Sukses

Miss Universe 2022 Dimenangkan Wakil Amerika Serikat R'Bonney Gabriel

Kemenangan R'Bonney Gabriel membuat sejarah baru karena untuk pertama kalinya kontestan berdarah Filpina-Amerika Serikat berhasil jadi pemenang Miss Universe.

Liputan6.com, Jakarta - Ajang Miss Universe 2022 telah digelar di New Orleans Ernest N. Morial Convention Center, Louisiana, Amerika Serikat (AS), Sabtu malam, 14 Januari 2023 atau Minggu (15/1/2023) waktu Indonesia. Wakil Amerika Serikat akhirnya terpilih sebagai Miss Universe 2022. Miss Amerika Serikat, R'Bonney Gabriel menerima mahkota Miss Universe 2022 dari Miss Universe 2021Harnaaz Sandhu dari India.

Hasil itu membuat Miss Venezuela, Amanda Dudamel Newman menjadi runner-up pertama.  Sementara Miss Republik Dominika menjadi runner-up kedua dalam ajang yang disiarkan secara live oleh kanal Youtube MISS UNIVERSE Live;

 Kemenangan R'Bonney Gabriel membuat sejarah baru karena untuk pertama kalinya kontestan berdarah Filpina-Amerika Serikat berhasil jadi pemenang Miss Universe.  Melansir The Sun, wanita cantik ini mewakili negara bagian Texas dan berhasil mengalahkan 50 finalis lainnya untuk mendapatkan gelar Miss USA atau Miss AS.

Gabriel tak hanya dikenal sebagai model, tapi juga desainer yang menciptakan pakaian ramah lingkungan. Tak heran karena ia merupakan lulusan North Texas University dengan gelar sarjana dalam Desain Fashion. Selain menyukai fesyen, wanita bertinggi badan 170 cm ini juga suka traveling. Ia memiliki darah Filipina dari sang ayah yang merupakan orang Filipina.

Sebelum pengumuman pemenang, ketiga finalis menjawab pertanyaan final di babak Top 3. Mereka ditanya tentang apa yang akan dilakukan sebagai Miss Universe untuk pemberdayaan perempuan yang progresif.

Miss Republik Dominika mengatakan dirinya akan menjadi duta untuk menyampaikan pesan soal hak-hak perempuan, karena dia sudah berkiprah di bidang itu sejak lama. Sementara Gabriel merefleksikan tugas Miss Universe dalam pekerjaannya sebagai perancang busana.

“Saya menggunakan fashion sebagai kekuatan untuk kebaikan. Di industri fashion, kami menurunkan polusi dengan menggunakan materi daur ulang, dan mengadvokasi para perempuan penyintas human trafficking dan kekerasan domestik,” ucapnya.

Sedangkan Miss Venezuela, Amanda Dudamel menyebut dirinya akan "meneruskan legasi yang sudah ditunjukkan perempuan di seluruh dunia”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Laos Bikin Sejarah, Indonesia Gagal

Sebelumnya, kontes kecantikan paling bergengsi yang diikuti 84 negara ini sudah memilih kontestan yang berhasil masuk 16 Besar. Sayangnya tidak. Puteri Indonesia 2022, Laksmi De Neefe, gagal melangkah ke babak selanjutnya.

Yang menarik adalah Laos yang untuk pertama kalinya masuk 16 Besar. Berikut daftar kontestan yang masuk babak 16 Besar Miss Universe 2022:

Puerto Riko, Haiti, Australia, Republik Dominika, Laos, Afrika Selatan, Portugal, Kanada, Peru, Trinidad dan Tobago, India, Venezuela,Spanyol, Kolombia, Kurakao dan Amerika Serikat.

Sejak awal kontes, kehadiran Miss Laos Payengxa Lor sudah menarik banyak perhatian. Ia bahkan banyak disebut sebagai salah satu favcorit pemenang Miss Universe 2022. Prediksi itu mulai sedikt terbukti.

Kiprah Lor membuat banyak orang penasaran dengan sosoknya. Melansir laman angelopedia dan berbagai sumber lainnya, merupakan seorang guru dan ratu kecantikan Payengxa berasal dari Vientiane, Laos dan merupakan mahasiswi jurusan bisnis manajemen di Lao-American College. Selain fasih berbahasa Laos, ia juga fasih menggunakan bahasa Inggris.

3 dari 4 halaman

Selempang Berkelanjutan

Wanita berusia 21 tahun ini juga mendirikan beberapa organisasi yang fokus pada kegiatan sosial Beberapa organisasi tersebut di antaranya You Can Do It dan Hmong Woman Network

Dengan beragam kelebihan yang dimilikinya, Lor berhasil menjadi Miss Laos Payengxa mengikuti kompetisi Miss Universe Laos 2022 yang berlangsung pada 8 Oktober 2022 lalu.

Selain berhasil memenangkan gelar utama dan beberapa penghargaan khusus Ia mendapat penghargaan Miss Perfect Skin, Miss Confident Smile, dan Scent of Beauty

Setelah mahkota baru, Organisasi Miss Universe kembali memperkenalkan gebrakan lain. Mereka sepertinya ingin ratu kecantikan berikutnya membawa kecintaan terhadap lingkungan di pundak mereka secara harfiah.

Pasalnya, pada 23 Desember 2022, akun media sosial organisasi tersebut mengungkap apa yang mereka juluki sebagai "selempang berkelanjutan pertama di alam semesta." Bekerja sama dengan The Sash Company, selendang baru Miss Universe diklaim dibuat dari 100 persen bahan daur ulang pascakonsumsi dengan rhinestones yang diproduksi secara etis.

4 dari 4 halaman

Mahkota Baru

Dalam keterangan unggahan, mereka menulis, "Kami berharap komitmen kami terhadap keberlanjutan akan mengurangi jumlah keseluruhan plastik dan limbah di lingkungan. Ini adalah salah satu langkah kecil dari banyak langkah yang kami harap dapat kami lakukan di masa depan karena tindakan kecil perusahaan dan organisasi akan berdampak besar dalam menciptakan masa depan yang lebih hijau untuk semua."

Di sisi lain, mahkota baru kontes kecantikan ini dinamai "Force for Good." Melansir The National Thailand, 21 Desember 2022, pemilik Organisasi Miss Universe, sekaligus CEO JKN Global Group, Anne Jakapong, menggambarkan mahkota tersebut sebagai warisan baru di bawah kepemimpinannya.

"Force for Good," yang dirancang merek perhiasan mewah Mouawad, mewakili inkarnasi anggun dari nilai-nilai lama Miss Universe sebagai cahaya penuntun, katanya."Ambisi kami adalah menanamkan semangat untuk 'kepemimpinan transformasional,' dengan keyakinan kuat bahwa setiap orang dapat memimpin, menjadi sukses, dan mencapai tujuan hidup mereka," Anne Jakapong menyebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.