Sukses

Serial Dokumenter Resmi Dirilis, Meghan Markle Tuding Keluarga Kerajaan Inggris Menghancurkannya

Liputan6.com, Jakarta - Momen emosional Meghan Markle terpajang dalam serial dokumenter barunya bersama Pangeran Harry. Berjudul Harry & Meghan, serial dokumenter Netflix pasangan itu tayang perdana pada Kamis, 8 Desember 2022.

Melansir People, Kamis, 8 Desember 2022, episode pertama dimulai dengan Harry berbicara ke kamera tidak lama setelah ia dan Meghan secara resmi mundur dari kehidupan kerajaan pada Maret 2020. Serangkaian berita utama surat kabar yang merinci keputusan mengejutkan pasangan itu kemudian tersebar di layar.

Meghan berkata, "Saya bahkan tidak tahu harus mulai dari mana," dalam video yang direkam sendiri di Pulau Vancouver, Kanada, ketika Harry berada di London. "Pekerjaan saya adalah menjaga keamanan keluarga saya," kata Harry kemudian ke kamera.

"Saya secara umum mengkhawatirkan keselamatan keluarga saya," tambahnya ketika berbicara tentang "tingkat kebencian yang ditimbulkan" terhadap Meghan dan putra mereka Archie. Dalam sebuah adegan emosional, Duchess of Sussex kemudian terlihat tertunduk.

"Saya benar-benar ingin melihat sisi lain dari semua ini. Saya tidak tahu harus berkata apa lagi," ia mengatakan, sebelum mulai menangis. "Sayangnya, karena tidak membela sesuatu, mereka (Kerajaan Inggris) menghancurkan kami."

Masih di dokumenter tersebut, Meghan mengaku bahwa ia mempelajari realita kehidupan kerajaan dari Kate Middleton dan Pangeran William. "Ketika Will dan Kate datang, dan saya bertemu dengan mereka untuk pertama kali, mereka datang untuk makan malam," kata Meghan.

Mantan aktris ini menyambung, "Saya ingat aku memakai ripped jeans dan bertelanjang kaki. Saya terbiasa memeluk, selalu jadi pemeluk. Saya tidak menyadari bahwa itu benar-benar bukan kebiasan umum bagi banyak orang Inggris."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Keterkejutan Meghan

Meghan Markle berkata, "Saya rasa saya mulai memahami dengan sangat cepat bahwa formalitas di luar, dilakukan (juga) di dalam," tentang berbagai aturan etiket yang diikuti keluarga kerajaan, yang ia yakini secara keliru hanya dipatuhi di depan umum.

"Ada cara menghadap ke depan dan kemudian Anda menutup pintu dan bersantai sekarang," tambahnya tentang bagaimana ia mengharapkan etiket ditinggalkan di luar rumah setelah hari kerja selesai. "Tapi formalitas itu ada di kedua sisi, dan itu mengejutkan saya."

"Sangat lucu jika saya melihat ke belakang sekarang karena sekarang saya tahu banyak," lanjutnya tentang pengetahuannya tentang kehidupan kerajaan. "Dan saya sangat senang saya tidak melakukannya karena saya bisa jadi diri saya sendiri tanpa banyak persiapan."

Serial dokumenter ini tercatat ditayangkan dalam enam episode, memperlihatkan pasangan Sussex "berbagi sisi lain dari kisah cinta mereka." Melansir Guardian, volume satu dari seri ini diluncurkan Kamis, 8 September 2022, tepat tiga bulan setelah kematian nenek Harry, Ratu Elizabeth II, disambung volume kedua pada 15 Desember 2022.

3 dari 4 halaman

Video Teaser

Video teaser sebelumnya, yang berdurasi satu menit, dibuka dengan sulih suara Harry yang mengatakan, "Sangat sulit untuk melihat ke belakang sekarang dan mengatakan, 'Apa yang sebenarnya terjadi?' Ada hierarki keluarga, Anda tahu, ada yang membocorkan, tapi ada juga menanam cerita. Ini permainan kotor."

Dengan anggukan yang jelas pada istri dan mendiang ibunya, Diana, yang gambarnya terlihat di trailer, Harry menambahkan, "Rasa sakit dan penderitaan wanita yang menikah dengan institusi ini, kegilaan ini. Saya ketakutan, saya tidak ingin sejarah terulang kembali. Tidak ada yang tahu kebenaran sepenuhnya. Kami tahu kebenaran sepenuhnya."

Dalam trailer perdana yang dirilis minggu lalu, Harry dan Meghan berbagi foto-foto intim yang belum pernah diperlihatkan ke publik. Beberapa menunjukkan Duchess of Sussex tampaknya sedang menangis, dengan satu adegan menunjukkan Harry dengan kepala miring ke belakang ketika istrinya tampak menghapus air mata dengan kedua tangan.

"Mengapa Anda ingin membuat film dokumenter ini?" tanya mereka di trailer pertama dokumenter, diikuti serangkaian foto Pangeran Harry dan Meghan Markle di momen publik dan pribadi. "Tidak ada yang melihat apa yang terjadi di balik pintu tertutup," kata Harry dalam narasinya.

"Saya harus melakukan semua yang saya bisa untuk melindungi keluarga saya," imbuhnya.

Meghan kemudian ditampilkan berkata, "Ketika taruhannya setinggi ini, bukankah lebih masuk akal untuk mendengar cerita kami dari kami?"

4 dari 4 halaman

Serial Dokumenter Mendalam

Melansir CNN, Netflix menyebutnya sebagai "serial dokumenter mendalam yang belum pernah ada sebelumnya." "Dalam enam episode, serial ini mengeksplorasi hari-hari rahasia dari masa pacaran awal dan tantangan yang membuat mereka merasa terpaksa mundur dari peran penuh waktu mereka di institusi (Kerajaan Inggris)," begitu bunyi keterangan resmi dokumenter.

Pihaknya menyambung, "Dengan komentar dari teman dan keluarga, yang sebagian besar belum pernah berbicara di depan umum tentang apa yang mereka saksikan, dan sejarawan yang membahas keadaan Persemakmuran Inggris saat ini dan hubungan keluarga kerajaan dengan pers, serial ini lebih dari sekadar menerangi cerita cinta satu pasangan."

"Itu melukiskan gambaran dunia kita dan bagaimana kita memperlakukan satu sama lain. Belum ada tanggal rilis yang diumumkan, tapi proyek tersebut akan 'segera hadir,'" katanya waktu itu.

Penayangan proyek dokumenter ini sempat tertunda. Pasalnya, menurut laporan PageSix, pasangan Sussex ingin menyunting isi program yang ditunggu-tunggu, membuat tayangan tersebut awalnya mungkin muncul pada 2023. 

Seorang sumber mengatakan, Meghan dan Harry ingin mengurangi banyak bagian yang menceritakan tentang Raja Charles, Permaisuri Camilla, Pangeran William, dan Kate Middleton. "Banyak percakapan terjadi. Saya mendengar bahwa Harry dan Meghan ingin serial itu ditunda sampai tahun depan. Mereka ingin mengulur waktu," katanya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS