Sukses

Ternyata Mudah, Ini 3 Cara Bikin Perhiasan Emas Kembali Berkilau dan Tampak Baru

Tanpa disadari, perhiasan emas yang dipakai sehari-hari tampilannya semakin hari semakin kurang menarik. Kilauan emas tampak berkurang dan terlihat kusam.

Liputan6.com, Jakarta Perhiasan emas telah lama menjadi simbol kejayaan, kekayaan dan status sosial yang tinggi di kalangan masyarakat. Perhiasan bisa membuat penampilan seorang wanita menjadi cantik dan menawan. Sehingga populer menjadi bagian dari investasi penampilan diri dengan koleksi cincin, gelang, anting, dan kalung.

Sayangnya, sadar atau tidak, perhiasan emas yang dipakai sehari-hari tampilannya bisa semakin kurang menarik. Kilauan emas tampak berkurang dan terlihat kusam. Itu disebabkan karena perhiasan digunakan dekat dengan kulit, sehingga keringat, minyak tubuh, atau sisa make-up dan kotoran bisa ikut menempel pada perhiasan.

Agar kilauannya tetap terjaga perlu pembersihan secara rutin. Cara paling mudah perawatan perhiasan emas adalah membawanya ke toko emas. Namun, cara ini dianggap kurang praktis bagi sebagian orang. 

Tak perlu khawatir, karena kini kamu bisa membersihkan perhiasan sendiri di rumah. Bagaimana caranya? Simak tips membersihkan perhiasan emas agar kembali berkilau dan tampak baru.

Gunakan Cairan Pembersih Khusus

Cara pertama, kamu bisa gunakan cairan pembersih khusu perhiasan yang dijual di marketplace. Caranya mudah, cukup celupkan perhiasan pada cairan pembersih. Diamkan beberapa detik lalu keringkan dengan handuk atau tisu.

 

Gunakan Sabun Cuci Piring

Sabun cuci piring dapat membuat perhiasan emas kembali berkilau. Caranya juga mudah, cukup teteskan sabun cuci piring ke wadah berisikan air hangat. Lalu masukan perhiasan yang ingin dibersihkan. Diamkan sekitar 5 menit lalu angkat dan keringkan sampai benar-benar kering. Jika ada noda yang cukup membandel, cukup sikat secara lembut lalu keringkan.

Gunakan Polishing Cloth

Polishing cloth adalah kain khusus pembersih perhiasan emas atau perak. Kain ini bisa kamu beli di marketplace. Fungsinya adalah memelihara dan membersihkan perhiasan emas, sehingga perhiasan yang kusam akan kembali berkilau. Caranya cukup menggosok permukaan perhiasan dengan kain ini secara lembut. Pastikan perhiasan kering tidak terkena air. Kain ini akan tetap berfungsi selama penggunaannya tidak pernah terkena air.

Jangka waktu pembersihan perhiasan disesuaikan dengan waktu pakainya. Setidaknya bersihkan perhiasan setiap bulan atau lebih sering saat sudah terlihat kusam. Selain membersihkan secara teratur, ada cara lain untuk merawat perhiasan yang tepat.

  • Gunakan perhiasan emas seperlunya. Gunakan perhiasan saat ada acara khusus atau kegiatan sehari.
  • Lepas perhiasan saat sedang tidur, mandi, dan olahraga.
  • Simpan perhiasan di kotak khusus dan jangan simpan secara menumpuk.
  • Hindari memakai perhiasan saat berenang atau pergi ke pantai.

Demikian cara membersihkan perhiasan yang mudah dan tips merawatnya.

 

(*/Kdk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini