Sukses

Menikmati Perjalanan Rasa Melalui 5 Kuliner Khas Kuningan, Wajib Anda Cicipi!

Kota yang dijuluki sebagai Kota Kuda tersebut menyajikan ragam kuliner yang lezat nan murah meriah.

Liputan6.com, Jakarta Kota yang berjarak 250 Km dari Kota Bandung dan 43 Km dari Kota Cirebon ini memiliki kuliner yang wajib pencinta kuliner cicipi. Ya, Kuningan! Kota yang dijuluki sebagai Kota Kuda tersebut menyajikan ragam kuliner yang lezat nan murah meriah.

Mulai dari makanan yang bercita rasa manis hingga gurih bisa serta makanan ringan sampai berat Anda nikmati. Dan dari cita rasa makanan khas Kuningan, Anda bisa menikmati perjalanan rasa dan memahami identitas budaya di Kota Kuda tersebut.

Mau tahu apa saja makanan khas Kuningan yang wajib Anda cicipi? Simak daftarnya di bawah ini!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kwecang

Dimulai dari makanan ringan yang bisa Anda cicipi ketika berkunjung ke Kuningan. Kwecang yang memilki tampilan luar seperti Bakcang ini bisa Anda rasakan kenikmatannya.

Dibungkus dengan daun pisang dan berbentuk seperti piramida, Kwecang dibuat dari beras ketan dan air kapur sirih. Biasanya, Kwecang tidak terdapat isian di dalamnya. 

Kwecang kerap disantap dengan saus cocolan manis yang terbuat dari gula, air, dan daun pandan.

3 dari 6 halaman

2. Hucap

Jika Anda ingin menyantap sarapan di Kuningan, Hucap bisa dijadikan alternatif yang tepat. Hucap merupakan akronim dari "Tahu Kecap". Bisa dibilang, tampilan dari Hucap mirip dengan Kupat Tahu. 

Namun, yang membedakan Hucap dengan Kupat Tahu adalah rasa manis yang lebih kuat karena menggunakan banyak kecap. Selain itu, Hucap hanya menggunakan dua bahan dasar utama, tahu dan kecap ditambah dengan ketupat.

4 dari 6 halaman

3. Rujak Kangkung

Buat Anda yang masuk dalam kategori vegan, makanan satu ini bisa menjadi solusi ampuh. Selain buah, ternyata kangkung pun bisa dibuat menjadi semacam rujak lho.

Dengan cita rasa pedas yang kuat dengan tambahan bumbu kacang ala rujak serta Asam Jawa, Rujak Kangkung bisa membuat tubuh Anda menjadi segar, dijamin tak bikin kantuk deh!

5 dari 6 halaman

4. Kue Satu

Makanan ringan satu ini adalah pilihan tepat untuk Anda yang ingin membawakan oleh-oleh untuk sanak famili di Jakarta. Kue Satu merupakan kue yang terbuat dari olahan kacang hijau yang disangrai, ditumbuk, dicampur gula halus, lalu dicetak menggunakan cetakan kayu.

Tak sampai di situ, Kue Satu pun lalu dijemur di bawah terik matahari sampai kering. Yang menariknya, Kue Satu tidak dipanggang atau digoreng. So, wajib Anda cicipi ya!

6 dari 6 halaman

5. Ketempling

Selain Kue Satu, Ketempling juga bisa menjadi pilihan ketika Anda ingin membawa oleh-oleh dari Kuningan. Terbuat dari singkong, makanan ringan ini menjadi camilan favorit warga Kuningan lho!

Ketempling memiliki bentuk bulat dengan warnanya yang kekuningan. Selain itu, teksturnya renyah dan rasanya juga gurih. Terdapat dua rasa Ketempling yang bisa Anda cicipi, rasa oncom dan original.

 

(*) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini