Sukses

Blibli Bagikan 10 Tips Terapkan Sustainable Shopping, Pasti Mudah!

Blibli kembali melakukan kampanye dengan tema Langkah Membumi. Lewat tema tersebut, Blibli menonjolkan tren sustainable shopping alias belanja berkelanjutan.

Liputan6.com, Jakarta Seiring dengan meningkatnya gaya hidup eco-friendly di masyarakat dan dibarengi oleh perkembangan sustainable product yang cukup pesat, pola belanja pun mulai menitikberatkan pada keberlanjutan lingkungan atau eco-friendly consumerism

Pola belanja tersebut juga seringkali dikenal dengan sebutan sustainable shopping. Tren sustainable shopping pun disikapi dengan tangan terbuka oleh berbagai pihak yang berkecimpung dalam industri kreatif ramah lingkungan Tanah Air. 

Mulai dari desainer, pemilik brand, hingga perusahaan yang bergerak di industri fesyen berbondong-bondong memberikan kontribusi nyata melalui langkah yang diambil dalam mendukung sustainable shopping demi menjaga keberlanjutan lingkungan. Bahkan, salah satu pelaku e-commerce terdepan di Indonesia, Blibli pun turut serta mendukung tren sustainable shopping lewat upcycle sampah kemasan kardus dan plastik yang turut melibatkan komunitas perempuan marjinal. 

Lewat program Blibli Cinta Bumi ini yang sudah diinisiasi sejak 2020 lalu. Blibli hadir sebagai support system dalam menjalankan sustainable shopping. Sustainable shopping merupakan cara berbelanja yang memperhatikan keberlanjutan lingkungan. Dengan kata lain, ketika kamu belanja, barang atau produk yang dibeli nggak berdampak negatif ke lingkungan, dapat merupakan produk daur ulang sampah atau upcycle

Menyoal produk berkelanjutan, berdasarkan survei global antara 12 Juli-18 Agustus 2021 yang dilakukan Illuminate Asia perwakilan dari International Research Institutes (Iris) Indonesia melaporkan, 6 dari 10 (58%) orang Indonesia setuju bahwa mereka memilih produk berdasarkan keberlanjutan atau ramah lingkungan.

Namun sayangnya, hanya 20% orang Indonesia yang mengecek apakah suatu kemasan produk dapat didaur ulang atau tidak. Sementara 60% menyatakan tidak pernah memeriksanya kemasan produk. 

Meski demikian, konsep sustainable shopping di Indonesia saat ini kian diminati. Di Indonesia sendiri, ada beberapa tren sustainable shopping. Pertama adalah thrift shopping yang merupakan memilih produk (pakaian) second hand atau preloved

Berdasarkan survei global terhadap 6000 konsumen yang dilakukan pada 2020 dan 2000 orang pada 2022, diketahui ada 40% pembeli membeli barang secondhand atau thrift sebagai langkah sustainable fashion. Alasannya karena banyaknya pilihan dan potongan unik pada produk secondhand atau thrift

Selain itu diketahui pula kalau 31% Gen-Z cenderung memilih thrifting dan 44% menjual kembali barang miliknya, mengikuti generasi milenial di belakangnya. Itu artinya, saat ini semakin banyak para pelaku usaha yang menjadi seller thrift dengan menjual barang-barang berlabel 'bekas', bermerek, dan dengan kualitas yang masih terbilang baik. Harganya pun relatif terjangkau. 

Tren yang kedua adalah memilih bahan ramah lingkungan. Dalam industri mode, semakin banyak pakaian yang menggunakan bahan eco-friendly dan diproduksi secara berkelanjutan, seperti kain dari serat bambu dan tencel. 

