Sukses

Prediksi Tren Konten TikTok Selama Ramadhan 2023

Tahun ini, TikTok merilis kampanye Ramadhan bertajuk "Serunya Bareng." Ada program apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Seperti platform media sosial lain, TikTok juga punya tren konten tertentu selama Ramadhan 2023. Mahwari Sadewa Jalutama, country head of operations TikTok Indonesia, menyebut bahwa ada beberapa prediksi tren konten Ramadhan TikTok, merujuk studi internal yang mereka lakukan.

"Pertama, konten seputar tradisi dan kegiatan Ramadhan dan puasa itu akan mewarnai FYP," sebutnya saat jumpa pers online, Jumat, 24 Maret 2023. "Kemudian, sharing pengalaman berbelanja juga lekat dengan TikTok."

Lebih lanjut ia berkata, keberagaman konten yang memberi inspirasi dan tips jadi kunci untuk "memeriahkan Ramadhan di TikTok." "Ada juga kejutan-kejutan kecil, seperti yang belakangan sedang sering saya tonton, yakni konten memasaknya Anji," ia bercerita. "Kalau biasanya Anji lekat dengan musik, ternyata seru juga lihat dia masak."

Di kesempatan itu, Tama juga mengungkap kampanye Ramadhan 2023 TikTok bertajuk "Serunya Bareng." "Kampanye 'Serunya Bareng' ini tidak hanya tercermin melalui keberagaman konten, tapi juga ingin mengatakan bahwa (konten) TikTok bisa jadi inspirasi untuk semua orang, lintas generasi, tidak hanya yang muda-muda saja," ia menyebut.

Juga, pihaknya menyoroti bahwa pergerakan tren konten TikTok tidak hanya terjadi di kota-kota besar di Indonesia. Tama menggarisbawahi bahwa relevansi lokal penting bagi audiens di luar kota-kota utama di dalam negeri.

"Satu dari dua pengguna di luar kota utama di Indonesia menggunakan TikTok," katanya. "Tiga jenis kreator yang paling disukai untuk pengguna di luar kota utama adalah menghibur, menginspirasi, dan autentik."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rangkaian Program Kampanye Ramadhan TikTok

Lebih lanjut Tama berkata, kampanye "Serunya Bareng" bertujuan mengajak seluruh lapisan masyarakat merasakan keseruan perayaan Ramadhan bareng komunitas TikTok dengan berbagai program dan kegiatan seru. Kampanye ini disebut akan berlangsung hingga 23 April 2023.

Rangkaian programnya, yakni:

1. Serial Ramadan TikTok

Untuk pertama kali, TikTok akan menghadirkan konten eksklusif Ramadan dalam format serial bertajuk "Ramadan Indah." Diperankan kreator TikTok, Herma Retno Prabayanti (@hermaprabayanti) sebagai ibu, Nadiem Attar Tarigan (@nadiemm_aja) sebagai ayah, dan Almineta Azzahra (@almineta) sebagai indah, serial ini akan menceritakan pengalaman Indah saat menjalani puasa bersama keluarganya.

"Serial ini akan berisi 12 episode yang akan tayang setiap minggu. Waktu penayangannya bisa dicek kembali di banner kampanye kami," sebut Tama.

2. Ramadhan Bareng TikTok Shop

TikTok Shop menggelar rangkaian program dengan beragam produk dan promo menarik. Melalui Ramadan PASti Berkah (20 Maret--5 April 2023), THR PASti Melimpah (6--11 April 2023), dan Lebaran PASti Meriah (12--14 April 2023), komunitas TikTok akan dimanjakan berbagai live stream interaktif.

Juga, terdapat katalog produk di tab Shopping Center berisi flash sale, diskon, dan gim dengan hadiah utama berupa perjalanan umrah.

3 dari 4 halaman

3. TikTok LIVE

Selama Ramadhan, pengguna TikTok dapat mengikuti berbagai program seru yang disiarkan di TikTok LIVE, salah satunya Karnaval Ramadan. Program yang akan disiarkan langsung setiap minggu ini akan menghadirkan kolaborasi kreatif dari kreator LIVE.

Selain itu, ada juga program Ngabuburit LIVE yang akan berbagi tips dan inspirasi setiap hari menjelang waktu berbuka. Tidak ketinggalan, pertunjukan musik spesial Ramadan yang akan diisi penampilan spesial dari kreator dan selebritas Indonesia, serta berbagai gim.

Salah satu partisipannya, Ayuen Star (@ayuenstarofc), berharap bahwa program ini bisa membangun semangat para pengguna TikTok untuk ngonten. "Juga, ikut merayakan hangatnya Ramadhan bersama TikTok," imbuhnya.

4. Festival Serunya Bareng

Menyambut Hari Kemenangan, TikTok akan mengajak komunitasnya menemukan #SerunyaNgabuburitBareng secara luring melalui Festival #SerunyaBareng pada 15 April 2023 di MBloc Space, Jakarta. Festival ini akan diisi berbagai kegiatan seru, seperti instalasi seni, workshop bareng kreator, peragaan busana, serta kegiatan kuliner.

4 dari 4 halaman

5. Berbagi Inspirasi Ramadhan

Seperti tahun kemarin, TikTok juga akan mengadakan kompetisi mingguan yang mengangkat berbagai kategori, mulai dari konten menghibur hingga inspiratif sehingga memudahkan pengguna untuk saling berbagi hiburan dan inspirasi dalam merayakan Ramadhan dan Lebaran. Rangkaiannya bisa Anda cek melalui tagar #SerunyaBareng.

Herma Prabayanti, seorang kreator TikTok, bercerita akan meneruskan berbagi kebahagiaan melalui konten-konten yang dibagikannya. "Aku biasanya memang ngonten hal-hal yang dilakukan keluarga, memperlihatkan bagaimana dengan waktu sempit, kita bisa tetap dekat dengan keluarga," ucapnya.

Dengan konten seperti itu, Herma berharap apa yang dibagikannya bisa jadi pengingat untuk orang lain. "Misalnya, konten aku masuk di FYP, aku berharap, misalnya ibu belikan anak makanan buat anaknya saat tidak masak. Sesederhana itu," sebutnya.

Sementara, penyanyi Rossa menjanjikan konten yang sekarang masih rahasia di akun TikTok-nya selama Ramadhan. "Lagi mempersiapkan sesuatu," katanya. "Sebelum Ramadhan aku keluarin album, makanya nanti mau bikin sesuatu di TikTok."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.