Sukses

Raffi Ahmad Ungkap Alasan Pernah Titipkan Rafathar ke Panti Asuhan

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai seorang ayah, Raffi Ahmad tentu sangat menyayangi anak-anaknya. Tapi di saat tertentu, ia mengaku harus mengambil tindakan tegas terutama pada putra sulungnya, Rafatthar Malik Ahmad.

Raffi bahkan mengungkapkan pernah menitipkan Rafathar ke Panti Asuhan. Raffi Ahmad mengatakan alasan ia membawa Rafathar ke panti asuhan.

Menurut suami dari Nagita Slavina ini, ia terpaksa melakukan itu karena Rafathar membangkan perkataan ibunya, sekaligus ingin mengajarinya cara bersyukur. Hal tersebut dikatakan Raffi saat menjadi bintang tamu di Podcast Denny Sumargo.

"Jadi gue pernah gue bawa Rafathar ke panti asuhan, memang sengaja gue bawa dia ke panti asuhan. Karena wakty itu dia ngelawan terus sama ibunya, gue sampai bingung waktu itu gimana cara ngatasinnya," terang Raffi, dilansir dari kanal YouTube Curhat Bang Denny Sumargo, 31 Januari 2023.

"Terus akhirnya gue telepon temen gue yang punya salah satu panti asuhan, 'izin gue mau kesana, kalau bisa gua mau nginepin Rafathar sehari aja," tambahnya. Sebelum membawa ke Panti Asuhan, Raffi sempat memarahi Rafathar karena membentak ibunya.

Raffi Ahmad menasihati putranya untuk bersyukur karena masih memiliki ibu. "Gue langsung marahin Rafathar gue bilang, 'Rafathar tahu nggak banyak orang yang nggak punya ibu, Rafathar itu punya ibu masa dimarah-marahin sama dibentak dimarah-marahin, itu ibu kamu sendiri," ujar Raffi.

"Banyak anak-anak yang nggak punya ibu yang lebih susah dari Rafathar. Rafathar itu harusnya bersyukur," sambungnya. Lalu Raffi Ahmad meminta pengasuh Rafathar, Lala untuk menyiapkan beberapa baju untuk dibawa Rafathar ke panti asuhan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menguji Mental Rafathar

"Papa ni udah marah banget sama Rafathar. Sekarang Rafathar ikut sama papa, Aku suruh Lala bawain baju Rafathar, dia sudah panik tuh dan tanya 'kemana pah'," ujar Raffi lagi..

Sebelum menitipkan ke panti asuhan, Raffi sempat menguji mental Rafathar. Aktor dan presenter ini mengajak Rafathar berkeliling panti asuhan untuk melihat lihat kondisi anak -anak yang tak memiliki orangtua.

"Gue langsung bawa dia ke panti asuhan. Gue sengaja tes mentalnya dulu, nggak langsung dimasukin. Gue sama dia solat dulu, kan banyak tuh anak-anak di sana,” jelas Raffi.

Raffi menuturkan putranya sempat bertanya mengenai anak-anak yang ada di panti asuhan. Menurut Raffi, Rafathar terlihat sangat ketakutan.

Saat Raffi Ahmad memberi tahu Rafathar akan dititipkan selama seminggu, putranya menangis. Ia pun menasihati Rafathar untuk bersyukur karena masih memiliki orangtua yang lengkap.

"Habis itu dia bingung kan anak-anak disana, ustadznya kan orang orang baru semua. Dia nggak mau, Gue tetap sama keputusan gua, wah dia nangis kejer. Gue bilang ini demi kebaikan dia dan supaya bersyukur masih punya orangtua," kata Raffi.

3 dari 4 halaman

Mampu Beradaptasi

Selanjutnya Raffi Ahmad berpamitan kepada Rafathar untuk pulang.Bos Rans Entertainment itu tak langsung pulang tapi menunggu di luar selama satu jam. Selang satu jam, ia menelpon sang ustadz dan mendapat kabar putranya. Menurut ustadz, putranya tak terlihat sedih, justru bisa beradaptasi dengan orang baru.

"Sudah gue nunggu dulu sejam, dia tadinya diem aja. Hampir satu jam kemudian dia udah mulai bergaul, udah mulai main-main, udah happy dia," tutur Raffi Ahmad seraya tertawa.

Raffi pun mengaku tak menyangka Rafathar mampu beradaptasi dengan orang baru." Dia adaptasinya bagus. Ternyata yang gue dapet itu penilaiannya Rafathar itu mirip gue, dia selalu berani attack sama orang yang udah deket banget, sama ibunya pasti, sama Lala juga. Tapi sama gue dia nggak begitu berani, begitu juga sama orang-orang yang baru dia kenal, dia cenderung berusaha untuk lebih akrab dan mengalah,” lanjut Raffi.

Selain itu, Raffi juga bercerita pernah marah kepada Rafathar hingga si sulung dikunci di dalam kamar mandi. Itu terjadi lagi-lagi karena Rafathar membangkang kepada Nagita Slavina."Oh jadi kalau Rafathar bikin salah apa lu enggak pernah marah ya?" tanya Densu.

4 dari 4 halaman

Menghargai Perempuan

"Gue jarang marah. Kecuali gue marah, pernah marah sama Rafathar gue kunci di kamar mandi. Saat dia, apa, bukannya marah, tapi lebih ngebangkang ke ibunya," jawab Raffi Ahmad.

Raffi Ahmad melakukan hal tersebut sebagaimana sang ayah juga melakukan hal yang sama kepadanya dulu saat ia melakukan salah. Rupanya hal itu juga pernah dialami oleh Denny Sumargo."Karena gue dulu digituin sama bokap gue, sama almarhum bokap gue," jelas Raffi."Gue juga dikunci kamar mandi," kata Densu.

Raffi ingin mendidik Rafathar agar jadi laki-laki yang menghargai perempuan, terlebih seorang ibu. Hal itu juga diterapkan mendiang ayahnya kepada Raffi Ahmad.

"Jadi kalau cuma masalah gue misalnya nakal atau apa, bokap gue enggak pernah marahin.Tapi kalau gue ngelawan ke nyokap gue, misalnya (bilang) 'Mama! Dasar Mama!'. Misalnya ada kata-kata yang keras, bukannya kasar, tapi lebih ke keras gitu ya. 'Mama yang gini...' Wah, itu sama bokap gue langsung di... Pernah wak, dicelupin di bak mandi wak. Kepala di bawah gitu, terus jebur.. gitu wak, terus dikunci," terang Raffi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.