Sukses

Gaya Iriana Jokowi Bersepatu Bot Saat Tiba di Belgia, Langsung Sibuk Setelah Nikahan Kaesang

Berbeda dari tampilan-tampilan sebelumnya, Iriana Jokowi tidak menyisipkan aksen busana khas Indonesia saat tiba di Brussels, Belgia.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah akhir pekan yang sibuk karena menikahkan Kaesang Pangarep, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah kembali bertugas. Bersama Ibu Negara, Iriana Jokowi, ia tengah berada di Brussels, Belgia, dalam rangka kunjungan kerja.

Melalui sederet foto yang dibagikan di akun Instagram Sekretariat Kabinet, kedatangan mereka ke negara itu pun diabadikan. Di kesempatan itu, Iriana tampil dengan pilihan alas kaki yang berbeda dari biasanya, yakni memakai sepatu bot hitam.

Alas kaki itu berwarna senada dengan celana panjang yang dipakai, sementara padanan kontrasnya berada pada long coat dan hijab yang dipakai. Di sisinya, Jokowi tampil necis dengan setelan celana panjang hitam dan long suit biru dongker di atas kemeja putih dan dasi biru muda.

"Cuaca musim dingin dengan suhu minus satu derajat celcius menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo di Brussels, Belgia," bunyi keterangan unggahan itu.

Pihaknya menyambung, "Setelah menempuh penerbangan sekitar 15 jam dari Tanah Air, pesawat Garuda Indonesia GIA-1 yang membawa Presiden dan delegasi tiba di Bandara Abelag, Brussels sekitar pukul 18.00 waktu setempat, Selasa, 13 Desember 2022."

Disebutkan bahwa agenda kunjungan kerja di sana yakni, mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) peringatan 45 tahun ASEAN-Uni Eropa. Sementara ketika bertolak ke Belgia, Iriana tampil dengan baju kurung abu muda yang dilengkapi bros sebagai aksesori.

Warna hijab segi empatnya dibuat serasi dengan busana tersebut. Ia juga tampak menyampirkan selendang batik. Ini tentu bukan kali pertama Iriana mendampingi suaminya dalam kunjungan kerja.

Sebelum ini, Iriana sudah eksis berkebaya putih dan memakai sandal Hermes saat mendampingi Jokowi ke Kamboja  untuk menghadiri KTT ASEAN ke-40 dan ke-41, bulan lalu. Iriana juga sempat memakai baju kurung dipadankan dengan kain batik sebelum berangkat ke Brussel.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Padu Padan Kebaya

Saat itu, Iriana memadukan kebaya yang dipakai dengan kerudung merah muda, selendang, dan kain batik motif parang berwarna sogan.  Ia juga menenteng tas hitam kecil dan kipas batik.

Di antara produk-produk lokal, Iriana juga menyelipkan merek internasional dalam keseluruhan tampilannya. Ia memakai sepasang sandal hitam berhak pendek keluaran Hermes. Melansir situs web merek itu, sandal Oasis buatan Italia ini bermaterial kulit kambing. Harga retailnya tercatat senilai 880 dolar AS (hampir Rp14 juta).

Sandal itu sebenarnya sudah pernah dipakai Iriana saat menghadiri upacara kemerdekaan HUT ke-77 RI, Rabu, 17 Agustus 2022. Saat itu, ia memadukannya dengan baju adat Buton, Dolomani, berwarna biru terang.

Dengan aksesori kepala yang cukup besar dan indah, penampilan Ibu Negara langsung mencuri perhatian. Perpaduan warna biru dan emas dalam busananya membuat penampilan perempuan asal Solo ini tampak elegan.

Selain itu, Iriana juga telah mendampingi Jokowi selama kunjungan ke tiga negara Asia: China, Jepang, dan Korea Selatan, Juli lalu. Tiba di Seoul, mereka disambut Dita Karang, yang kini tinggal di sana karena aktif sebagai personel grup idola wanita, Secret Number.

3 dari 4 halaman

Sentuhan Wastra Indonesia

Selama periode kunjungan kerja ini, Iriana telah memperlihatkan berbagai tampilan dengan sentuhan wastra Indonesia. Berawal sejak saat mendarat Tiongkok, yang diunggah di akun Instagram resmi Jokowi, ibu tiga anak ini memakai gaun batik bermotif parang dengan dominasi warna putih, dilengkapi selendang berwarna pastel, dan rok yang jatuh tidak sampai di mata kakinya.

Padanan itu dilengkapi dengan hijab putih. Kalung panjang dan tas tangan berwarna gelap dipilih Iriana sebagai pelengkap penampilan. Di salah satu unggahan akun Instagram Jokowi, tertulis keterangan, "Tiba di Beijing menjelang pukul sepuluh malam waktu setempat, saya dan Ibu Negara langsung menuju Diaoyutai State Guesthouse, tempat kami menginap."

Selanjutnya, Iriana tampak memakai atasan brokat berpadu kain songket dan selendang berwarna krem senada. Ia masih memakai hijab putih, tas tangan berwarna gelap, serta akesori berupa gelang dan kalung. Ini dipakainya saat minum teh dan menonton penampilan musik butet bersama istri Xi Jinping, Madam Peng Liyuan, juga ketika meninggalkan Tiongkok untuk bertolak ke Tokyo, Jepang.

Busana ini otomatis juga tampak saat rombongan Jokowi mendarat di ibu kota Negara Sakura. Salah satu agenda kunjungan, Jokowi dan Iriana bertamu ke kediaman Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako, di Istana Kekaisaran Jepang, Tokyo.

4 dari 4 halaman

Item Fashion Favorit

Momen pertemuan mereka diabadikan dalam sebuah foto yang diunggah ke akun Instagram Jokowi. Tampak di sana, Presiden Jokowi dan Kaisar Jepang Naruhito kompak memakai setelan jas hitam, hanya warna dasi mereka saja yang berbeda.

Sementara itu, penampilan kontras diperlihatkan Iriana dan Putri Masako. Kendati palet warna busananya cukup netral, Iriana menambah statement penampilan dengan aksen berkilau di sana-sini, dari pilihan atasan sampai akesori. Ia pun memakai kain batik sebagai pelengkap gaya.

Di sisi lain, Putri Masako tampak polos dengan kimono tradisional Jepang beraksen motif bunga dengan padanan warna lembut. Rambutnya digelung rapi untuk tampil selaras dengan keseluruhan look.

Hingga akhirnya pada 27 Juli 2022, rombongan tiba di Seoul, Korea Selatan, dengan Iriana memakai busana yang diperlihatkan dalam foto kunjungan ke kediaman keluarga Kerajaan Jepang. Penampilannuya kontras dengan kebaya merah yang dipakai Dita Karang.

"Sugeng rawuh (selamat datang dalam bahasa Jawa), sugeng rawuh. Selamat datang di Korea Selatan," Dita mengatakan seraya menyerahkan buket bunga pada Ibu Negara.

Menyambut rombongan presiden, Dita tampil berkebaya merah dengan tatanan rambut bun yang tidak terlalu resmi, namun tetap rapi. Selama kunjungan, dari China sampai tiba di Korea Selatan, Jokowi dan Iriana juga selalu memakai masker.

Selain, khusus untuk Iriana, ia menambah gaya dengan memakai mules heels rilisan rumah mode mewah Prancis, Chanel. Ini sepertinya jadi item fashion favoritnya untuk dipakai ke acara-acara resmi, sebagaimana terlihat dari momen-momen sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.