Sukses

Lokasi 9 Panggung Hiburan Rakyat yang Meriahkan Tasyakuran Pernikahan Kaesang - Erina Gudono di Solo

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan melangsungkan acara tasyakuran pernikahan mereka di Pura Mangkunegaran Solo.

Liputan6.com, Jakarta - Acara pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, masih berlanjut pada hari ini, Minggu (10/12/2022). Agenda utamanya adalah tasyakuran pernikahan yang digelar di Solo, Jawa Tengah.

Sembilan panggung hiburan rakyat disiapkan di sepanjang jalur kirab tasyakuran pernikahan Kaesang dan Erina. Rutenya dimulai dari rumah dinas Wali Kota Surakarta, Loji Gandrung, hingga tempat resepsi di Pura Mangkunegaran.

Sembilan panggung hiburan yang sebagian besar siap pada Sabtu, 10 Desember 2022 itu tersebar di sepanjang Jalan Slamet Riyadi hingga Jalan Diponegoro yang menuju Pura Mangkunegaran. Dilansir Antara, panggung pertama berada di depan Loji Gandrung, tempat pelaksanaan upacara "ngunduh mantu" dan dimulainya kirab pengantin Kesang dan Erina.

Panggung kedua berada di seberang Stadion R.Maladi, sedangkan panggung ketiga berada di depan Taman Sriwedari. Berikutnya, panggung keempat telah disiapkan tepat di depan Museum Batik Danar Hadi.

Adapun panggung kelima berada di depan Halte BST Timuran dan panggung keenam berada di persimpangan antara Jalan Slamet Riyadi dan Jalan Kartini. Sementara, panggung ke tujuh dan kedelapan berada di seputaran Jalan Diponegoro menuju Pura Mangkunegaran, yakni di persimpangan Jalan Slamet Riyadi dan di depan Pasar Triwindu.

Satu panggung hiburan lainnya berada di kawasan pamedan Pura Mangkunegaran tempat dilaksanakan resepsi ngunduh mantu. Ketua Panitia Pernikahan Kaesang-Erina, Erick Thohir sebelumnya mengatakan seniman dan musisi lokal Kota Solo akan mengambil bagian pada panggung hiburan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hiburan dan Makanan Gratis

Para pengisi hiburan rakyat dalam "ngunduh mantu" Keasang dan Erina tersebut antara lain Sanggar Karawitan Guyub Rukun, Keroncong Sawunggaling, Andre dan Friend Bands, Orkes Kampung Latar Jembar, Rimanz Pitoe, Java El Mariachi, Komunitas Keroncong Muda Solo, Sanggar Karawitan Gedhing Kuning, dan Keroncong De Java.

Erick mewanti-wanit agar acara yang digelar besar-besaran itu tidak menyulitkan warga Solo dan sekitarnya. Justru sebaliknya, dia ingin acara tersebut bisa menyatu dengan masyarakat setempat.

"Jangan sampai ada acara besar malah menyulitkan masyarakat karena kita ingin ini bersatu dengan masyarakat," ujarnya.

Erick menambahkan belasan ribu paket makanan dan suvenir disiapkan gratis bagi warga masyarakat yang ikut memeriahkan gelaran pesta rakyat yang digelar di sekitar rute kirab pengantin tersebut. Sebelumnya, Kaesang menyampaikan 34 perusahaan miliknya dan UMKM binaannya dilibatkan dalam menyajikan berbagai hidangan yang dapat dinikmati masyarakat secara cuma-cuma.

Dua lokasi yang disiapkan masing-masing di depan Stadion R.Maladi dan seberang Pasar Triwindu di Jalan Diponegoro. "Kami memberikan secara cuma-cuma untuk masyarakat sekitar yang ingin mencoba makanan saya," ujar Kaesang, waktu itu.

 

3 dari 4 halaman

12 Kereta Kuda

Sementara itu, panitia menyiapkan 12 kereta kuda disiapkan untuk acara kirab tasyakuran. Khusus kereta kuda untuk pengantin rencananya akan ditarik enam ekor kuda. Sementara, sebelas kereta lainnya masing-masing akan ditarik dua ekor kuda.

"Yang dipercaya untuk menyiapkan kereta kuda, yakni Ngabehi Mujiono Prasetyo selaku pemilik Pajajaran Stabel yang kebetulan masih kerabat," kata Aiptu Warsito, anggota Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkantimbas) Polsek Pesugihan, Polresta Cilacap, dilansir Antara, Kamis, 8 Desember 2022.

Warsito juga ditunjuk sebagai kusir kereta kuda yang akan membawa pasangan Kaesang dan Erina saat kirab nanti. Dia diketahui sejak kecil terbiasa menangani kuda dan delman di tempat kelahirannya di Dusun Sojiwan, Desa Kebondalem, Kidul, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, karena keluarganya memiliki kuda dan delman.

Dalam acara kirab nanti, rombongan kereta kuda tasyakuran Kaesang - Erina akan memulai perjalanan dari Loji Gandrung, Jalan Slamet Riyadi, sekitar pukul 07.30 WIB. Titik akhir rombongan kirab adalah di Pura Mangkunegaran, Jalan Diponegoro, Banjarsari, Solo, yang dipilih sebagai lokasi resepsi ngunduh mantu.

4 dari 4 halaman

Diantar ke Lokasi Akad Nikah

Erina lebih dulu merasakan naik kereta kencana saat berangkat menuju lokasi akad nikah di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo. Dia tiba pada hari ini sekitar pukul 13.00 WIB. 

Berdasarkan pantauan,Erina sempat melambai-lambaikan tangan dari atas kereta kuda. Dia tampak cantik memakai kebaya adat Jawa berwarna putih rancangan Biyan, senada dengan Kaesang Pangarep. Untuk paesnya, Erina akhirnya memilih menggunakan paes ageng Yogyakarta, lengkap dengan detail alis tanduk rusa.

Diantar sang ibu dan kedua saudarinya, Erina masuk ke dalam gedung Agung Royal Ambarrukmo. Kaesang tampak melempar senyum saat Erina berjalan ke arahnya.

Putra bungsu Presiden Jokowi tersebut lalu menyambut kedatangan Erina dan keduanya menuju meja tempat pembacaan ijab kabul. Bertindak sebagai wali nikah Erina adalah sang kakak, yakni Allen Adam Rinaldy Gudono.

Dalam akad nikah ini, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bertindak sebagai saksi mewakili pihak keluarga Kaesang. Sementara itu, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno akan menjadi saksi dari pihak Erina Gudono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.