Sukses

Tren Diet 2023 yang Seimbangkan Perawatan Estetika Tubuh, Bikin Hasil Maksimal

Tren diet 2023 yang berkembang mengombinasikan pola makan dengan perawatan estetika tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Diet diperlukan untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuh. Diet yang sehat dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan kanker. 

Terdapat banyak tren diet yang banyak dibicarakan di media sosial, mulai dari intermitent fasting, meal plan, dan diet invasif maupun noninvasif lainnya. Akan tetapi, tidak semua tren diet cocok dengan tubuh, jika diet tidak disesuaikan dengan gaya hidup diri sendiri akan tidak maksimal.

SKYN Clinic membagikan rahasia diet yang berhasil. Menurut klinik kecantikan tersebut, Penggunaan teknologi perawatan Body Aesthetic untuk diet yang dipadukan dengan program diet dari spesialis gizi klinik akan memberikan hasil akhir yang lebih baik.

"Studi yang dikumpulkan dari pasien di SKYN Clinic dengan rasio keberhasilan 89 persen, pasien yang melakukan perawatan estetika secara teratur di dalam rangkaian pola diet mereka, baik itu metode minimal invasif maupun noninvasif akan membuat peningkatan atau perubahan yang lebih signifikan," ungkap Aesthetic and Drip doctor dari SKYN Clinic, dr. Andrew Lienata, pada Rabu 1 Maret 2023. 

Banyak orang yang ingin mendapat hasil dari diet secara instan. Akan tetapi, dr. Andrew berpendapat, "Dalam mencapai bentuk badan ideal, diperlukan sebuah proses. Di mana ciri-cirinya ada dua, realistik dan juga efektif," ujarnya dalam acara SKYN Media Soiree yang diadakan di SKYN GYM, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

Dr. Andrew menekankan bahwa badan yang ideal bukan hanya badan yang kurus. Menurutnya ada tiga aspek yang menjadikan berat badan ideal. "Menyusutnya lemak, meningkatnya massa otot, dan pengencangan kulit. Baru itu hasilnya adalah body goals,” ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diet Terpersonalisasi Gaya Hidup

Semua orang memiliki keunikan masing-masing, begitu pula dengan keperluan dietnya. Banyak faktor yang menentukan diet yang paling cocok untuk Anda.

dr. Andrew mengungkapkan proses awal yang penting dari memulai diet. "Dimulai dari adanya body assessment dan juga konsultasi dengan dokter. Individu yang satu dengan yang lain pasti punya kebutuhan, kebiasaan, lifestyle, umur, apa pun indikator kesehatannya pasti treatmentnya juga berbeda,” ujarnya.

Praktisi medis yang sudah lima tahun menjalani praktik Aesthetic and Drip itu melanjutkan, "Di sanalah kita akan memformulasikan treatment-treatment dari mulai yang konvensional seperti meal plan, suplemen yang diracik, dan juga treatment, mulai dari yang invasif seperti injeksi ataupun yang noninvasif seperti CoolSculpting, RF (Radio Frequency), dan lain-lain.”

Program treatment tubuh tersebut dinamakan 8ODY (dibaca Body Eight) yang merupakan program pendamping dari D8 by SKYN yang merupakan program untuk membimbing pelanggan menurunkan berat badan sebanyak 8 kilogram dalam sebulan dari segi asupan. 

dr. Cut Hafiah spesialis gizi klinik dari D8 by SKYN Clinic menyatakan bahwa pendekatan di D8 by SKYN adalah dengan menyusun program pelangsingan berupa rancangan makanan atau meal plan yang dipersonalisasi berdasarkan indikasi dan kondisi tubuh pasien untuk mencapai berat badan ideal. 

Dokter spesialis gizi klinik dan kesehatan tersebut tidak memaksakan pelanggan mengikuti pola diet yang menurutnya paling baik. “Malah saya yang mengikuti. Kaya gimana makannya dia sehari-hari, nanti kita perbaiki,” ujarnya. 

3 dari 4 halaman

Berhasil Turun 26 Kilogram

Seorang pelanggan D8 by SKYN Clinic, Helsy (43) menceritakan kisah suksesnya setelah satu tahun menjalankan program diet dari klinik kecantikan tersebut. Sebelum memulai program pada Januari 2022, Helsy ditanyakan mengenai motivasi mengikuti program. 

“Maunya saya sih kurus. Kurus versi saya itu yang skinny,” ujarnya yang pada saat itu memiliki berat badan 85 kilogram. 

Wanita yang juga merupakan seorang dokter sekaligus dosen mengatakan pernah mencoba dietnya sendiri dengan mengeliminasi karhohidrat. “Kalau bisa seharian aku gak makan nasi,” tapi diet itu justru membuatnya tidak fokus dan ia kembali makan nasi sehingga membuat berat badan tidak stabil. 

Diet yang terpersonalisasi membuat Helsy sangat senang dan cocok. Menurutnya, dr. Cut bisa mengikuti kebiasaannya sebagai orang Minang. “Sarapan kita tuh berat biasanya, karena orang Minang kan biasanya sarapannya makan nasi gitu, ya,” ungkapnya kepada Liputan 6.com. Hal ini membuat Helsy tidak perlu menambah biaya untuk membeli menu-menu diet khusus. 

“Yang sukanya lagi itu menunya gak aneh-aneh. Jadi menu yang sehari-hari yang kumakan,” lanjutnya. Akan tetapi, komposisi makanan diatur, dan makanan yang tidak sehat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. “Cuman memang yang gak boleh banget itu kayak tepung, gorengan, itu kan gak boleh kan.” Berkat mengikuti D8 by SKYN Clinic, berat badan Helsy kini pada November 2022 sudah stabil di angka 59 kilogram. 

Meskipu seorang dokter umum, Helsy merasa kurang percaya diri untuk menjalankan diet secara mandiri. “Kurang pede jadinya, gak objektif, jadi subjektif kitanya. Menurut kita yang benarnya kita, tapi kalau kita di guidance sama yang ahlinya, enaknya kan bisa diskusi,” ungkapnya.

4 dari 4 halaman

Inovasi Unik

Jika kita biasanya hanya familiar dengan olahraga tubuh atau body workout, maka SKYN GYM yang berlokasi di Jl. Gunawarman ini menawarkan pengalaman olahraga yang sangat unik, yakni face workout atau olahraga wajah. Ini merupakan program terbaru SKYN Clinic yang baru akan diadakan tahun ini.

“Jadi dengan ada treatment face workout, fokus di melatih otot-otot muka,” ujar Hartoyo, Founder SKYN. Face workout yang juga diberi nama face yoga ini membawa banyak manfaat. “Selain dapet kulit yang sehat, bentuk wajah yang makin bagus, feel awake juga secara alami.”

Face workout ini juga merupakan perawatan yang alami. Hartoyo mengungkapkan “Singkatnya adalah hands-only contouring. Hanya dengan pijatan.” Melalui perawatan ini, wajah juga tampak lebih tirus karena akan mengeluarkan kadar air dan toksin-toksin.

“Kita konsepnya memang natural beauty ya. Jadi berusaha sebisa mungkin memberikan treatment untuk orang-orang supaya berani bear face,” ungkap Hartoyo. 

SKYN GYM memiliki lima ruangan. Ruangan pertama digunakan untuk menganalisis wajah, ruangan kedua adalah ruangan “preworkout” untuk mempersiapkan wajah sebelum ‘berolahraga’, ruangan tiga dan lima adalah treatment room dan ruangan empat adalah VIP room.

Adapun selain face workout, perawatan estetik tubuh yang ditawarkan di SKYN GYM untuk melengkapi program diet adalah mesotherapy, fanning technique, fat loss drip dan yang menarik adlaah crypo-lipolysis, yakni teknologi pembakaran lemak dengan metode pendinginan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.