Sukses

Dicuri Kolektor Bertahun-tahun, Perhiasan Kerajaan Khmer Langka Dikembalikan ke Kamboja

Kementerian Kebudayaan dan Seni Rupa Kamboja mengumumkan bahwa perhiasan kerajaan langka dari Khmer dikembalikan oleh kolektor.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kebudayaan dan Seni Rupa Kamboja mengumumkan bahwa perhiasan kerajaan langka negara tersebut telah dikembalikan. Permata mahkota itu termasuk di antara 77 keping perhiasan emas berusia berabad-abad.

Perhiasan diserahkan oleh keluarga Douglas Latchford, seorang pedagang barang antik Inggris dan sarjana seni Khmer terkemuka. Mengutip CNN, Jumat, 24 Februari 2023, sebelumnya pada 2019 mereka dituduh otoritas AS atas artefak perdagangan yang dijarah dari Kamboja.

Setelah Latchford meninggal pada 2020 dengan dakwaan yang masih tertunda, putrinya setuju untuk mengembalikan semua barang antik Khmer yang diwarisi dari ayahnya, termasuk setidaknya 100 patung dan ukiran. Koleksi Latchford dianggap memiliki signifikansi budaya sehingga museum nasional Kamboja di Phnom Penh diperluas untuk menampungnya.

Pengacara Bradley Gordon sebagai penasehat kementerian kebudayaan negara itu dan memimpin upaya Kamboja untuk memulangkan artefak yang dicuri, pertama kali melihat perhiasan itu musim panas lalu. Saat itu, perwakilan keluarga Latchford membawanya ke tempat parkir di pedesaan Inggris di luar London.

Di sana, di belakang sebuah mobil, terdapat empat kotak berisi koleksi perhiasan permata Kamboja. Harta karun itu mencakup beberapa mahkota, kalung, gelang, ikat pinggang, anting-anting, ikat lengan dan jimat, menurut kementerian kebudayaan.

Salah satu bagian yang tidak biasa, kata Gordon, adalah mangkuk emas yang kemungkinan besar digunakan oleh raja untuk makan nasi. Namun karena artefak tersebut diyakini telah dijarah, asal dan penggunaannya yang tepat tidak diketahui. 

"Tidak ada ensiklopedia emas Khmer dibuka, selain dari apa yang ditulis oleh Douglas Latchford," kata Gordon dalam sebuah wawancara telepon.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berasal dari Periode Angkorian

Barang-barang tersebut diperkirakan berasal dari periode Angkorian, yang dimulai pada abad ke-9 atau sebelumnya. Namun, detail lainnya, seperti siapa pemilik perhiasan itu, baru akan ditentukan setelah studi tambahan, tambah Gordon.

Ke-77 benda itu diperkirakan akan dipajang di museum nasional Kamboja pada musim semi. Banyak artefak belum pernah dilihat oleh publik, meskipun foto beberapa di antaranya diterbitkan dalam sebuah buku yang ditulis bersama Latchford berjudul "Khmer Gold: Gifts of the Gods," kata kementerian itu dalam siaran persnya.

"Ini adalah koleksi yang mencengangkan," kata Gordon. Ia menambahkan bahwa barang-barang perhiasan yang baru ditemukan adalah "milik berharga Latchford, dari apa yang saya mengerti." 

Menurut Gordon, banyak potongan yang kemungkinan besar digunakan untuk menghiasi patung di kuil. Sementara yang lain, seperti mahkota dan kalung, mungkin dipakai oleh keluarga Kerajaan Angkor. Jaksa AS mengatakan bahwa seperti banyak warisan budaya Kamboja yang hilang, barang-barang yang dikuasai Latchford secara ilegal dikeluarkan dari negara itu selama tahun-tahun pergolakan rezim Khmer Merah Pol Pot dan perang saudara berikutnya. 

3 dari 4 halaman

Pengembalian Artefak

Pengembalian artefak terjadi ketika pemerintah Kamboja meningkatkan upayanya untuk memulangkan peninggalan yang diambil dari kuil dan situs arkeologi. Ketika itu, museum Barat menghadapi seruan yang meningkat untuk mengembalikan harta yang diambil secara ilegal atau dengan paksa.

Berbicara kepada CNN melalui email pada tahun 2021, putri Latchford mengatakan bahwa "banyak" barang Khmer dalam koleksi keluarganya memiliki "asal yang sempurna", meskipun dia berjanji untuk mengembalikan semuanya, terlepas dari apakah dia yakin barang itu telah dijarah.

Sementara itu, Gordon mengatakan bahwa Kamboja menganggap semua barang yang ditemukan dari koleksi Latchford dan semua yang dia jual kepada orang lain, akan dicuri. "Kamboja tidak pernah memberikan izin ekspor untuk semua ini, jadi menurut kami itu dicuri dan harus dibawa pulang," katanya.

Dalam sebuah pernyataan tentang repatriasi terbaru, Menteri Kebudayaan dan Seni Kamboja, Phoeurng Sackona, mengatakan, "Kami menganggap pengembalian seperti itu sebagai tindakan mulia, yang tidak hanya menunjukkan kontribusi penting bagi budaya suatu bangsa, tetapi juga berkontribusi pada rekonsiliasi dan penyembuhan. Orang Kamboja yang mengalami perang saudara selama puluhan tahun dan sangat menderita akibat tragedi genosida Khmer Merah."

 

4 dari 4 halaman

Ratusan Barang Antik

Sejak keluarga Latchford setuju untuk mengembalikan barang-barang tersebut pada 2020, beberapa koleksi barang antik Khmer telah dikembalikan. Mereka berasal dari koleksi pribadi dealer maupun sebagai bagian dari penyelidikan kriminal yang sedang berlangsung.

Pada Agustus 2022, pejabat New York mengembalikan 30 artefak budaya ke Kamboja, termasuk "mahakarya" pahatan Khmer abad ke-10, yang dijarah dan dijual secara ilegal ke kolektor pribadi dan museum AS. Gordon mengatakan Kamboja mengharapkan lebih banyak lagi barang yang akan segera dikembalikan, mewakili total ratusan barang antik yang dipulangkan.

Lebih dari 100 objek dari koleksi pribadi Latchford telah dikembalikan, kata pengacara tersebut, menambahkan bahwa putri mendiang dealer "memiliki 50 perunggu lagi dan ... lebih banyak patung batu yang dia setujui untuk dikembalikan.

"Jika Kamboja menemukan dan memulangkan barang-barang yang dijual Latchford ke dealer, kolektor, dan museum di seluruh dunia, jumlah artefak yang ditemukan bisa berlipat ganda. "Pada akhirnya, kami mungkin membawa pulang sekitar 300 objek," kata Gordon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.