Sukses

6 Fakta Menarik Bermuda, Bagian Kerajaan Inggris yang Asal Namanya dari Pelaut Spanyol

Bermuda masih merupakan bagian dari kerajaan Inggris yang memerintah sendiri di Samudra Atlantik Utara.

Liputan6.com, Jakarta - Bermuda adalah bagian kerajaan Inggris yang memiliki pemerintahan sendiri di Samudra Atlantik Utara. Negara ini adalah kepulauan dengan tujuh pulau utama dan sekitar 170 pulau tambahan.

Bermuda berbatasan di utara dan timur laut dengan Havana, Kuba, sementara di utara berbatasan dengan Kepulauan Virgin Britania Raya dan San Juan, Puerto Riko. Mengutip dari Britannica, Selasa 14 Februari 2023, ibu kota Bermuda adalah Hamilton. Sekitar tiga per lima populasi adalah keturunan Afrika penuh atau campuran, termasuk imigran dari Hindia Barat atau keturunan mereka.

Hampir semua pulau besar Bermuda berpenghuni dan Pulau Utama memiliki konsentrasi penduduk terbesar. Bermuda adalah salah satu negara yang mengalami kepadatan penduduk tertinggi di dunia. Masih banyak hal lainnya tentang Bermuda selain letak geografisnya, berikut enam fakta menarik Bermuda yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber pada Selasa 14 Februari 2023. 

1. Asal Nama dari Pelaut

Nama Bermuda ternyata diambil dari nama pelaut Spanyol Juan de Bermúdez, yang dalam sejarahnya menemukan pulau-pulau tersebut pada 1505. Ia ketika itu berlayar ke Spanyol dari pelayaran perbekalan ke Hispaniola di kapal La Garça.

Adapun nama akhirnya berasal dari Visigothic nama "Bermund" atau "Veremund". Kemunculan awal nama tersebut di sastra Inggris adalah dalam Shakespeare The Tempest, sebuah drama yang terinspirasi oleh bangkai kapal Sea Venture, meskipun tidak dirawat di pulau tersebut. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Sejarah Bermuda

Bermuda ditemukan pada awal era 1500-an oleh penjelajah Spanyol Juan de Bermúdez. Bermuda tidak dihuni manusia saat ditemukan atau selama pemukiman awal Inggris satu abad kemudian.

Baik kapal Spanyol maupun Portugis menggunakan pulau-pulau itu sebagai tempat untuk pengisian ulang maupun mengambil daging dan air segar. Pelaut Portugis yang terdampar sekarang dianggap bertanggung jawab atas prasasti tahun 1543 di Portuguese Rock, yang sebelumnya disebut Spanish Rock.

Pulau ini memiliki legenda dari roh dan setan, sekarang dianggap berasal dari panggilan burung parau dan suara bising malam hari dari babi hutan. Kondisi badai yang sering terjadi dan terumbu karang membuat lokasinya terbilang berbahaya, hingga kepulauan ini dikenal sebagai "Pulau Setan".

3. Masih Wilayah Inggris

Otoritas eksekutif di Bermuda dipegang oleh raja Inggris yang saat ini dipegang Raja Charles III dan dijalankan atas namanya oleh gubernur Bermuda. Gubernur ditunjuk ratu atas saran dari Pemerintah Inggris.

Pertahanan dan urusan asing adalah tanggung jawab Inggris, yang juga memegang tanggung jawab untuk memastikan pemerintahan berjalan baik dan harus menyetujui setiap perubahan pada Konstitusi Bermuda. Bermuda merupakan wilayah luar negeri tertua di Inggris.

4. Iklim Semi Tropis

Saat ditemukan, Bermuda tidak dihuni oleh manusia, dan sebagian besar didominasi oleh hutan Cedar Bermuda, dengan mangrove rawa di sepanjang pantainya. Hanya terdapat 165 dari 1.000 spesies tumbuhan yang ada di pulau ini yang dianggap asli namun lima belas di antaranya, termasuk cedar eponymous yang endemik.

Iklim semi-tropis Bermuda memungkinkan pemukim untuk memperkenalkan banyak spesies pohon dan tanaman ke pulau itu. Sekarang ini, banyak jenis pohon palem, buah-buahan, dan pisang tumbuh di Bermuda, meskipun pohon kelapa yang dibudidayakan dianggap bukan asli. Satu-satunya mamalia pribumi Bermuda yaitu lima spesies kelelawar, yang semuanya ditemukan juga di Amerika Serikat bagian timur.

3 dari 4 halaman

5. Pariwisata di Bermuda

Tentunya dengan letaknya di dekat perairan, maka wisata bahari jadi andalan. Di sini terkenal akan pantai pasir merah muda Bermuda dan perairan Cerulean yang jernih sangat populer di kalangan wisatawan.

Ada begitu banyak hotel Bermuda terletak di sepanjang pantai selatan pulau, sehingga turis punya akomodasi yang memadai. Selain pantainya, terdapat sejumlah tempat wisata lainnya, seperti Situs Warisan Dunia St. George's yang bersejarah dari abad ke-16 sebagai warisan yang sudah diakui UNESCO.

Mengunjungi bermuda maka akan bisa melakukan scuba diving dan penyelam dapat menjelajahi banyak bangkai kapal serta terumbu karang di perairan yang relatif dangkal. Ada begitu banyak terumbu karang terdekat yang dapat diakses dari dekat pantai dengan snorkelling, terutama di Church Bay.

Sebagai wilayah kepulauan ada fasilitas Bermuda Underwater Exploration Institute, mercusuar, serta Crystal Caves dengan Stalaktit dan kolam bawah tanah air asin. Tapi di Bermuda, selain penduduk lokal dilarang mengendarai mobil di pulau itu. Penggunaan transportasi umum dan taksi tersedia untuk wisatawan atau pengunjung bisa menyewa skuter. 

4 dari 4 halaman

6. Kuliner Khas Bermuda

Mengutip dari Taste Atlas, Selasa, 14 Februari 2023, Chowder Fish Bermuda adalah hidangan nasional Bermuda. Bahan utamanya adalah fillet ikan, kaldu ikan, dan pure tomat, sedangkan bahan lainnya dapat bervariasi dan biasanya termasuk sayuran berupa kentang, bawang bombay, seledri, paprika hijau, wortel, herba, dan rempah-rempah seperti timi, daun salam, merica, dan cengkeh.

Secara tradisional, chowder dibumbui dengan rum hitam dan saus pedas sherry peppers lokal. Berbeda dengan chowders berbahan dasar susu atau krim, yang satu ini tidak terlalu kental dan memiliki konsistensi yang lebih ringan dan berkaldu. Diyakini bahwa hidangan tersebut pertama kali dibuat oleh penjajah abad ke-17 yang menyiapkannya dalam kuali yang diletakkan di atas api unggun di pantai.

Selain itu ada minuman nasional Bermuda, Rum Swizzle dikenal sebagai koktail berbahan dasar rum selain rum hitam dan emas, terdiri dari jus nanas, jus jeruk, jus lemon, grenadine, Bermuda Falernum, dan pahit Angostura. Koktail ini merupakan bagian dari budaya dan masakan Kepulauan Bermuda sejak pertengahan abad ke-18 dan hingga saat ini ada dalam beberapa versi.

Beberapa versi paling terkenal dari minuman tropis ini yaitu Kingston Swizzle yang berisi air panas, Kona Swizzle, dan Martinique Swizzle. Rum Swizzle disiapkan dengan mencampur bahan-bahan dengan es serut. Biasanya minuman disajikan dalam gelas koktail, dihiasi dengan roda oranye dan ceri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.