Sukses

Tak Banyak yang Tahu, Ternyata ini 4 Cara Menghilangkan Bau Badan Tak Sedap

Liputan6.com, Jakarta Memiliki bau badan tak sedap tentu menjadi sebuah permasalahan yang tak diinginkan oleh siapapun. Pasalnya, kondisi seperti ini mampu menurunkan tingkat kepercayaan diri yang dipunya. Selain itu, punya bau badan pun juga akan membuat orang lain tak nyaman jika harus berdekatan dalam waktu yang lama. 

Pada dasarnya, bau tak sedap yang muncul ini berasal dari bakteri yang hidup dan berkembang biak pada tubuh yang berkeringat. Sehingga, tak heran jika bau badan seseorang akan menjadi sangat tak enak dicium saat sedang mengeluarkan keringat yang berlebihan. 

Meski begitu, ternyata ada beberapa cara sederhana yang bisa dicoba untuk menghilangkan bau badan ini, lho. Apa saja? Yuk, simak ulasan berikut ini.

1. Rutin Mandi Setiap Hari

Untuk negara tropis seperti di Indonesia, setidaknya perlu untuk mandi setidaknya satu kali sehari. Aktivitas ini sendiri terbilang wajib dilakukan, terutama ketika cuaca sedang panas dan cenderung bisa memicu timbulnya keringat. 

Jika saja kamu tak mandi meski sudah bercucuran keringat, maka tubuh bisa saja lengket, gatal-gatal, dan bahkan mampu menimbulkan aroma tubuh yang tak mengenakan. Untuk itu, pastikan agar membersihkan setiap bagian tubuh dengan air bersih dan juga sabun mandi.

2. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Siapa bilang jika makanan tak memiliki pengaruh terhadap bau badan? Kenyataannya, beberapa jenis makanan tertentu bisa saja mengakibatkan munculnya bau tubuh yang tak diinginkan. Adapun makanan yang dimaksud adalah makanan pedas, berminyak, memiliki kandungan lemak, serta punya bau khas yang menyengat. Oleh karena itu, perhatikan setiap santapan yang hendak dimakan, ya.

3. Pakai Pakaian yang Bersih

Jika memiliki tipe tubuh yang mudah dan sering berkeringat, maka sangat dianjurkan untuk rajin mengganti baju dan celana yang dikenakan. Upayakan untuk selalu menggantinya dengan yang bersih. Sebab, pakaian yang bersih biasanya akan dapat mengurangi bau badan tak sedap yang terjadi kepadamu. 

Selain pakaian tersebut, kamu pun juga harus rutin mengganti kaos kaki yang dikenakan saat keluar ruangan. Benda satu ini terbilang sangat mudah untuk terkontaminasi bakteri-bakteri penyebab bau yang tak sedap. Karenanya, jangan sampai lupa untuk mencuci barang ini dan gunakan yang sudah bersih, ya.

4. Gunakan Deodoran

Hal terakhir yang bisa dicoba agar bau badan sirna adalah dengan menggunakan deodoran. Mungkin kamu sudah menyadari bahwa bau badan bisa dikaitkan dengan bau tak enak yang berasal dari ketiak. Ini biasanya terjadi karena ketiak merupakan area tubuh yang paling banyak mengeluarkan keringat. Sehingga, sangat disarankan untuk memanfaatkan produk deodoran agar bisa terhindar dari situasi yang buruk.

Di dalam deodoran sendiri terdapat beberapa kandungan senyawa yang diyakini mampu membasmi bakteri penyebab bau badan tak sedap. Selain itu, penggunaan produk ini pun bisa mengurangi produksi keringat pada area ketiak yang berlebihan. Jadi, jangan pernah ragu untuk menggunakan deodoran sehari-harinya.

Well, itu tadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau tak sedap dari tubuh. Jangan lupa untuk mencoba semuanya, ya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS