Sukses

3 Sumber Penyebab Bau Tak Sedap di Kulkas dan Cara Mengatasinya

Tak jarang makanan dan minuman yang disimpan lama di kulkas justru menjadi penyebab utama munculnya bau tak sedap.

Liputan6.com, Jakarta Kulkas menjadi barang elektronik yang wajib dimiliki seseorang. Fungsinya, menyimpan makanan dan minuman agar lebih tahan lama serta bisa membuat es batu secara mandiri lewat freezer kulkas.

Namun, tak jarang makanan dan minuman yang disimpan lama di kulkas justru menjadi penyebab utama munculnya bau tak sedap. Ada beberapa sumber penyebab yang bisa menimbulkan bau tak sedap pada kulkas selain timbul dari aroma makanan dan minuman yang telah disimpan lama.

Aroma bau tak sedap biasanya disebabkan oleh banyak faktor. Berikut ini adalah 3 sumber yang paling sering dialami saat kulkas mengeluarkan bau tak sedap.

1. Terlalu lama menyimpan makanan

Ada berbagai jenis makanan yang memiliki masa kadaluwarsa sebentar dan ada juga yang bisa disimpan di kulkas hingga berbulan-bulan. Terlalu lama menyimpan makanan di kulkas, tentu saja akan menyebabkan aroma bau tak sedap karena adanya proses pembusukan yang terjadi pada makanan sehingga kulkas bisa mempercepat pertumbuhan bakteri dan jamur yang dapat membusukkan makanan.

Akibatnya, makanan yang terlalu lama menyimpan di kulkas tentu saja akan ikut terkontaminasi dengan bakteri ataupun jamur yang dapat menimbulkan  aroma bau tak sedap. Meski, makanan masih disimpan dalam kulkas, tentu saja bakteri dan jamur masih dapat bertumbuh pada makanan tertentu yang bisa menghasilkan senyawa kimia.

2. Tumpahan Bekas Makanan

Selain terlalu lama menyimpan di kulkas, makanan dan minuman yang tumpah di kulkas juga bisa menimbulkan bau tak sedap. Apalagi. Kulkas yang jarang dibersihkan akan menyebabkan tumpahan makanan dapat terus menempel di bagian rak-rak kulkas. Tumpahan bekas makanan yang menyebabkan bau tak sedap di dalam kulkas biasanya terjadi karena dua hal, yaitu:

Bakteri: Bekas makanan yang tertinggal dalam kulkas dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri, terutama jika tidak segera dibersihkan. Bakteri ini dapat memecah bahan makanan yang rusak dan menghasilkan gas berbau tak sedap seperti belerang, asam butirat, dan amonia.

Bahan makanan yang rusak: Bahan makanan yang tidak segar atau sudah rusak dapat menjadi sumber bau tak sedap di kulkas. Bahan makanan seperti sayuran, buah-buahan, atau daging yang sudah melewati tanggal kadaluarsa atau tidak disimpan dengan benar dalam wadah tertutup dapat dengan mudah membusuk dan mengeluarkan bau tidak sedap.

3. Fungsi Kulkas yang sudah mulai rusak

Penyebab lainnya, bisa dilihat dari fungsi kulkas yang sudah mulai rusak. Biasanya, ketika kulkas mulai rusak atau tidak bekerja dengan baik, maka suhu di dalamnya tidak bisa lagi dijaga konsisten dan stabil.

Hal ini dapat menyebabkan makanan yang disimpan di dalamnya menjadi tidak segar dan cepat membusuk dari biasanya. Bakteri dan jamur yang tumbuh pada makanan akan membusuk sehingga menghasilkan bau tak sedap dan menyebar pada seluruh bagian kulkas. Selain itu, ketika fungsi kulkas tidak bekerja dengan baik bisa dilihat kemungkinan terbesar terjadi kebocoran atau kerusakan pada saluran pembuangan air di bagian belakang kulkas.

Bau tak sedap yang dihasilkan oleh kulkas yang rusak tentu saja dapat menyebar ke makanan lain yang disimpan dalam dan dapat mengubah rasa ataupun aroma dari makanan tersebut. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperbaiki kulkas yang rusak atau menggantinya jika diperlukan agar makanan tetap terjaga kesegarannya dan aman untuk dikonsumsi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Mengatasi Bau Tak Sedap Pada Kulkas

Ada beberapa cara untuk mengatasi bau tak sedap pada kulkas, berikut ini ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk menghilangkan bau tak sedap pada kulkas:

1. Membersihkan kulkas

Bersihkan kulkas secara menyeluruh dengan sabun pencuci piring dan air. Pastikan untuk membersihkan semua sisa-sisa makanan yang tumpah di dalam kulkas. Jangan lupa membersihkan semua rak, laci, dan tempat penyimpanan lainnya.

2. Gunakan bahan alami

Bahan alami, seperti cuka atau baking soda juga dapat menghilangkan bau tak sedap pada kulkas. Caranya, letakkan secangkir cuka atau beberapa sendok makan baking soda di dalam kulkas dan biarkan selama beberapa jam sebelum membersihkannya.

3. Buang makanan yang sudah tidak segar

Buanglah semua makanan yang sudah tidak segar atau telah kedaluwarsa. Jangan pernah biarkan makanan yang membusuk atau sudah rusak selalu di simpan dalam kulkas karena hal ini dapat menyebabkan bau tak sedap yang sangat kuat.

4. Memeriksa suhu kulkas

Pastikan suhu di dalam kulkas dapat dijaga dengan suhu yang tepat, sekitar 1-5 derajat celcius agar makanan tetap segar dan tidak membusuk secara cepat. Jika memang bau tak sedap pada kulkas tidak hilang setelah mencoba cara-cara di atas, maka sangat dianjurkan mengganti kulkas baru.

Salah satu rekomendasi kulkas 2 pintu yang bisa jadi pertimbangan saat ingin ganti kulkas yang rusak adalah kulkas Polytron Belleza Jumbo. Kulkas merk Polytron dengan tipe Belleza Jumbo 260 liter PRW 29MNX kini hadir dengan fitur jumbo capacity. Dengan adanya fitur jumbo capacity pada kulkas Polytron Belleza Jumbo, sekarang menyimpan bahan makanan yang banyak jadi lebih mudah. Rak yang lebih lebar sehingga 58 cm menyiapkan ruang penyimpanan yang maksimal. Tidak hanya itu, rak juga dapat dipindahkan sesuai kebutuhan kita masing-masing.

Selain itu, borderless round edge yang terbuat dari tempered glass door membuat kulkas Polytron Belleza Jumbo ini tahan dari benturan keras dan anti karat.

Dengan kompartemen es batu yang dapat dipindahkan dan juga hybrid deodorizer yang bisa membantu mengatasi permasalahan bau tak sedap pada kulkas rumah, maka Polytron Belleza Jumbo merupakan kulkas yang memiliki fitur yang lengkap.

Untuk informasi lebih lengkap tentang Polytron Belleza Jumbo, Anda dapat mengunjungi laman resmi Polytron.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini