Sukses

Bulu Imitasi hingga Botol Air Panas Hiasi Koleksi Burberry di London Fashion Week

Merek mewah Inggris, Burberry, memamerkan koleksi di London Fashion Week pada Senin, 20 Februari 2023. Ini adalah pertunjukan catwalk pertamanya di bawah direktur kreatif baru Daniel Lee.

Liputan6.com, Jakarta - Merek mewah Inggris, Burberry, memamerkan koleksi di London Fashion Week pada Senin, 20 Februari 2023. Ini adalah pertunjukan catwalk pertamanya di bawah direktur kreatif baru Daniel Lee.

Dikutip dari AP News, Rabu (22/2/2023), tidak ada trench coat krem ​​yang terlihat dalam show Burberry ini. Rumah mode ini terkenal dengan trench coat yang elegan dan fungsional yang ditemukan selama Perang Dunia I.

Namun Lee, yang bergabung dengan Burberry pada September lalu, membawa rumah mode tersebut ke arah yang benar-benar baru. Salah satunya terlihat dari koleksi debutnya yang menampilkan bulu dan bulu imitasi, slogan t-shirt dan print bebek yang lucu.

Perancang Inggris berusia 37 tahun itu dipuji karena merevitalisasi merek mewah Italia Bottega Veneta dengan aksesori yang sangat populer seperti sepatu dan tas tangan selama masa jabatannya di sana. Banyak orang di industri fesyen ingin tahu apakah dia bisa membawa keajaiban yang sama di Burberry.

CEO Burberry Jonathan Akeroyd mengatakan tahun lalu bahwa dia mengandalkan bakat Lee untuk secara signifikan meningkatkan penjualan aksesori merek tersebut dan "menghubungkan Inggris dengan cara modern". Pada acara Senin, 20 Februari 2023, pola cek khas merek tersebut muncul dalam warna ungu, hijau botol, dan merah marun pada segala hal mulai dari setelan pria hingga pakaian rajut, rok, celana ketat, dan syal wol. Lee tampaknya menggarisbawahi tema kenyamanan dalam menghadapi cuaca Inggris.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ada Botol Air Panas

Salah satu model terbungkus selimut putih besar yang dihiasi dengan desain ksatria berkuda warisan merek tersebut. Banyak model menggenggam botol air panas dengan cetakan cek yang cocok dengan pakaian mereka.

Topi dan tas bulu palsu yang dramatis dan besar dihiasi dengan bulu juga ditampilkan secara mencolok. Model laki-laki mengenakan celana panjang baggy yang dikenakan dengan atasan polo ketat, rantai dan perangkat keras perak, dipasangkan dengan palet merah dan hitam, mengisyaratkan estetika yang terinspirasi punk.

Tapi ada juga sentuhan lucu, seperti topi woolly trapper dengan kepala bebek rajutan di atasnya. Burberry secara tradisional menjadi daya tarik terbesar di London Fashion Week. Pertunjukan juga menampilkan catwalk oleh para desainer termasuk Christopher Kane, Erdem, Emilia Wickstead, dan Roksanda Ilincic. Gelaran London berakhir pada Selasa, 21 Februari 2023.

Para fashionista pergi ke Milan Fashion Week untuk pertunjukan runway musim yang lebih baru. Dikutip dari Vogue Business, Rabu (22/2/2023), nuansa luar ruangan yang menjadi bagian inti dari Burberry, banyak ditampilkan.

3 dari 4 halaman

Nuansa Inggris

Ada suasana pedesaan Inggris yang nyaman dan referensi berburu yang berulang saat para model mengenakan set cek kasmir dan print bebek mallard pada gaun, jaket, celana panjang, dan bahkan topi berbentuk mallard.

Gantungan kunci berbulu besar yang mirip dengan kaki kelinci dan topi berbulu melengkapi temanya. Motif mawar yang berulang (penghormatan kepada mawar Inggris) tersebar di seluruh, dicetak pada gaun, celana panjang, dan pakaian luar. Bulu tiruan juga banyak ditampilkan, Burberry berhenti menggunakan bulu asli pada 2018.

Koleksi debut Lee sangat penting. Burberry adalah salah satu merek independen mewah terakhir yang tersisa dan juga tiang mode Inggris.

Fokus kembali pada ke-Inggris-an adalah bagian dari strategi CEO Jonathan Akeroyd untuk mengembangkan Burberry menjadi merek besar dengan penjualan tahunan sebesar 5 miliar poundsterling atau setara Rp92, 1 triliun. Lee berasal dari Yorkshire di Inggris utara. 

Tidak seperti musim sebelumnya, tidak ada catatan pertunjukan yang diberikan kepada penonton. Sebagai gantinya, selimut wol dan botol air panas yang serasi di cek tanda merek dibiarkan di kursi, yang semua peserta berteriak-teriak untuk mendapatkannya setelah pertunjukan.

4 dari 4 halaman

Keseruan

Fashion show dihadiri deretan selebritas dan pesohor dunia. Di barisan depan adalah Edward Enninful, Selma Blair, Martine Rose, Stormzy, pesepakbola Korea Selatan Son Heung Min, duta Thailand pertama Bright, CEO Farfetch José Neves, Jefferson Hack dari Dazed Media, Naomi Campbell, mantan direktur kreatif Burberry Christopher Bailey, Anna Wintour, Baz Luhrmann dan Rosie Huntington-Whiteley.

Menjelang debutnya, ada tanda-tanda bahwa Lee akan membawa banyak kolaborator lamanya ke Burberry. Kampanye pertamanya untuk merek tersebut, yang diluncurkan awal bulan ini, menampilkan pemeran bakat Inggris, termasuk Shygirl dan Skepta, difoto dan difilmkan oleh bakat Inggris lainnya, Tyrone Lebon. Pendekatan ini bisa bekerja lebih baik di Burberry daripada di Bottega Veneta, yang memiliki hubungan lama dengan budaya hip-hop dan R&B.

Merek tersebut memiliki kesempatan untuk memasuki kancah musik Inggris yang sedang berkembang seperti grime dan rap. Soundtrack menampilkan lagu-lagu seperti 'Homeless', 'Truant' dan 'Exokind' oleh Burial, seorang seniman musik grime dan elektronik, menunjukkan audiens yang dikejar Lee, seperti waktunya di Bottega.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.