Sukses

Petualangan Rasa Kuliner Mediterania dari Negeri Kaya Rempah

Selain cita rasa kaya rempah, restoran Mediterania Zibaa Indonesia juga menyisipkan konsep ramah lingkungan dalam bisnisnya.

Liputan6.com, Jakarta - Pengaruh bumbu-bumbu dari Asia, Eropa, dan Afrika membuat kuliner Mediterania kaya cita rasa. Mediterania sendiri merupakan kawasan yang berbatasan dengan Eropa di utara, selatannya merupakan Afrika, dan Asia di sisi timur. 

Tidak perlu jauh-jauh untuk mencicip kuliner khas mediterania, karena di Indonesia ada banyak restoran yang mengusung konsep makanan tersebut. Salah satunya Zibaa Indonesia, restoran di Gading Serpong, Tangerang yang akan membawa Anda dalam petualangan rasa ke negeri kaya rempah.

Di sini, pengunjung akan dimanjakan dengan perpaduan cita rasa makanan khas Persia, India, Mediterania, dan kuliner lokal. "Zibaa berarti 'cantik' dalam bahasa Persia. Nama ini terinspirasi dari warna-warni jalanan di Mumbai sampai ke Istanbul, sekaligus merepresentasikan kekayaan kuliner yang disajikan Zibaa," ungkap Oswald Trevor Fernandez, Direktur Zibaa Indonesia, saat perayaan ulang tahun pertama mereka di Tangerang, Senin, 19 Desember 2022. 

Penamaan restoran menggambarkan nuansa Timur Tengah modern yang diusung Zibaa. Ketika menginjakkan kaki di pintu masuk, warna terang dekorasinya langsung memikat pandangan. Begitu juga pola geometri ala Persia yang penuh warna di beberapa elemen ruangan. 

Salah satu menu menggugah selera yang dicicip Liputan6.com adalah Persian Lamb Biryani. Itu merupakan sajian daging domba slow-cooked yang dimasak bersama campuran rempah khas Persia dan bawang bombai Spanyol.

Itu disajikan bersama beras basmati beraroma mawar, kismis kering, kacang mete, dan saffron. Sepiring nasi biryani autentik khas Persia dengan daging domba lembut ini bumbunya terasa meresap sempurna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Deretan Menu

Makanan lainnya yang direkomendasikan adalah Chicken Z Biryani. Ini merupakan variasi menu legendaris Irani Cafe. Perpaduan beras basmati yang dimasak bersama potongan ayam, telur, dan buah kranberi dengan bumbu ala Persia ini menghasilkan tidak hanya rasa yang nikmat, namun juga aroma menggugah selera.

Selanjutnya ada Zibaa Hummus. Hummus sendiri terbuat dari campuran buncis, bawang putih, minyak zaitun, dan perasan lemon. Beberapa campuran rempah Dukkah dan sedikit jintan memberi aroma khas pada hummus.

Zibaa Hummus dihidangkan bersama daging domba panggang yang dimarinasi bersama roti pita. Teksturnya lembut dan creamy, membuat hummus sempurna sebagai cocolan roti pita panggang.  

Kemudian, ada menu Masala Fish Tacos, yaitu sajian taco dengan twist India yang serasi. Kulit tortila lembut tersebut diisi fillet ikan tilapia yang digoreng renyah.

Di atasnya diberi saus salsa dengan tomat dan daun ketumbar, serta, tidak ketinggalan, saus taco homemade ZIBAA. Begitu kaya rasa dan tekstur, Masala Fish Taco jadi santapan ringan dengan cita rasa familiar di lidah lokal. 

3 dari 4 halaman

Menu Andalan Lain

Menu andalan lainnya yang perlu Anda coba adalah Gambas Pil Pil. Sajian ini adalah sejenis tapas yang disajikan dalam porsi kecil. Secara harafiah, Gambas Pil Pil berarti udang dalam saus pedas bersama minyak zaitun dan bawang putih.

Zibaa Indonesia juga menambahkan herba segar dan jamur ke dalam hidangan ini. Selain, ada juga dua keping roti panggang yang akan membantu pengunjung menikmati sausnya.

Kemudian, ada Chicken Tikka Masala, hidangan populer Inggris dengan pengaruh India. Sajian ini menawarkan cita rasa berani dan sedikit pedas. Daging ayam panggangnya dimasak dengan saus tomat kental yang dibumbui rempah-rempah penuh aroma.

Seporsi Chicken Tikka Masala lebih terasa nikmat saat disantap bersama nasi dari beras Basmati dan Papadum. Melengkapi sajian tadi, pesan minumannya bisa berupa Summer Lemonades yang punya beberapa varian, seperti Raspberry, Strawberries Passion, Orange & Cinnamon, dan Lemongrass.

Zibaa Indonesia sendiri berlokasi di SUMMARECON Serpong, tepatnya di Ruko North Goldfinch, Jl. Springs Boulevard, Gading Serpong, Tangerang.

 

 

 

4 dari 4 halaman

Terapkan Konsep Eco Living

Hampir semua atribut di restoran ini diklaim memenuhi standar kualitas penyajian bintang lima, termasuk pelayanan dari para pramusaji. Dari segi produk, kudapan yang disajikan memiliki keunikan dan rasa autentik menggunakan resep yang diracik sendiri oleh sang pendiri.

Selain itu, pihaknya juga ikut andil dalam mengurangi dampak perubahan iklim. Zibaa Indonesia membuat bisnisnya beradaptasi memberikan solusi ekosistem berkelanjutan, dengan menerapkan standar eco-living.

Dalam rangka merayakan ulang tahun restoran yang pertama, pihaknya pun meluncurkan produk bento box dengan kemasan ramah lingkungan, yakni terbuat dari corn-based. Selain, sestoran dengan konsep bernuansa India Mediterania ini juga menyajikan hidangan dengan alat-alat yang bisa didaur ulang.

Oswald mengatakan, restorannya menerapkan standar sustainable living, selain mengutamakan kualitas rasa dan pelayanan pada para pelanggan.

"Kami berupaya membuat cita rasa yang pas untuk semua kalangan, termasuk pelayanan pesan antar lewat aplikasi. Mereka bisa mendapatkan hidangan berkualitas dengan standar kemasan kami (yang) menggunakan bahan bisa didaur ulang," sebut Oswald.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.