Sukses

Rasa Cemas Terhadap Uang Biasa Terjadi, Begini Langkah Tepat Mengatasinya!

Menjalani hidup yang Bebas Cemas merupakan goals dari banyak orang.

Liputan6.com, Jakarta Menjalani hidup yang Bebas Cemas merupakan goals dari banyak orang. Bahkan, hidup seperti itu serasa impian di nirwana yang nikmat jika dijalankan. Ya, di tengah kompleksitas kehidupan masa kini, rasa cemas seringkali muncul tak kenal waktu, mulai dari pagi hingga malam. 

Terkadang, rasa cemas tersebut dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu rasa cemas yang sering dialami oleh kebanyakan orang adalah rasa cemas terhadap uang. Dilansir dari Healthline, terdapat beberapa pengaruh negatif yang bakal terjadi ketika kecemasan uang dialami. 

Mulai dari terciptanya konflik keluarga, tidur menjadi kurang, bahkan bisa terjebak dalam lingkaran judi atau utang. Akan tetapi, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari rasa cemas terhadap uang dengan mengikuti langkah di bawah ini.

1. Hitung Pemasukan dan Utang

Kalkulasi terkait dengan pemasukan, pengeluaran, dan utang dalam kehidupan sehari-hari itu sangat penting dilakukan. Pasalnya, langkah tersebut bisa meminimalisir 'mepetnya' budget yang terkadang membuat diri rungsing.

Untuk itu, kamu perlu menyusun laporan keuangan atau pencatatan keuangan secara jelas dan lengkap agar disiplin secara finansial tercapai serta rasa cemas terhadap uang tidak dialami.

2. Susun Budget

Selaras dengan langkah pertama, langkah ini sangat berguna untuk membantu kamu melakukan penghematan dan menekan pengeluaran yang kurang penting. Selain itu, dengan menyusun budget yang tepat, kamu bisa dengan mudah menyiapkan dana darurat. 

Akan tetapi, yang jauh lebih penting dari menyusun budget adalah kamu bisa mencapai tujuan finansial agar rasa cemas terhadap uang tidak terjadi.

3. Cari Support System

Selain menghindari rasa cemas terhadap uang dengan mengubah kebiasaan dari dalam diri sendiri, kamu juga bisa mengubah kebiasaan dari lingkungan sekitar dengan mencari support system yang tepat. Hal itu diperlukan guna membentuk perspektif kamu terhadap mengelola keuangan.

Nah, agar semakin terbebas dari rasa cemas terhadap uang, kamu juga bisa menggunakan aplikasi DANA dalam setiap transaksi pembayaran, lho. Pasalnya, DANA memiliki sistem keamanan berlapis DANA Protection yang bisa bikin kamu aman & Bebas Cemas saat bertransaksi.

Mulai dari perlindungan PIN DANA, Kode OTP dan Face Verification setiap kamu bertransaksi. Bantuan dari DIANA, asisten digital DANA, yang bisa kamu temukan di Pusat Resolusi di aplikasi DANA, sampai garansi 100% uang kembali yang bisa menjamin keamanan uangmu sesuai syarat & ketentuan yang berlaku. 

So, tunggu apa lagi? Saatnya download dan gunakan aplikasi DANA sekarang juga!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.