Sukses

Brave Girls Resmi Bubar, Rilis Single ‘Goodbye’ sebagai Perpisahan

Pembubaran Brave Girls diumumkan sehari setelah Momoland juga tak lagi bersama.

Liputan6.com, Jakarta - Mengikuti jejak Momoland, Brave Girls resmi bubar pada hari ini, Kamis (16/2/2023). Hal ini disampaikan oleh agensi Brave Entertainment yang mengunggah pemberitahuan resmi di fancafe resmi Brave Girls.

“Kami dengan tulus berterima kasih kepada para penggemar yan mencintai dan mendukung Brave Girls," katanya.

Melansir Kbizoom, agensi juga menjelaskan bahwa kontrak keempat member girl group tersebut sudah berakhir. Mereka pun merilis single digital ‘Goodbye’ sebagai salam perpisahan mereka kepada penggemar.

"Kami dan anggota Brave Girls memutuskan untuk berpisah dengan indah setelah diskusi panjang dan mendalam. Kami tidak akan melupakan dukungan kami satu sama lain, dan sekarang kami akan membalas cinta para penggemar di tempat baru," jelas agensi.

Brave Entertainment juga mengatakan, "Kami dengan tulus berterima kasih kepada Minyoung, Yujeong, Eunji, dan Yuna, yang telah bekerja sama dengan penuh semangat melalui suka dan duka Brave Girls selama tujuh tahun terakhir, dan ingin memberi mereka tepuk tangan. Kami akan selalu mendukung kegiatan baru dari setiap anggota."

“Setelah 'kebangkitan' mereka, Brave Girls dengan cepat tumbuh menjadi girl grup dengan kekuatan musik yang tak tertandingi. Kami tahu betul bahwa perjalanan Brave Girls bukan hanya sebuah keajaiban, tetapi berkat para anggota dan penggemar, mereka mampu menulis sejarah. Kami akan selalu mengingat Brave Girls, ikon harapan," tutup agensi tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kekecewaan Penggemar

Pada salah satu unggahan terakhir di Instagram, beberapa penggemar turut sedih dan memenuhi kolom komentar.

"Terima kasih sekali Brave Girls," tulis salah satu warganet.

"Aku tidak percaya ini, aku akan merindukan kalian sekali," lanjut yang lain.

"Kami hanya butuh comeback, bukan bubar," komentar penggemar lainnya.

"Selamat 7 tahun ya Brave Girls," dukung akun lain.

Sisanya juga mengungkapkan kekecewaan pada agensi karena secara tiba-tiba mengakhiri kontrak. "Aku tidak percaya kami hanya mendapatkan satu single untuk lagu terakhir mereka. Perusahaan menipu!" jelas akun @michael_sangrenueva.

Akun lain juga menyebutkan hal yang sama karena agensi yang terlihat tidak peduli dengan girl grup tersebut dan ini merupakan tindakan yang tidak adil. "Mereka sudah di atas dan agensi tidak tahu bagaimana memanfaatkan keberadaan itu," tulisnya.

Menurutnya, seharusnya agensi fokus untuk mengadakan tur bukan fokus untuk merilis mini album minimal satu setiap empat hingga enam bulan. Beberapa akun lain bahkan masih menanyakan lebih lanjut tentang tur dunia.

3 dari 4 halaman

Sejarah Brave Girls

Formasi saat ini terdiri dari Minyoung, Yujeong, Eunji, dan Yuna. Grup ini memulai debutnya pada 7 April 2011 dengan single "Do You Know?". Mereka menghabiskan waktu yang lama tanpa banyak pengakuan dan pencapaian.

Pada 2021, Brave Girls menuai perhatian luas berkat lagu 'Rollin' yang tiba-tiba mendapat peringkat tinggi dan popularitasnya meledak. Meski begitu, grup idol itu tidak memiliki aktivitas yang signifikan kecuali tampil di program survival Mnet Queendom 2 tak lama setelah perilisan mini album keenam mereka "THANK YOU" pada Maret 2022.

Pada Desember di tahun yang sama, konser solo pertama girl grup itu diumumkan akan berlangsung di Korea Selatan pada Januari 2022. Namun, rencana itu akhirnya ditunda karena situasi pandemi COVID-19. Brave Girls lalu memulai tur AS mereka pada Juli tahun lalu. Melalui situs resmi KBS, diketahui bahwa judul lagu Brave Girls 'Goodbye'', menimbulkan kecurigaan dari penggemarnya tentang berakhirnya kontrak dan pembubaran girl grup tersebut.

4 dari 4 halaman

Gunakan Bahasa Isyarat

Melansir dari kanal Disabilitas Liputan6.com pada 15 Maret 2022, penggemar dan warganet memuji girl grup Brave Girls karena menggunakan bahasa isyarat dalam koreografi mereka di lagu terbaru mereka berjudul "Thank You".

Hal ini sempat diunggah seorang netizen tentang koreografi lagu baru Brave Girls menggunakan forum komunitas daring. Netizen tersebut menuliskan kalimat "Mereka (Brave Girls) tampaknya mengekspresikan 'Terima Kasih' dengan bahasa isyarat" dengan melampirkan gif koreografi yang disorot pada lagu "Thank You".

"Menggabungkan bahasa isyarat ke dalam koreo mereka, aku sangat mencintai mereka," balas akun lain.  

Dalam MV tersebut juga ada bahasa isyarat Korea yang masuk dalam koreografi mereka. Akun lain juga menyebutkan bahwa Brave Girls telah menggunakan banyak bahasa di MV mereka. Sebelumnya, Yujeong berterima kasih dalam bahasa Italia dan jangan menyerah dalam Bahasa Turki serta semoga berhasil dalam bahasa Prancis, dan kini menggunakan bahasa isyarat 'terima kasih' dalam koreografi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.