Sukses

Istrinya Pernah Makan di Resto Mewah Salt Bae Turki, Sekda Riau Bakal Dipanggil Kemendagri

Sebelumnya Selda Riau SF Hariyanto mengaku bahwa sang istri ke restoran Salt Bae hanya untuk berfoto, bukan makan steak, yang harganya dikenal sangat mahal.

Liputan6.com, Jakarta - Keluarga Sekretaris Daerah atau Sekda Riau, SF Hariyanto belum berhenti disorot warganet. Kali inj istri Sekda Riau kembali dapat sorotan.  Selain kerap pamer sejumlah barang brandednya di media sosial, istri Sekda Riau, juga diketahui kerap jalan-jalan keluar negeri.

Dalam akun Instagramnya yang kini telah hilang, wanita bernama Adrias itu kerap berfoto di sejumlah negara, salah satunya Turki. Akun Twitter @PartaiSocmed belum lama ini memperlihatkan foto Adrias sedang berada di restoran mewah terkenal milik Nusret Gokce atau lebih dikenal dengan nama Salt Bae celebrity chef asal Turki, dengan bunyi keterangan 'dinner'.

"Bu Sekda Riau ngirit banget di Turki sampai harus tidur di lantai demi biar bisa dinner di restonya Salt Bae," tulis akun tersebut pada Selasa, 28 Maret 2023.

Foto ini mendapat banyak cibiran dari warganet. Sebab, sebelumnya SF Hariyanto mengaku bahwa sang istri ke restoran Salt Bae hanya untuk foto, bukan makan steak, yang harganya dikenal sangat mahal.

"Soal makan di Salt Bae, itu mereka makan ramai-ramai. Mereka jalan hanya bergaya-gaya saja untuk foto," kata SF Hariyanto saat memberi klarifikasi ke awak media bebeapa waktu lalu.

Saking iritnya, mereka sampai tidur di sebuah apartemen beramai-ramai dan membawa bekal agar tidak membeli makanan di luar. Hariyanto juga mengungkap jika sang istri pergi ke Turki dengan biaya super irit bersama teman-temannya. Ia juga menyebut jika itu merupakan foto pada 2017 lalu, jauh sebelum dirinya dilantik menjadi Sekda Riau pada 18 Agustus 2021.

Cuitan tersebut mendapat sindiran dari warganet. Banyak dari mereka yang tidak percaya dengan perkataan Sekda Riau."Bu Sekda Riau ngirit banget di Turki sampai harus tidur di lantai demi biar bisa dinner di restornya Salt Bae," komentar seorang warganet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga Makanan di Resto Salt Bae

Bagi para pecinta steak, restoran milik Salt Bae itu tentu tak asing lagi. Menu-menu buatannya terkenal istimewa dan enak, tapi kebanyakan harganya mahal.

The Art of Food menyebut, harga makanan di restoran itu berkisar dari sekitar Rp1,4 juta hingga 14 juta. Di sana, pengunjung bisa memesan burger emas yang dibanderol dengan harga Rp1,4 juta.

Ada pula Steak Istanbul berupa daging sirloin tebal yang dipanggang dengan lapisan lembaran emas. Harga per porsi steak Istanbul sekitar Rp1,7 juta.

Ada pula Kafes, makanan berbahan daging domba yang terkenal enak di restoran Salt Bae. Kafes dijual cukup mahal yaitu 250 dolar AS atau sekitar Rp3,5 juta per porsi. Menu termahal di restoran Salt Bae ialah Golden Tomahawk yang dibanderol sekitar Rp 14 juta. Menu ini masih dilengkapi dengan lembaran emas 24 karat yang bisa dimakan.

Beberapa waktu lalu, pengacara kondang Hotman Paris Hutapea ikut menyoroti pernyataan Sekda)Riau tentang pesta ulang tahun anaknya.  Sebelumnya Hariyanto membantah pesta ulang tahun anaknya tersebut bukan diadakan di hotel melainkan di sebuah toko bernama Ritz Carlton

"Perayaannya tidak besar-besaran, dan itu cuma di toko kok, emang namanya Ritz-Carlton, dan itu perayaan bersama kawan-kawannya satu sekolah," kata Hariyanto.

 

3 dari 4 halaman

Komentar Hotman Paris

Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea ikut menyoroti pernyataan Hariyanto mengenai pesta ulang tahun anaknya. Sebelumnya Hariyanto membantah pesta ulang tahun anaknya tersebut bukan diadakan di hotel melainkan di sebuah toko bernama Ritz Carlton

"Perayaannya tidak besar-besaran, dan itu cuma di toko kok, emang namanya Ritz-Carlton, dan itu perayaan bersama kawan-kawannya satu sekolah," terang Hariyanto.

Menanggapi pernyataan Hariyanto tersebut, Hotman Paris lantas menyindirnya melalui akun Instagram miliknya. @hotmanparisofficial sembari mengunggah kembali video pengakuan Hariyanto itu pada akunnya.

"Sampe bang Hotman pun dibuat bingung kenapa bang Hotman belum tahu kalau ada toko RC di Jakarta," komentar seorang warganet.

Kiprah Sekda Riau dan keluarganya akhirnya ikut disorot Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian yang juga mantan Kapolri. Ia telah memerintahkan Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendagri untuk mengklarifikasi kasus Sekretaris Daerah (Sekda) Riau SF Hariyanto terkait keluarganya yang sering pamer harta.

"Saya sudah minta Irjen Mendagri untuk memanggil yang bersangkutan melakukan klarifikasi. Itu 'kan bisa benar, bisa tidak. Maka, harus klarifikasi dahulu," ucap Tito di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu, 29 Maret 2023, dilansir dari Antara. Selain itu, melalui pertemuan Zoom pada hari Senin, 27 Maret 2023, ), Tito berpesan kepada pejabat negara untuk mendorong pola hidup sederhana.

4 dari 4 halaman

Bakal Dipanggil Kemendagri

Mendagri mengingatkan kepada para kepala daerah beserta jajarannya terkait dengan perubahan media sosial. Menurut dia, media sosial merupakan keniscayaan yang mendatangkan perubahan dan membentuk citizen journalism

.Artinyasiapa saja di media sosial bisa mengunggah informasi apa pun, kemudian berujung viral dan menjadi perhatian publik. Tito berpesan agar pejabat bisa menyesuaikan diri dan tidak memamerkan gaya hidup berlebihan. Hal itu akan menjadi sorotan, terlebih di tengah masyarakat kritis saat ini

“Perubahan situasi seperti ini kita harus cepat menyesuaikan diri, ya, pola hidup sederhana. Jangan mengupload gaya hidup yang seperti kelihatan mewah, pasti akan menjadi sorotan, masyarakat lebih kritis," ucap Tito.

Di sisi lain, Mendagri juga mengingatkan kepada masyarakat untuk cerdas dalam menerima informasi dari media sosial. Dalam hal kasus Sekda Riau ini, Tito meminta masyarakat agar bisa membedakan mana foto yang diambil sejak lama dan foto yang diambil baru-baru ini.

"Masyarakat juga harus bedakan antara gambar-gambar yang tahun berapa lama dan yang sekarang. Katanya ada (foto) beberapa tahun yang lalu," kata Tito.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.