Nah, bicara tentang sustainable shopping, sebenarnya cara belanja ini hadir karena sejalan dengan praktik mode yang beretika atau dikenal dengan gerakan sustainable fashion. Berkaitan dengan hal tersebut, Blibli mengajak masyarakat untuk ikut menyelamatkan bumi, dengan memanfaatkan barang yang sudah ada, untuk didaur ulang, menjadi berguna agar nggak menjadi limbah. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pentingnya Sustainable Shopping

Sustainable shopping jika dilihat dari perspektif lain bukan sekadar cara belanja yang nggak berdampak negatif ke lingkungan. Lebih dari itu, sustainable shopping mencakup bahan yang digunakan untuk memproduksi produk, energi yang digunakan untuk memproduksinya, dan jejak karbon yang berkaitan dengan cara pengirimannya ke pelanggan. 

Jika bicara dalam dunia bisnis, keberlanjutan tentu menjadi faktor penting. Itu karena keberlanjutan menentukan kualitas yang dapat berlanjut dalam jangka waktu lama dan mewakili banyak elemen, tergantung dari industri bisnis yang dijalani. 

Dalam fesyen misalnya, lini produk keberlanjutan tentunya bakal menguntungkan bumi dan kamu sebagai pelanggan. Namun, itu hanya contoh sustainable dalam bisnis, sejauh mana pentingnya keberlanjutan ini untuk pelanggan saat berbelanja? 

Jadi, sustainable shopping menjadi cara berbelanja 'baru’ yang harus kamu lakukan karena dengan menerapkan pola belanja ini, kamu ikut mengurangi limbah yang berakhir di tempat pembuangan sampah. 

Selain itu, kamu juga ikut menurunkan emisi gas rumah kaca karena menggunakan produk-produk berkelanjutan. Bukan cuma bermanfaat bagi lingkungan, sustainable shopping juga berdampak baik untuk kesehatan. 

Misalnya ketika kamu menggunakan produk biodegradable dan BPA free. Artinya kamu sekaligus menghindari penggunaan zat berbahaya secara nggak langsung yang berisiko terhadap kesehatan. 

3 dari 4 halaman

Cara Berbelanja Sustainable yang Perlu Diperhatikan

Melakukan upaya berbelanja secara berkelanjutan dan menggunakan kembali serta mendaur ulang barang ada, sangat penting untuk membantu kelangsungan hidup manusia dan bumi. Maka dari itu, untuk menerapkan berbelanja berkelanjutan, ada hal yang harus kamu perhatikan. 

1. Buat Daftar Sebelum Beli Produk

Sama seperti ketika kamu berbelanja pada umumnya, ketika menjalankan sustainable shopping, ada baiknya kamu bikin daftar barang atau produk yang dibutuhkan dan teliti sebelum membeli. 

Saat kamu sudah bikin daftar belanja, fokus pada barang yang akan dibeli dan jangan mudah tergoda ketika ada tanda sale atau flash sale. Dengan begitu, kamu sudah selangkah lebih dekat dengan cara belanja berkelanjutan. 

2. Pilih Produk yang Ramah Lingkungan

Saat membeli barang, akan lebih baik jika kamu memilih produk yang terbuat dari bahan ramah lingkungan. Sikat gigi plastik misalnya, ganti dengan bahan dari bambu. Wadah berbahan plastik, ganti dengan wadah reusable bahan silicone dan BPA free

3. Beli Produk Lokal

Saat ini sudah banyak pelaku usaha yang menerapkan konsep sustainability. Yup, kamu bisa memilih produk lokal yang proses produksinya menjalankan prinsip berkelanjutan dan ramah lingkungan.  

Sustainable Shopping di Blibli Aja! 

Blibli merupakan e-commerce yang memiliki ekosistem hijau yang menerapkan prinsip Environmental, Social, and Good Governance (ESG). Ya, Blibli menyediakan eco hub pertama untuk masyarakat, agar dapat belanja barang eco-friendly secara omnichannel dan barang pasti orisinal. 

Produk eco-friendly tersebut bisa didapatkan dengan mengunjungi laman utama kurasi produk eco-conscious di aplikasi dan situs resmi Blibli dengan mengetik di search bar Blibli Cinta Bumi dengan jaminan produk orisinil, pengiriman cepat, bebas ongkir, pilihan metode pembayaran yang komplit, jaminan retur 15 hari dan untuk informasi lebih lanjut kamu bisa menghubungi customer care Blibli kelas dunia, secara 24/7. 

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini