Sukses

Beskap Fuchsia Jokowi Saat Pasang Bleketepe di Acara Siraman Kaesang Pangarep

Liputan6.com, Jakarta - Hitung mundur acara puncak pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono makin mendekati akhir. Sebelum akad nikah berlangsung besok, Sabtu, 10 Desember 2022, di Yogyakarta, calon pasangan pengantin melakukan siraman di kediaman masing-masing.

Kaesang menjalani prosesi itu di rumah pribadi orangtuanya di Jalan Kutai Utara, Sumber, Banjarsari, Solo, pada Jumat pagi (9/12/2022). Di salah satu rangkaiannya, terlihat Presiden Joko Widodo (Jokowi) memasang bleketepe, anyaman daun pohon kelapa yang masih hijau.

Di kesempatan itu, serasi dengan anggota keluarga pria lain, Jokowi memakai beskap fuchsia, bukan hitam seperti kebanyakan orang. Atasan berwarna mencolok itu dikombinasikan dengan bawahan kain cokelat yang cukup menteralkan penampilan.

Sebagai pelengkap, Jokowi juga memakai bros dan belangkon. Mengutip kanal News Liputan6.com, para tamu acara siraman Kaesang sudah mulai berdatangan sejak pukul 07.00 WIB.

Selain keluarga dan kerabat, sejumlah menteri juga datang ke lokasi siraman. Di antara mereka ada Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudy, Menteri Agraria dan Tata Ruan Hadi Tjahjanto, Menko PMK Muhadjir Effendy, serta Menteri Pertahanan Mahfud MD.

Para tamu yang hadir tampak mengenakan busana tradisional. Tamu laki-laki memakai beskap lengkap dengan jarik dan belangkon, sedangkan tamu perempuan berkebaya menawan.

Sebelum siraman, pemasangan bleketepe dilakukan Jokowi dengan menaiki tangga. Bleketepe dipasang di Tarub dan mengelilingi area untuk pernikahan merupakan perwujudan dari suatu tempat penyucian di kahyangan para dewa yang dinamakan Bale Katapi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tangis Bahagia

Tarub sendiri merupakan atap tambahan untuk tempat para tamu berteduh. Seperti dalam sejarahnya, Ki Ageng Tarub memasang peneduh untuk tamu yang hadir dalam pestanya.

Pada zaman dahulu, atap tambahan ini dibuat dari anyaman daun kelapa, sedangkan sekarang terbuat dari kain tenda. Namun, prosesi pasang tarub yang merupakan bagian dari bleketepe tetap dilaksanakan secara simbolis.

Merujuk tayangan Live Liputan6 SCTV, Jumat (9/12/2022), setelah acara, Jokowi, Iriana, menantu mereka, Bobby Nasution, dan calon pengantin pria, Kaesang Pangarep, pun menyapa awak media.

Jokowi mengatakan bahwa prosesi siraman Kaesang telah berjalan dengan lancar. "Sebagai orangtua, (kami) mengharapkan dan mendoakan agar keluarga mas Kaesang dan mba Erina ke depan bisa menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah," ia mengatakan

Sementara itu, Kaesang merasa bahagia usai menjalani siraman. Selain, ia juga mengaku menangis saat prosesi sungkeman dilakukan sebelum siraman. "Nangis bahagia," ibundanya, Iriana, menambahkan.

"Bu Iriana nangis, Kaesang juga jadi ikut nangis," Jokowi menimpali.

 

 

3 dari 4 halaman

7 Sumber Air

Dalam prosesi siraman tersebut, dirangkum kanal Health Liputan6.com, air yang digunakan Kaesang berasal dari tujuh sumber, yakni:

1. Air yang diambil dari Masjid Panepen Kraton Yogyakarta

2. Air yang diambil dari Dalem Puro Paku Alam

3. Air yang diambil dari Mangkunegaran

4. Air yang diambil dari kediaman Presiden Jokowi

5. Air yang diambil dari kediaman ibu Gudono

6. Air yang diambil dari Masjid Surakarta

7. Air yang diambil dari Tanah Suci Mekkah Almukaramah, air zam-zam

"Air adalah lambang lambang kehidupan. Air merupakan lambang ilmu dan pengetahuan," sebut pembawa acara dalam rangkaian prosesi siraman Kaesang.

Lebih lanjut dijelaskan tujuh kata pepatah Jawa Pitu, yakni Pitutur, Pitunjuk, Pitulungan, Piturut, Pitulus, Pituju, dan Pitumekan. Yang masing-masing dimaknai sebagai petuah, petunjuk, pertolongan, ikut, ikhlas, tujuan, dan akhir.

"Yang kemudian dicampur bunga setaman. Harapannya, agar kedua mempelai (Kaesang Pangarep dan Erina Gudono) bersifat kautama, yang diikat serabutnya menjadi satu," ucap pembawa acara.

 

4 dari 4 halaman

Jelang Puncak Acara

Pada prosesi siraman Kaesang, pembawa acara juga menyebut soal air kelapa muda yang melambangkan cinta tulus. Ia juga menjelaskan makna serabut kelapa, yakni "saling terikat." "Menjadi satu kesatuan antar calon mempelai," tutuenya.

"Air kelapa muda hijau lambang cinta tulus dan serabut yang terikat adalah ikatan kokoh mulia suci dan sederajat dengan sumpah dan janji Nabi dan Rasul," lanjut pembawa acara.

Sementara itu, lapor kanal News Liputan6.com, Pura Mangkunegaraan kian cantik menjelang hajatan keluarga besar Jokowi. Sebagaimana diketahui, Pura Mangkunegaraan di kota Solo akan jadi lokasi puncak pernikahan Kaesang dan Erina pada Minggu 11 Desember 2022. 

Ketua Panitia Acara Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Erick Thohir, menjelaskan bahwa Pura Mangkunegaran akan dihiasi bunga-bunga. Selain itu, terdapat pula berbagai sentuhan tambahan pada penerangan ruangannya.

"Lampu-lampu sudah diperbaiki agar setelah pernikahan, Pura Mangkunegaran ini akan tetap menjadi tujuan wisata yang menarik," kata Erick.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS