian meneruskan pendidikannya di sebuah kampus ternama di Amerika Serikat (AS), Columbia University untuk mengambil program Master bidang Bisnis Internasional di Jurusan Hukum, Universitas Columbia, New York, AS.

 

4 dari 4 halaman

Putra Mahfud Kuliah di New York

Ada momen menarik saat Royhan lulus kuliah pada 2018 lalu. Dalam sebuah momen yang langka, ia terlihat berfoto bersama putra bungsunya itu. Kabar bahagia itu diunggah Mahfud melalui akun Twitter pribadinya, @mohmahfudmd."Bersyukur Alhamdulillah...bisa ikut hadir dalam wisada anak bungsu saya, Royhan Akbar. Semoga bisa ikut berjuang dalam dunia penegakkan hukum," tulis Mahfud.

Saat membalas cuitan seorang pengikutnya, Mahfud menceritakan perjuangan Royhan menempuh pendidikan di universitas ternama itu. Mahfud menyebut Royhan sosok siswa yang rajin.

:Selama setahun di Columbia University, anak saya belajar siang malam karena ahrus selalu siap ditanya dan presentasi. Kalau tidak bisa menjawab atau gagal presentasi, katanya, bisa malu kepada anak-anak dari negara lain," kata Mahfud.

Mahfud juga sempat menerangkan arti nama putranya. Nama Royhan artinya kegembiraan atau keberhasilan. Jadilah nama Royhan Akbar yaitu kegembiraan yang besar atau akbar. Saat ini Royhan menjadi dosen di almamaternya, di Fakultas Hukum UGM, Yogyakarta.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.