Sukses

Terbelit Kasus Narkoba, Yoo Ah In: Saya Menyadari Kesalahan yang Saya Buat, Saya Minta Maaf

Yoo Ah In pada Senin, 27 Maret 2023 menyanggupi panggilan pribadi di Unit Investigasi Kejahatan Narkoba Badan Kepolisian Metropolitan Seoul, Korea Selatan. Kehadiran Yoo Ah In ini 50 hari setelah penyelidikan atas tuduhan terkait narkoba dimulai.

Liputan6.com, Jakarta - Yoo Ah In pada Senin, 27 Maret 2023 menyanggupi panggilan pribadi di Unit Investigasi Kejahatan Narkoba Badan Kepolisian Metropolitan Seoul, Korea Selatan. Kehadiran Yoo Ah In ini 50 hari setelah penyelidikan atas tuduhan terkait kasus narkoba dimulai.

Dikutip dari Allkpop, Selasa (28/3/2023), semula panggilan dijadwalkan pada 24 Maret 2023, namun ditunda. Terbelit kasus narkoba, Yoo Ah In muncul dengan berbalut setelan hitam dan menundukkan kepalanya untuk meminta maaf dengan tulus.

Sekitar enam bulan lalu, Yoo Ah In didakwa melanggar Undang-Undang Pengendalian Narkotika. Sampel rambut dan urinnya dinyatakan positif propofol, mariyuana, kokain, dan ketamin.

Polisi menjalankan penyelidikan menyeluruh, menyita dua ponsel dan menganalisis percakapan selama delapan tahun. Lebih dari 10.000 catatan ekstraksi forensik dianalisis, dan pencarian serta penyitaan dilakukan di rumah sakit dan dua rumah aktor tersebut.

Staf medis rumah sakit, pejabat lembaga, dan kenalan dipanggil. Penyelidikan diperluas ke daerah sekitarnya untuk menentukan waktu dan tempat pelanggaran yang dituduhkan.

Polisi bertindak segala upaya untuk mencari data untuk mendukung hasil Layanan Forensik Nasional. Menyusul penampilan Yoo Ah In di panggilan pribadi, polisi berencana untuk menyimpulkan penyelidikan dua bulan mereka atas tuduhan terkait narkoba.

Sementara tuduhan penggunaan propofol mungkin tidak sulit untuk dibuktikan, bukti diperlukan untuk menentukan dugaan kejahatan yang terkait dengan narkoba lainnya. Menurut seorang pejabat dari profesi hukum, "Kuncinya adalah mengamankan bukti objektif untuk mendukung hasil analisis NFS."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyesalan Yoo Ah In

Yoo Ah In turut meminta maaf dan mengungkapkan, "Saya sepenuhnya menyadari kesalahan yang telah saya buat. Saya merenungkan diri saya sendiri. Permintaan maaf apa pun tidak akan cukup, tetapi saya minta maaf."

Ia juga telah menyatakan kesediaannya untuk menjelaskan fakta dengan jujur​. Yoo Ah In juga menyebut bahwa dirinya akan secara aktif menjelaskan keadaan tertentu terkait bukti tersebut.

Dikutip dari Kbizoom, Yoo Ah In juga membagikan unggahan di akun Instagram pribadinya hari ini, Selasa (28/3/2023). "Saya membuat permintaan maaf yang tidak cukup setelah penyelidikan polisi kemarin. Saya minta maaf sekali lagi karena mengecewakan banyak orang yang telah mencintai dan merawat saya karena hal yang memalukan," tulisnya.

Yoo Ah In melanjutkan, "Saya ingin menyampaikan permintaan maaf saya kepada mereka yang bekerja dengan saya dalam karya berharga seperti film, drama, dan iklan. Banyak orang mendukung saya dan memberi saya dorongan dan kasih sayang yang murah hati, tetapi saya merasa sangat menyesal dan malu karena fakta bahwa saya merugikan diri saya sendiri sambil melanjutkan karir saya sebagai seorang aktor."

3 dari 4 halaman

Bersikap Kooperatif Saat Penyelidikan

Yoo Ah In menjelaskan selama refleksi diri, ia menyadari dengan jelas bahwa kesalahannya adalah kesalahan yang tidak dapat ditutupi oleh alasan apa pun. "Saya akan dengan setia berpartisipasi dalam penyelidikan yang akan datang, dan saya akan menerima semua kritik Anda serta keputusan hukum," tambahnya.

Sebelumnya, Yoo Ah In muncul di kantor polisi pada pukul 09.20 pada Senin, 27 Maret 2023, waktu setempat. Ia diinterogasi selama hampir 12 jam sebelum meninggalkan Unit Investigasi Kejahatan Narkoba Badan Kepolisian Metropolitan Seoul pada pukul 21.20.

Sementara, kasus narkoba turut berimbas pada proyek yang dibintang oleh Yoo Ah In. Dikutip dari Soompi, Selasa (28/3/2023), tanggal rilis untuk proyek mendatang yang dibintangi Yoo Ah In termasuk "The Match" dan "Goodbye Earth" akan ditunda. "Setelah berdiskusi dengan tim produksi, kami telah memutuskan untuk menunda sementara perilisan 'Goodbye Earth'. Kami akan menginformasikan lagi jadwal rilis spesifik setelah dikonfirmasi," demikian jelas sebuah sumber dari Netflix pada Senin, 27 Maret 2023.

4 dari 4 halaman

Penundaan Proyek Yoo Ah In

"Kami akan memberi tahu Anda lagi tentang jadwal rilis spesifik setelah dikonfirmasi," lanjut sumber tersebut.

"Goodbye Earth" adalah drama mendatang yang menceritakan kisah empat orang yang hidup melalui situasi kacau, dengan 200 hari tersisa hingga Bumi bertabrakan dengan asteroid.

Sumber tersebut juga melanjutkan, "Kami sedang berdiskusi mengenai film 'The Match' dengan perusahaan produksi ACEMAKER dan afiliasi terkait, dan kami telah memutuskan untuk menunda perilisan untuk sementara."

Sedangkan, "The Match" adalah film tentang para pemain Go dan juga dibintangi oleh Lee Byung Hun. Baik "The Match" dan "Goodbye Earth" telah menyelesaikan syuting, dan tanggal rilisnya sedang dalam diskusi pihak produksi.

Yoo Ah In sebelumnya diketahui memilih mengundurkan diri dari "Hellbound 2" sebelum syuting dimulai. Aktor Korea Selatan Kim Sung Cheol dipastikan akan mengambil alih peran Jung Jin Su, yang diperankan oleh Yoo Ah In di Season 1. Serial ini disutradarai oleh Yeon Sang-Ho dan melibatkan pemain seperti Kim Shin-Rok, Yang Dong-Geun, Lee Dong-Hee, dan masih banyak lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.